Sedang ingin membeli mobil? Anda perlu mengetahui sekian jenis-jenis mobil di Indonesia. Salah satu contoh mobil adalah SUV, MPV, dan sedan.

Selain mengetahui jenis mobil matic atau transmisi manual, anda juga perlu tau seputar konsumsi bahan bakar pada mobil hingga desain yang ditawarkan.

Lewat penjelasan seputar beberapa jenis mobil ini, anda bisa mengetahui kendaraan tepat mana yang wajib dimiliki.

1. Mobil Sedan

Mobil sedan adalah kendaraan yang sudah ada sejak tahun 1600 an. Istilah sedan berasal dari bahasa Italia yang berarti kursi. Awalnya, kata sedan digunakan untuk menyebut mobil yang tertutup dengan palang di atasnya.

Sekitar 30 tahun kemudian, kata sedan masuk ke bahasa Inggris yang kemudian digunakan untuk jenis transportasi mekanikal.

Ada beberapa jenis mobil sedan di Indonesia sering disebut dengan mobil mewah. Banyak kalangan menengah atas seperti pejabat atau orang penting lainnya yang menggunakan sedan sebagai salah satu transportasinya.

Maka dari itu, pajak yang dibebankan juga cukup tinggi. Sehingga pasar kendaraan sedan tidak cukup luas.

Namun, beberapa pabrik otomotif di Indonesia banyak yang membuat dan menghadirkan mobil sedan.

Seperti Toyota Vios yang merupakan mobil sedan cukup populer dengan desain yang compact dan mesin andalan berkapasitas 1,5 liter.

Selain itu, ada Honda Civic Type R yang merupakan mobil sedan dengan sejarah panjang di Indonesia. Dengan fitur berteknologi canggih dan desain yang terus diperbarui membuat sedan yang satu ini terus diminati berbagai kalangan termasuk anak muda.

Toyota Camry menjadi pilihan mobil sedan yang sporty, stylish, dan canggih dengan transmisi hybrid yang ditawarkan.

Ada juga mobil Mercedes Benz yang dulunya banyak dijadikan mobil dinas para pejabat.

2. Mobil Station Wagon

Station wagon adalah mobil sedan yang punya atap panjang hingga ke bagian belakang mobil. Umumnya, jenis mobil punya kap mesin yang panjang dengan bagasi super lega.

Ruang bagasi yang cukup lapang membuat mobil ini banyak digunakan saat touring atau berkendara melewati banyak negara. Mobil ini memiliki mesin yang bandel dan cocok untuk mobil keluarga atau anak muda.

Masih dengan kelebihan dari mobil station wagon, ada pintu bagasi yang bisa dibuka secara terpisah. Keunggulan ini tentu saja berbeda dengan jenis mobil yang beredar di Indonesia lainnya.

Mobil jenis station wagon biasa diproduksi dalam edisi spesial. Oleh karena itu, pencinta mobil station wagon perlu usaha lebih untuk bisa mendapatkan pilihan mobil kesayangannya.

Rekomendasi mobil station wagon terbaik, salah satunya ada mobil Suzuki Karimun Wagon R, Honda Accord Tourer, dan BMW Series 3 Wagon.

Kalau anda ingin memilih mobil wagon dengan harga yang cukup terjangkau untuk city car, anda bisa pilih mobil bekas Peugeot 407 SW dengan harga bekas sekitar 60 jutaan.

3. Mobil SUV

Ada banyak jenis mobil yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan. Anda bisa memiliki mobil dengan kapasitas mesin, konsumsi bahan bakar, hingga ruang kabin yang ditawarkan.

Salah satu contoh mobil adalah SUV atau sport utility vehicle. Seperti namanya jenis mobil ini menawarkan desain hingga kapasitas sistem penggerak mirip dengan mobil sport.

Jenis mobil SUV terkenal tangguh dan kuat di segala medan termasuk off road. Mobil ini sangat cocok untuk mobil keluarga tetapi juga digunakan anak muda yang sering bepergian di jalanan yang terjal.

Salah satu kelebihan jenis mobil SUV adalah ketinggian mobil atau ground clearance yang bisa lebih dari 1,5 meter. Selain itu penggunaan jenis dan pelek didesain untuk melewati jalanan sulit.

Menyematkan mobil sport pada kesannya, tetapi mobil SUV tetap punya ruang kabin yang lega dengan isian mobil lebih banyak hingga tujuh penumpang.

Ada pun jenis mobil SUV juga ada banyak, misalnya SUV mini, compact, dan full sized. Kalau anda tertarik untuk memiliki mobil SUV.

Contoh mobil SUV ada Wuling Almaz, Toyota Fortuner, Honda HR-V, dan Hyundai Kona Electric. Harga mobil SUV ini dibanderol mulai dari Rp 250 jutaan.

Pilihan harga termurah mobil SUV bisa dibeli dengan harga mobil bekas di bawah RP 100 jutaan. Untuk mobil seperti Honda CR-V dan Toyota Rush dengan tahun terlama.

4. Mobil MPV

Sedang mencari rekomendasi mobil keluarga? mobil MPV bisa kamu lirik. Jenis mobil ini seringkali keliru disebutkan dengan mobil SUV.

MPV atau Multi Purpose Vehicle dibuat untuk memuat banyak penumpang seperti tujuh hingga delapan penumpang. Penawaran kabinnya yang luas ditambah lagi dengan bagasi medium mpv luxury yang lapang.

Ada sistem kursi penumpang yang bisa dilipat lurus untuk memuat barang lebih banyak. Compact MPV atau Luxury MPV biasa disematkan dengan mesin antara 1500 cc.

Sistem penggerak jenis mobil MPV pakai dua roda. Satu roda penggerak depan dan satu roda penggerak belakang.

Bicara soal ground clearance, low mpv dan compact atau jenis mobil MPV lainnya kebanyakan punya tingkat yang rendah dibandingkan mobil SUV. Oleh karena itu, rekomendasi mobil keluarga mewah atau menengah ini lebih baik digunakan pada jalanan yang rata.

Contoh mobil MPV, dari yang Luxury MPV Low ada Daihatsu Sigra, Wuling Confero, Honda Mobilio, Toyota Kijang Innova, dan Nissan Livina.

5. Mobil Hatchback

Buat anda yang bertanya-tanya, apa itu mobil hatchback. Jawabnya adalah jenis mobil yang dikenal memiliki bagian belakang yang ruang dan terbuka.

Walau salah jenis mobil yang punya bagasi luas, tetapi bentuknya tidak panjang ke belakang. Mobil jenis hatchback didesain tidak memiliki ekor sehingga bagian belakang terbuka ke atas.

Jenis kendaraan yang bisa dikenal sebagai mobil city car atau mobil yang punya fungsi praktis untuk menerjang kemacetan atau kesibukkan jalanan kota ini cocok untuk anak mudah.

Salah satu jenis mobil hatchback yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia adalah mobil Honda Jazz, Toyota Agya, Mazda2, dan Toyota Yaris.

Kebanyakan mobil tetap stabil dengan mesin penggerak Front Wheel Drive atau kendaraan dengan penggerak roda dua di depannya. Penggunaaan mesin dikarenakan bobot yang cenderung terpusat.

Dari segi biaya perawatan, mobil hatchback cukup mudah dan terjangkau. Termasuk, jika anda ingin melakukan ganti kaca mobil pada mobil hatchback. Salah satu contoh mobil hatchback adalah Honda Brio yang punya biaya penggantian mulai dari Rp 2.000.000 saja.

6. Mobil Convertible

Mungkin anda cukup asing dengan jenis mobil mewah yang satu ini yaitu mobil convertible. Contoh mobil ini punya jenis mobil dengan atap yang bisa dilipat.

Ada dua jenis mobil convertible ini, convertible top dan hard convertible. Dilihat dari desain mobil ini memiliki atap bisa dilipat sepertinya tidak cocok untuk beredar di Indonesia dengan musim yang cenderung kemarau panjang.

Selain itu, sparepart dari mobil convertible biasanya juga lebih mahal dibandingkan mobil lainnya. Hal ini bisa menjadi pertimbangan yang serius untuk anda yang akan membeli deretan mobil mewah convertible.

Selain itu, karena desainnya yang rata-rata kecil dan ground clearance yang lebih rendah membuat jarak pandang pengemudi yang terbatas.

7. Mobil Crossover

Mobil crossover menjadi salah satu contoh mobil trendi di beberapa tahun belakangan. Jenis mobil ini menggabungkan desain hatchback dan SUV yang kompak sehingga cocok digunakan untuk berkendara di segala medan jalan.

Salah satu keunggulan dari membeli mobil crossover adalah ground clearance yang tinggi dengan diameter pelek ban yang mumpuni di off road.

Mobil yang memiliki perpaduan dua mobil ini punya desain yang tidak terlalu besar seperti SUV full size sehingga cukup lincah dibawa untuk melintasi jalanan kota.

Biasanya mobil crossover punya kapasitas jok untuk lima penumpang dengan ruang kaki dan kepala yang cukup lega. Contoh mobil crossover adalah Toyota C-HR.

Anda bisa memilih mobil ini dengan dua pilihan mesin. Ada mesin 1800 cc dan hybrid. Dari segi fitur yang ditawarkan juga cukup canggih dengan desain dan kapasitas mesin mirip mobil sport.

8. Mobil Pick up

Mobil pick up menjadi salah satu jenis mobil Indonesia yang wajib anda ketahui. Pasalnya, mobil jenis ini biasa digunakan untuk membawa material atau barang dagangan. Pick up mobil biasa untuk mobil niaga ringan oleh pengusaha menengah.

Ada dua jenis mobil pikap seperti pick up dengan bak terbuka atau pick up dengan double cabin.

Mobil yang memiliki bak terbuka yang banyak digunakan adalah mobil Suzuki Carry Pick Up dengan kapasitas mesin mumpuni dan irit bahan bakar. Selain itu, ada mobil Daihatsu Grand Max bak terbuka yang bisa anda pilih untuk melengkapi kebutuhan anda.

Kalau anda ingin kendaraan pick up double cabin, bisa memiliki Toyota Hilux Double Cabin, Isuzu D-Max, dan Ford Ranger.

Kalau anda ingin kendaraan yang cocok untuk angkut barang dan handal di berbagai medan jalan. Anda bisa pilih mobil Toyota Hilux Double Cabin dengan spesifikasi dimensi yang besar dengan front grill yang membuat tampilannya terlihat garang.

Jenis mobil double cabin ini juga punya keseimbangan sehingga lincah saat bermanuver. Ciri khas lainnya adalah suspensinya yang empuk dan tampilan eksteriornya yang bisa memberikan kenyamanan penumpang.

9. Mobil Hybrid

Mobil hybrid adalah jenis mobil yang memiliki dua bahan bakar, diesel dan listrik. Hal ini membuat jenis mobil memiliki konsumsi bahan bakar yang cukup efisien. Terdapat fitur atau teknologi pada mobil yang bisa digunakan untuk mengisi daya baterai.

Mobil hybrid punya fungsi yang cukup efisien sehingga ramah lingkungan. Adapun contoh mobil hybrid adalah Toyota Corolla dan Nissan Kicks yang mungkin masih belum banyak digunakan di Indonesia.

10. Mobil Coupe

Mobil coupe cocok untuk anda yang sedang berada dalam suasana yang romantis. Nama dari jenis mobil ini berasal dari kata Couple yang berarti pasangan.

Oleh karena itu, ciri khas mobil ini hanya punya pintu dan jok yang terbatas. Desain dari mobil coupe ini dirancang dekat dengan tanah dengan rangka bodi mirip dengan mobil sporty. Tempat duduknya hanya dua, satu untuk penumpang dan satu untuk pengemudi.

Jenis mobil ini cukup terkenal di masyarakat kalangan atas dengan pengalaman drifting paddle shifter dan electronic stability control yang mumpuni.

Namun pengguna mobil ini cukup jarang di Indonesia mengingat kebanyakan orang lebih memiliki mobil MPV atau SUV yang memuat banyak penumpang.

Beberapa kendaraan di Indonesia ada yang menyematkan VSC yang merupakan fitur canggih ini berfungsi untuk mengontrol laju mobil saat berkendara. Teknologi pada Vehicle Stability Control bisa menekan mobil saat akan melakukan manuver tajam pada kecepatan tinggi. 

Tentu saja, fitur mobil ini cukup digandrungi dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengendara mobil. Pada fitur Vehicle Stability Control ini juga memungkinkan roda mobil tidak selip di jalanan licin atau terjal sekalipun.

Penawaran layanan ganti kaca mobil secara mobile

Setelah mengetahui jenis-jenis mobil di Indonesia, saatnya anda mengetahui seputar layanan ganti kaca mobil yang bisa dipesan dengan mudah dan instan.

Anda bisa melakukannya dimana dan kapan saja, kami pasti kirimkan teknisi ke rumah atau lokasi yang anda inginkan untuk penggantian berbagai jenis kaca mobil.

Kami juga punya stok kaca mobil apapun, mulai mobil sport, MPV, mobil listrik, jeep atau sedan.

Ada katalog kaca mobil terlengkap dari berbagai merek seperti Mercedes Benz, Suzuki Jimny, Toyota Corolla, hingga Suzuki Baleno untuk memenuhi kebutuhan anda.

Penggantian kaca mobil yang kami tawarkan menggunakan jenis kaca mobil OEM dengan kualitas sama dengan kaca original.

Jadi, miliki kaca mobil yang memiliki kualitas terbaik dengan garansi pemasangan hingga satu tahun. 

5/5 - (3 votes)

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.