Perbedaan Laminated Glass vs Tempered Glass untuk Kaca Mobil

Pada saat akan melakukan ganti kaca mobil, penting untuk anda mengetahui perbedaan antara laminated glass dan tempered glass.

Variasi tersebut terkait pada pemilihan kaca untuk bagian depan, samping dan belakang pada mobil.

Pintu kaca mobil menggunakan jenis kaca yang beda dengan kaca depan mobil. Dari segi material, proses membuat, hingga pecahan yang dihasilkan.

Simak perbedaan kaca laminasi dan kaca tempered berikut ini.

Sejarah kaca laminated

Pada artikel seputar laminated glass dan tempered glass ini sebetulnya memiliki fungsi yang saling melengkapi. Hanya saja, memang penggunaan produk yang berbeda-beda.

Kaca laminated dibuat oleh ahli kimia yang berasal dari Perancis. Nama kimiawan ini adalah Edouard Benedictus. Ia membuat jenis glass kaca ini karena terinspirasi kecelakaan laboratorium.

Dalam sebuah artikel menyebutkan kalau Edouard melihat sebuah botol kaca yang dilapisi plastik selulosa nitrat ketika jatuh tidak hancur menjadi berkeping-keping.

Sejak saat itu, kaca laminated banyak diproduksi untuk meningkatkan rasa aman saat menggunakan masker gas selama Perang Dunia I.

Karena kaca laminated ini memiliki tekstur yang kuat dan tahan pada ledakkan.

Pada tahun 1939 clear glass ini diproduksi dan digunakan sebagai pengaman bagian depan mobil yang diproduksi oleh perusahaan otomotif terbesar yaitu Ford.

laminated glass adalah
Ilustrasi material laminated glass.

Material jenis kaca laminated

Kaca laminated merupakan kaca yang menggunakan material dari tiga lapisan kaca. Yaitu dua kaca biasa atau istilah lainnya anil yang mengapit lapisan kaca film PVB atau polyvinyl butyral yang transparan.

Laminated glass adalah kaca yang seperti sandwich yang mengapit kaca film PVB dengan kaca biasa. Karena pilihan material inilah yang membuat safety dan mendapat julukan sebagai kaca triplek.

Biasanya, lembaran kaca yang mengapit kaca film PVB memiliki ketebalan hingga 0,38 mm dengan ketebalan kaca biasa mencapai 2,5 mm. Jadi, kalau ditotal hingga 5mm.

Sebagian teknisi di bengkel kaca mobil menyebutnya dengan istilah kaca depan mobil 5,38 mm.

Ditambahkan dari artikel lainnya, ada yang menyebut kalau kaca laminated terbuat dari kaca float dan lapisan kaca polivinil atau PVB yang transparan.

Lapisan kaca tersebut kemudian disatukan dengan cara proses pemanasan dan proses pengepresan untuk membentuk jenis kaca yang kuat.

Keunggulan menggunakan laminated glass

Dilihat dari material glass laminated, tidak heran jika jenis kaca ini banyak digunakan untuk kaca depan mobil atau windshield.

Itu karena kelebihannya yang bisa meredam benturan dari benda tajam dan menjaga laminasi tidak pecah mengenai pengemudi atau pengendara.

Sifat dari kaca laminasi tidak mengganggu stabilitas pengendara, sehingga pandangan bisa clear di area kaca depan.

Namun, jika kaca laminated ada pecah atau retak sedikit saja. Anda perlu melakukan ganti kaca mobil secepatnya. Jika kaca tidak kunjung diperbaiki maka retakkan akan merembet panjang hingga pecah.

Kaca laminasi memiliki lapisan partisi yang membuatnya tidak mudah pecah.

Jika, kaca dilempar dengan batu dari jarak beberapa meter pun akan memberikan keamanan maksimal dengan kekuatan yang tidak mudah tembus.

Ada pun fitur pada kaca laminated ini:

  1. Teksturnya yang kaku
  2. Keamanan yang baik (termasuk jika terjadi pecah kaca oleh perampok, laminated glass akan sulit ditembus)
  3. Kaca samping mobil yang dilapisi laminasi cenderung tidak mudah pecah saat terkena benturan
  4. Distorsi optik rendah (clear glass yang bisa memungkinkan para penumpang dan pengendara jernih saat melihat pemandangan luar)
  5. Tidak menyebabkan bising
  6. Interlayer yang tersedia dalam beberapa warna dengan perlindungan dari UV.
  7. Kuat pada suhu sekitar 90 derajat celcius.

Karena keunggulannya ini membuat kaca laminated menjadi kaca wajib untuk bagian depan mobil. Walau harga laminated glass terbilang lebih mahal ketimbang kaca tempered atau kaca pintu mobil.

laminated glass vs tempered glass
Ilustrasi laminated glass vs tempered glass.

Penggunaan laminated glass

Dan penggunaan laminated glass kaca ini semakin berkembang dan diproduksi untuk berbagai kegunaan.

Kaca jenis laminated glass biasanya hanya digunakan untuk kaca pada balkon, interior ruangan, lapisan dinding rumah, railing glass kaca pada mall, atau atap teras rumah.

Di Indonesia, sudah ada banyak pengembang jasa pembuat glass kaca termasuk clear glass dan tempered glass untuk berbagai fungsi termasuk kaca mobil.

Penggunaan kaca laminated lainya adalah sebagai kaca depan pesawat BAC/SAF Concorde yang punya tujuh lapisan dengan empat lapis kaca biasa dan tiga lapis PVB hingga ketebalannya mencapai 38 mm.

Selain itu, ada pesawat boeing 787 yang saat ini menggunakan lima lapisan kaca laminated.

Di salah satu film James Bond ada scene dimana baku tembak terjadi. Kaca depan mobil yang menggunakan laminated glass cukup kuat untuk menahan peluru.

Itu karena memilih kaca mobil dari lapisan lembaran kaca dengan lapisan polikarbonat yang diapit di tengahnya.

Selain itu, penggunaan kaca laminated juga bisa untuk atap ruangan, skylight, dinding kolam renang. Secara umum, laminated glass punya sifat yang kedap suara dan punya variasi warna.

Harga kaca laminated untuk produk selain kaca mobil biasanya mulai dari Rp 300.000 untuk berbagai pilihan. Adapun harga kaca dengan berbagai ukuran bisa kamu search melalui media sosial, aplikasi marketplace, atau hubungi usaha kaca.

Sejarah kaca tempered

Setelah mengetahui seputar laminated glass, saatnya membaca seputar tempered glass. Dari sini, anda bisa membandingkan perbedaan laminated glass dan tempered glass.

Kaca tempered sudah ada sekitar tahun 1660. Saat itu, Pangeran Rupert dari Rhine menunuk Raja Charles II untuk terkait jenis kaca ini.

Salah satu jenis kaca terbaik untuk mobil ini disebut dengan kaca tetesan air atau kaca jagung.

Itu karena saat pecah, bentuk dari pecahan mirip dengan tetesan air atau butiran jagung.

Kaca tempered cukup kuat bahkan pada pukulan dari palu, tetapi jika ada retakan secuil di pinggirnya bisa membuatnya cepat pecah dan hancur.

Pada tahun 1974, François Barthelemy Alfred Royer de la Bastie dari Perancis mengunci coba tempered glass dengan mencelupkan kaca cair ke dalam minyak hangat.

Kaca itu kemudian dipatenkan dengan nama kaca Bastie. Kemudian seorang Kimiawan bernama Austria Rudolph A. Seiden memegang paten untuk proses tempering yang lengkap.

Kaca tempered mulai dikembangkan untuk pintu mobil pada tahun 1929.

Kaca samping mobil
Kaca samping mobil

Material kaca tempered

Berbeda dengan laminated glass yang terbuat dari lapisan PVB yang diapit dengan lapisan kaca biasa.

Kaca tempered terbuat dari lembaran kaca yang dikuatkan dengan proses pendinginan dari suhu 600 ke 300 derajat celcius. Hal ini, membuat jenis kaca ini menjadi aman.

Kaca tempered mungkin tidak sekuat laminated glass, hanya saja pecahannya berbentuk kerikil yang tidak membahayakan.

Kaca ini tidak akan pecah walau dihantam benda seberat 1.500 kilogram per cm.

Penggunaan tempered glass anti radiasi

Selain digunakan untuk kaca samping mobil, jenis kaca ini juga bisa digunakan sebagai tempered glass hp.

Aksesoris ini biasa digunakan untuk melapisi layar HP agar tidak mudah tergores oleh benda tumpul atau tajam lainnya. 

Tempered glass hp cocok untuk handphone layar sentuh. Cara pasang tempered glass hp tidak sulit, kamu hanya perlu menyiapkan cairan pembersih dan kain bersih untuk menghilangkan kotoran yang menempel pada kaca telepon genggam.

Untuk penggunaan kaca tempered biasa digunakan pada bagian samping dan belakang mobil. Anda bisa mengonsultasikannya kembali kepada teknisi toko kaca tempered terdekat untuk pemasangannya.

Keunggulan kaca tempered

Tekstur dari kaca tempered lebih keras dan tahan pecah sehingga sangat aman digunakan sebagai kaca samping pintu mobil.

Harga tempered glass lebih murah ketimbang kaca laminated. Namun, jika ada sedikit pecahan di ujungnya anda harus mengganti kaca mobil dengan segera.

Ada pun cara memasang tempered glass sebaiknya diserahkan kepada teknisi ahli agar hasilnya lebih sempurna dan tidak menyebabkan kerusakan.

Kalau anda bingung mau mengganti kaca mobil dimana? Hubungi Carglass Indonesia, toko kaca tempered terdekat dari lokasimu.

Toko kaca mobil ini menawarkan pemesanan secara online yang instan dan mudah. Kami juga memberikan daftar harga kaca mobil yang bersahabat.

5/5 - (6 votes)
Perbedaan Laminated Glass vs Tempered Glass untuk Kaca Mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top