Panoramic sunroof mobil muncul di tengah banyaknya rekomendasi mobil yang ada sunroof dan moonroof. Banyak orang menyangka, ketiganya adalah sama. 

Namun ternyata tidak. Sunroof, moonroof dan panoramic tidaklah sama. Kali ini, akan dibahas seputar panoramic yang mulai banyak ditambahkan pada tipe mobil SUV. 

Kalau anda sedang mempertimbangkan beberapa hal untuk membeli mobil yang ada panoramic sunroofnya. Ketahui beberapa hal ini lebih dulu. 

Ada informasi seputar definisi, fungsi, kelebihan dan kekurangan yang bisa anda simak.

Apa itu Panoramic Sunroof?

Mobil keluaran terbaru di Indonesia sebagian sudah memiliki bagian atap yang disebut dengan sunroof moonroof dan panoramic sunroof.

Ketiga hal tersebut adalah kecanggihan teknologi yang memungkinkan kabin mobil memiliki kaca atap. Bicara tentang salah satunya yaitu panoramic sunroof.

Mobil dengan fitur atap mobil panoramic ini memiliki jendela yang punya ukuran kaca lebih besar sehingga membentang sepanjang kabin.

Seperti namanya, panoramic sunroof memungkinkan penumpang dapat melihat pemandangan dan merasakan cahaya sinar matahari sehingga membuatnya terasa hangat.

Panoramic sunroof sendiri merupakan gabungan dari panoramic dan sunroof yang mana memungkinkannya memiliki fungsi lebih.

Penumpang bisa dengan leluasa melihat pemandangan dari dalam mobil dan membukanya seperti mengangkat atau menggeser bagian sunroof.

mobil panoramic sunroof
Ilustrasi tampilan panoramic sunroof dari kabin mobil.

Panoramic sunroof sendiri merupakan fasilitas di mobil mewah yang membuat siapa saja lebih percaya diri saat mengendarainya.

Dengan kata lain, panoramic sunroof merupakan fitur atap mobil yang terbuat dari plat tembus pandang. Kehebatan dari kaca sunroof ini adalah bisa dibuka tutup sehingga aliran udara atau sirkulasi udara bisa dengan mudah keluar masuk kabin mobil.

Ukuran kaca dari panoramic sunroof lebih besar dan ganda dari moonroof. Biasanya menggunakan jenis kaca tempered.

Lalu, apa bedanya panoramic sunroof dan panoramic roof. Tentu saja, ada perbedaan diantara keduanya.

Panoramic roof merupakan jenis kaca atap mobil yang tidak bisa bergerak atau sifatnya tetap.

Ukuran dari panoramic roof juga besar dan lebar. Sehingga dalam hal perawatan juga cukup lebih mahal.

Kalau anda salah merawat kendaraan dengan panoramic roof maka bisa membuat fitur ini menjadi gampang berjamur. Pemilik kendaraan panoramic roof juga perlu secara rutin membersihkan kaca atas kabin dengan cairan pembersih khusus agar kotoran tidak menumpuk.

Selain itu, pemilik kendaraan tipe SUV atau MPV dengan panoramic roof juga harus memberikan penutup khusus agar penumpang tidak terlalu terpapar sinar matahari secara langsung.

Anda perlu baca lebih banyak lagi seputar rekomendasi mobil panoramic roof sebelum membelinya, agar semakin yakin pilihan terbaik mana yang harus anda ambil.

Jenis atap mobil lainnya

Ada perbedaan antara panoramic sunroof, sunroof, dan moonroof. Ketiga penjelasan ini bisa anda temukan di artikel terkait hal tersebut berikut ini.

sunroof mobil
Ilustrasi sunroof mobil.

Sunroof

Sunroof merupakan mobil dengan atap kaca yang bisa membuat penumpang melihat pemandangan di luar kendaraan tanpa harus turun.

Di bidang otomotif Indonesia, mobil yang ada sunroof memiliki anti ultraviolet yang membuat pengendara aman dari bahaya sinar matahari.

Sunroof juga dilengkapi dengan penutup khusus yang bisa ditekan secara otomatis jika udara di dalam kabin terasa panas.

Model mobil sunroof ini juga memiliki kelebihan yaitu ada tombol kontrol otomatis untuk buka dan tutup. Mobil yang ada sunroof cocok untuk anda yang tinggal di daerah pegunungan yang sejuk.

Dari segi perawatan, mobil sunroof punya biaya yang sedikit mahal dan rumit. Pasalnya, anda harus menjaga rel dari kontrol buka tutup atap dalam kondisi yang baik.

Jangan sampai, ada kotoran yang menumpuk sehingga sistem rel jadi berkarat dan membuatnya macet. Anda bisa merawatnya dengan menulisnya dengan pelumas khusus.

Anda juga perlu merawat mobil dengan sunroof seperti sering membuka tutup atap agar komponen rel tidak lengket sehingga bisa kerja dengan baik.

Rekomendasi mobil honda yang ada sunroof adalah Honda Accord, Honda Civic, dan Honda CR-V. Selain Honda, ada daftar mobil yang ada sunroof murah lainnya seperti dari merek Nissan dan Hyundai.

mobil moonroof
Ilustrasi mobil moonroof yang bisa dibuka tutup.

Moonroof

Moonroof tidak jauh berbeda dengan sunroof. Bedanya hanya pada sistem penggeraknya saja. Kalau sunroof punya fungsi penggerak untuk mengangkat kaca.

Hal tersebut, berbeda dengan moonroof yang mana punya penggerak masuk kaca ke dalam atap. Jadi, aliran udara di dalam mobil tidak terganggu.

Perbedaan antara sunroof dan moonroof berikutnya adalah sunroof terbuat dari fitur panel logam untuk sinar matahari masuk. Sementara moonroof terbuat dari kaca mobil transparan.

Hal ini membuat siapa saya yang mengendarai moonroof mobil memiliki jangkauan pandangan yang luas untuk menikmati pemandangan langit yang indah.

Moonroof juga dilengkapi dengan fitur warna sehingga membuat interior mobil menjadi lebih bagus dan kondisi udara di dalamnya bisa tetap dingin di siang hari.

Karena memiliki fungsi yang unggul dari sunroof. Banyak produsen mobil yang membuat mobil dengan moonroof.

Mengapa orang menganggap kalau sunroof dan moonroof itu sama?

Saat pertama kali disematkan, mobil yang ada sunroof banyak digemari karena terdapat kaca tembus pandang di atapnya. Sehingga orang merasa lebih mewah dan percaya diri.

Namun, di beberapa tahun terakhir sunroof mobil mulai ditinggalkan. Beralih ke mobil yang lebih modern yaitu dengan moonroof atau panel kaca yang bisa dibuka agar cahaya dan udara masuk dengan mudah.

Selain itu, moonroof juga punya tampilan lebih modern ketimbang sunroof. Mungkin beberapa orang bisa keliru menyebutkan mobil dengan sunroof padahal itu sudah beralih dengan menyematkan fitur ini.

panoramic sunroof
Ilustrasi tampilan panoramic sunroof dari luar mobil.

Fungsi panoramic sunroof

Lantas apa fungsi panoramic sunroof pada mobil dengan fitur ini? Perlunya perawatan tentu bisa membuatnya akan bekerja lebih stabil.

Fitur ini memiliki fungsi untuk menurunkan suhu panas di dalam mobil. Dengan sinar matahari yang masuk ke dalam kabin, hal ini tentu saja bisa membuat suhu di dalamnya meningkat.

Selain itu, bisa mengeluarkan gas berbahaya di dalam mobil. Seperti yang anda ketahui, mobil yang tertutup rapat bisa memiliki gas di dalamnya. Oleh karena itu, kelebihan lain dari fitur ini agar mobil bisa dibuka tutup untuk mengeluarkan gas di dalamnya.

Selain itu, fungsi panoramic sunroof lainnya adalah dari segi tampilan. Pengendara dengan mobil ini akan lebih percaya diri karena mobil yang di bawahnya terlihat lebih mewah dan elegan.

Harga mobil panoramic sunroof juga tergolong mahal di Indonesia. Untuk merek mobil, ada Nissan Serena, Hyundai Tucson, dan Mitsubishi Outlander.

Mobil Nissan Serena punya tersedia dengan harga mulai dari Rp 500 juta dan Hyundai Tucson harga mulai dari Rp 399 juta. Mobil dengan fitur ini cocok untuk anda yang berada di perkotaan untuk mendapatkan kesan mewah, terutama di kota Jakarta.

Perawatan mobil panoramic sunroof

Mobil panoramic sunroof termasuk dalam kategori mobil mewah itu karena perawatannya yang ekstra dan harus dilakukan secara sering.

Merawat mobil dengan fitur panoramic sunroof atau panoramic roof harus secara berkala agar bagian atas atau atap kaca mobil tidak berjamur.

Walau kaca yang digunakan cukup tepat dan memungkinkannya awet, tapi anda tetap harus merawatnya. Terlebih saat membawa mobil menerjang cuaca buruk.

Air hujan yang menetes pada sunroof bisa membuatnya rusak jika dibiarkan dalam waktu lama. Oleh karena segera cuci mobil untuk membersihkan bekas air hujan pada panoramic sunroof atau panoramic roof.

Kekurangan dari panoramic sunroof

Setelah melihat dari sisi kelebihan fitur tersebut, kini saatnya anda simak seputar kekurangan agar bisa mempertimbangkan lagi saat membelinya.

Atap mobil panoramic roof bisa sangat bising saat di jalan raya. Kabin mobil juga bisa terasa panas, jika terus menerus berada di bawah sinar matahari.

Atap kaca bisa menjadi sumber kebocoran angin yang membuat mobil bisa mengonsumsi bahan bakar lebih banyak. Selain itu, harga fitur panoramic sunroof juga lebih mahal kalau terjadi kerusakan dan perlu adanya penggantian.

Jadi, kesimpulannya adalah panoramic sunroof mungkin bagus untuk tambahan mobil yang akan anda beli. Pada artikel ini, kami berharap bisa memberikan pertimbangan kepada anda perihal mobil dengan fitur apa yang cocok untuk dibeli. 

5/5 - (8 votes)

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.