Beberapa pemilik kendaraan pasti pernah dibuat resah dengan kehadiran jamur kaca mobil. Keberadaan jamur pada kaca mobil sering kali menjengkelkan dan membuat tampilan kaca menjadi tidak baik. 

Ada beberapa penyebab munculnya jamur di kaca mobil. Di antaranya adalah pemasangan oleh teknisi yang tidak benar, penggunaan lem berkualitas rendah yang digunakan pada saat instalasi kaca kendaraan, hingga aliran air hujan yang mengenai sudut kaca mobil sehingga munculkan jamur.

Pengguna kendaraan roda empat tidak perlu risau, pasalnya ada penjelasan mengenai penyebab jamur kaca mobil dan cara membersihkan jamur kaca dengan menggunakan pembersih jamur kaca mobil yang tepat dan disarankan oleh para teknisi.

Penyebab jamur kaca mobil

Menghilangkan jamur pada kaca tidak boleh asal, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu faktor yang membuat permukaan kaca kendaraanmu menjadi berjamur.

Sebelum membersihkannya dengan pembersih khusus, simak hal-hal yang menyebabkan jamur kaca mobil tumbuh subur di sudut kendaraanmu dalam artikel berikut ini.

  1. Pemasangan oleh teknisi yang asal

Pada saat akan melakukan ganti kaca mobil, beberapa orang mungkin akan tergiur untuk memilih layanan penggantian dengan harga murah.

Padahal hal tersebut tidak seharusnya dipilih, karena bisa jadi produk atau skill yang dimiliki oleh teknisi pada bengkel kaca mobil tersebut tidak bagus.

Pemasangan oleh teknisi yang asal dengan bahan kaca mobil yang berkualitas rendah justru bisa membuat hasilnya menjadi tidak baik. Beberapa pelanggang yang datang pada kami, justru mengeluhkan adanya jamur kaca mobil yang tumbuh di sudut kaca mobil.

Tumbuhnya jamur ini justru tumbuh sekitar tiga sampai enam bulan setelah melakukan ganti kaca mobil. Tentu saja, hal ini sangat disayangkan.

Mungkin anda akan mengeluarkan uang sedikit saat itu, tapi pada saat jamur pada kaca mobil mulai tumbuh, uang yang keluar dari kantong anda bisa jadi sangatlah banyak.

Oleh karena itu, pentingnya melalukan riset informasi seputar pemasangan kaca mobil agar tidak salah pilih saat ganti kaca kendaraan.

  1. Pelipit kaca mobil berkualitas rendah

Pada saat melakukan instalasi pemasangan kaca mobil, bisa jadi teknisi memberikan pelipit kaca khusus dengan kualitas yang tidak baik. Pelipit memiliki fungsi sebagai pencegah debu dan kotoran masuk ke dalam celah kaca.

Bukan hanya itu saja, pelipit kaca mobil ampuh dalam menahan air hujan masuk ke dalam celah. Pemasangan kaca yang aman, bersih, dan sesuai bisa memaksimalkan fungsi pelipit pada kaca depan mobil.

Oleh karena itu, tidak boleh asal dalam memilih pelipit kaca. Pastikan dengan ukuran tipe mobil yang sesuai dan instalasi oleh teknisi benar dan rapat agar air hujan yang mengalir tidak menimbulkan jamur pada kaca mobil.

Beberapa kasus yang pernah kamu temui adalah pemasangan pelipit kaca mobil yang tidak pas sehingga air bersih atau hujan yang mengalir memenuhi celah kaca mobil.

Tentu saja, hal tersebut membuat jamur kaca mobil hingga menjadi kerak yang susah hilang walau dengan diusap dengan kain yang sudah ditetesi cairan pembersih khusus.

Selain itu, pelipit kaca mobil yang menempel pada body kendaraan berkualitas rendah bisa menimbulkan suara bising di dalam mobil. Hal tersebut karena udara bisa dengan mudah masuk ke dalam interior kendaraan dan membuat suara yang mengganggu telinga pada saat perjalanan.

Perlu adanya bantuan teknisi untuk membersihkan jamur kaca mobil dengan noda membandel agar hilang sempurna.

  1. Penggunaan lem kaca mobil yang tidak tepat

Pengaplikasian lem kaca mobil yang tidak tepat dan asal cepat selesai juga bisa membuat sebagian pelipit kaca menjadi tidak rapat dan saling menyatu. Alih-alih mendapatkan kaca mobil tahan lama, kaca kendaraan yang baru saja anda ganti malah bisa terlepas karena lem yang tidak kering dan merekat kuat.

Lem kaca mobil yang tidak menempel erat juga bisa membuat aliran air hujan dengan mudahnya memenuhi celah kaca. Jika dibiarkan terlalu lama, bukan hanya membuat bercak tapi juga kerak jamur yang sulit sekali dibersihkan.

Kalau sudah begini, anda perlu membawa mobil ke bengkel kaca mobil terdekat untuk mendapatkan penanganan terbaik seputar pembersih jamur kaca mobil agar jamur bisa dibersihkan dan hilang seketika.

Apa yang terjadi jika jamur kaca mobil dibiarkan begitu saja?

Beberapa pemilik kendaraan dengan jamur pada kaca mobil mungkin merasa enggan untuk pergi ke bengkel untuk menghilangkan jamur kaca tersebut. Padahal kalau tidak segera bersihkan dengan perawatan khusus bisa membuat kondisinya semakin parah.

Tentu saja, akan ada banyak permasalahan yang muncul kalau anda enggan membersihkannya. Berikut penjelasan seputar masalah yang bisa saja muncul kalau anda tidak langsung bersihkan kaca mobil.

Ilustrasi kebocoran air di dalam mobil karena permukaan kaca terbuka.
  1. Kebocoran di dalam mobil

Enggan menghilangkan jamur kaca bisa membuat mobil milikmu mudah mengalami kebocoran. Permukaan kaca yang sedikit terbuka bisa membuat air hujan mengalir dan menetes ke dalam interior mobil.

Penyebabnya bukan hanya karena lama tidak menghilangkan jamur kaca tapi juga pemasangan car glass oleh teknisi yang asal cepat dan salah.

  1. Pemasangan pelipit kaca mobil yang tidak sesuai

Pemasangan pelipit kaca mobil yang salah juga bisa membuat permukaan kaca meneteskan air dari luar body mobil. Kalau sudah begitu, penggunaan kain lembut saja tidak bisa menahan air yang menetes.

Anda perlu mengganti pelipit kaca mobil dengan produk lainnya yang berkualitas baik serta pemasangan oleh teknisi kaca mobil yang handal dan berpengalaman.

  1. Menghancurkan interior body mobil

Air dari kebocoran yang disebabkan oleh terbukanya permukaan kaca bisa membuat interior body mobil menjadi rusak. Itu karena air yang menetes pada karpet bawah mobil bisa membuat bercak yang kalau dibiarkan bisa menyebabkan kondisi bagian tersebut menjadi lembab.

Hal tersebut bisa membuat karat atau rumah dari bakteri lainnya yang bisa menghancurkan rangka mobil jika dibiarkan bertahun-tahun.

  1. Menghancurkan elektronik di dalam mobil

Setiap jenis mobil yang dibuat pasti memiliki elektronik di dalamnya. Seperti AC, radio, atau layar kaca penunjuk jalan. Jika, kebocoran cairan tidak langsung ditangani maka bisa membuat elektronik di dalamnya menjadi rusak.

Jangan asal pakai cairan untuk pembersih jamur kaca mobil

Di beberapa artikel yang memuat informasi seputar cara menghilangkan jamur kaca mungkin merekomendasikan beberapa cara agar bisa membersihkan kaca mobil tanpa perlu ke bengkel.

Padahal perlu pengetahuan dan peralatan khusus untuk bisa menggunakan pembersih kaca mobil agar jamur hilang dan tidak menyebabkan kebocoran atau masalah lainnya.

Sebagian informasi yang tertulis mengungkapkan kalau penggunaan pasta gigi bisa membersihkan jamur kaca. Untuk sebagain pemilik mobil mungkin akan langsung membersihkan kaca mobil dengan pasta gigi.

Padahal pasta gigi tidak benar-benar bisa membersihkan jamur secara langsung. Kalau pun bisa, pasta gigi hanya bisa menghilangkan jamur kaca yang tipis.

Untuk kondisi jamur membandel, pasta gigi tidak seberapa efektif untuk membersihkannya. Ada pun obat jamur untuk pembersih kaca juga tidak boleh sembarangan pilih. Kamu perlu baca dengan jelas kandungan pada cairan pembersih obat jamur agar asal usap ke kendaraan.

Pembersih khusus yang bisa digunakan sebagai penghilang jamur mungkin bisa dengan menggunakan glass cleaner atau glass scrub. Namun, perawatan dengan pembersih ini perlu diperhatikan lagi penggunaannya agar tidak merusak kaca mobil.

Sebaiknya, datangi bengkel untuk mendapatkan layanan atau informasi terkait pembersih jamur kaca mobil agar tidak salah beli. Konsultasikan secara jujur permasalahan kaca mobil agar jamur ampuh hilang dari kendaraanmu.

Anda juga bisa mengonsultasikan dan mempercayakan seputar penggantian kepada Carglass Indonesia. Beberapa pelanggang yang datang pada kami mengeluhkan adanya jamur yang muncul.

Setelah teknisi profesional yang kami miliki mengecek kendaraan tersebut, ternyata ditemukan beberapa penyebab yang membuat jamur mudah tumbuh di celah kaca.

Salah satunya, karena pemasangan kaca mobil atau lem yang tidak tepat dan asal. Serta perawatan kaca mobil yang tidak benar.

Dimana bisa mendapatkan layanan ganti kaca mobil dengan teknisi ahli?

Oleh karena itu, anda tidak perlu lagi ragu untuk mempercayakan penggantian kepada kami. Pasalnya, kamu merupakan perusahaan yang melayani instalasi pelepasan, pembersih kaca mobil, dan pemasangan kaca mobil oleh teknisi profesional.

Teknisi kami sudah terkenal memiliki pengalaman selama bertahun-tahun dalam bidang pemasangan kaca mobil. Produk yang kami punya juga didapatkan dari pabrik dan pemasok terpercaya dengan kualitas terbaik.

Kami memiliki suku cadang produk terbaru untuk jenis tempered glass atau laminated glass dengan harga kaca mobil terjangkau. Selain itu, kami juga menawarkan jasa pemasangan kaca dengan harga yang terjangkau.

Bahkan kamu tidak perlu lagi keluar rumah untuk melakukan penggantian, karena teknisi kamu yang akan datang. Bahan dan peralatan pemasangan akan dibawakan oleh teknisi kami ke lokasi dan waktu yang sudah anda atur.

Kami menawarkan pemasangan dimana saja, bahkan di kota besar Indonesia seperti Jakarta, Bandung, dan Denpasar. Teknisi kami akan melakukannya dengan bersih, rapi, dan cepat.

Anda bisa melakukan pemesanan secara online yang mudah dan efektif hanya dalam genggaman tangan. Biaya yang tertera dalam website sudah termasuk pemasangan, jasa penggantian, dan ongkos pulang pergi para teknisi.

Tentu saja ini menjadi keunggulan tersendiri bagi anda yang ingin melakukan penggantian kaca mobil yang aman dan terpercaya.

Tidak perlu khawatir dengan hasil para teknisi kami, karena ada garansi pemasangan selama 1 tahun untuk kendaraan anda yang mengalami permasalahan produk terutama jamur di kaca mobil.

5/5 - (13 votes)

Anton Prabowo

Anton merupakan seorang teknisi di bidang instalasi kaca mobil. Ia juga memiliki ketertarikan dalam dunia kepenulisan pada topik otomotif. Saat ini, dia sudah menulis hampir 30 artikel dan terus berkomitmen untuk menulis terkait pengalaman dan pengetahuannya terkait kaca mobil.

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *