+62 81246326133 info@car-glass.co.id

Apa yang di maksud Kalibrasi Kaca Depan? Kaca depan mobil bukan hanya sepotong kaca yang melindungi anda dari berbagai elemen luar. Dengan tambahan sensor dan kamera, teknologi mobil modern menempatkannya sebagai pusat pengalaman berkendara anda.

Inovasi dalam industri otomotif ini membuat anda lebih aman, tetapi membuat penggantian kaca depan menjadi lebih rumit. Salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan adalah kalibrasi kaca mobil depan.

kalibrasi kaca depan dengan grafik tentang sistem adas dan fitur kaca depan yang lengkap
Ilustrasi grafik sistem bantuan pengemudi tingkat lanjut.

Inilah yang perlu anda tahu tentang Kalibrasi Kaca Depan:

1. Sistem Bantuan Pengemudi Tingkat Lanjut (ADAS) meningkatkan keselamatan di jalan dengan memperingatkan anda tentang potensi bahaya. Beberapa dari sistem ini bekerja melalui sensor dan kamera yang dipasang secara profesional di kaca depan mobil. Mata ekstra di jalan ini menyampaikan informasi tentang lingkungan sekitar mobil ke ADAS. Sistem merespons dan mengaktifkan langkah-langkah keamanan otomatis bila diperlukan.

2. Teknologi ADAS mencakup peringatan tabrakan, pengenalan rambu lalu lintas, peringatan lajur, bantuan parkir dan pendeteksi pejalan kaki. Anda dapat melihat berita terbaru mengenai ADAS di Indonesia melalui artikel berita

3. Beberapa produsen mobil besar memiliki versi ADAS bermerek. Ini termasuk Subaru Eyesight, Kia DRIVEWISE, Honda Sensing, Toyota Safety Sense, dan Ford Co-Pilot 360.

4. “Kaca depan pintar” memiliki area tertentu yang diwarnai dan tidak diwarnai pada kaca, yang memungkinkan kamera untuk “melihat” jalan. Kaca depan pada dasarnya merupakan bagian dari lensa kamera.

5. Riset memperkirakan integrasi ADAS pada kendaraan penumpang berpotensi mencegah hingga 40% kecelakaan. Jika kecelakaan masih terjadi, biasanya tidak terlalu parah dan mengakibatkan 37% lebih sedikit cedera dan 29% lebih sedikit kematian.

6. ADAS memantau titik buta, pejalan kaki dan hewan yang menyeberang jalan, serta kedekatan dengan objek (seperti penghalang). Untuk pengawasan yang optimal, anda memerlukan kamera kaca depan yang dikalibrasi secara akurat.

7. Anda perlu mengkalibrasi ulang kamera kaca depan jika anda mengganti kaca depan, mengubah suspensi atau penyelarasan roda, jika dasbor menunjukkan kode kesalahan, atau jika kamera terputus.

8. Kalibrasi kaca depan menyesuaikan lensa kamera untuk menangkap gambar jalan dan kendaraan yang akurat dan Handal. Jika tidak sejajar bahkan beberapa milimeter, itu dapat membahayakan teknologi dan mengakibatkan pengemudian yang berbahaya.

9. Ada dua jenis kalibrasi ADAS: Secara mobile dan Langsung. Keduanya membutuhkan waktu sekitar satu hingga dua jam untuk menyelesaikannya.

10. Kalibrasi ADAS yang tidak akurat mungkin gagal memberikan peringatan dan dapat menyebabkan pengemudi bereaksi terhadap informasi palsu.

10 Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Kalibrasi Kaca Depan
Ilustrasi kalibrasi kaca depan mobil terhadap sistem ADAS.

Kalibrasi Kaca Depan Mempengaruhi Sistem Mobil

  • Kalibrasi Mobile melibatkan ADAS dinamis.
    • Teknisi menggunakan perangkat genggam untuk mengalibrasi kaca depan. Biasanya, teknisi mengendarai kendaraan dengan kecepatan tertentu, jarak tertentu, dan dalam kondisi cuaca yang ideal. Ini memungkinkan sistem untuk terbiasa dengan fitur jalan tertentu.
    • Pabrikan kendaraan yang berbeda akan menetapkan parameter khusus untuk kalibrasi ADAS dinamis pada mobil mereka.
  • Kalibrasi Langsung menggunakan ADAS statis.
    • Kalibrasi dilakukan di bengkel kaca mobil Jakarta. Teknisi menggunakan peralatan yang disediakan pabrikan untuk mengalibrasi kamera dan sensor.

Sebagai contoh, beberapa teknologi ADAS memicu pengereman darurat jika suatu objek tiba-tiba muncul. Jika kaca depan anda memiliki kamera yang dikalibrasi dengan buruk, sistem dapat menghentikan mobil secara tiba-tiba yang tidak diinginkan.

Untuk alasan keamanan, penting bagi seorang profesional terlatih untuk mengalibrasi kaca depan anda.

Car Glass Indonesia menghadirkan layanan ganti kaca depan mobil tanpa perlu membuat anda membawa kendaraan pergi ke bengkel toko kaca mobil terdekat. Kami akan mengirimkan teknisi profesional beserta peralatan dan produk kaca pilihan menuju ke lokasi dan waktu yang sudah disepakati.

5/5 - (19 votes)

Cari Penggantian Kaca Mobil?

Mohon bantu untuk lengkapi informasi dibawah ini dan kami akan membantu pengecheckan kaca yang sesuai dengan kendaraan anda juga memberikan penawaran harga yang tepat.

Terimakasih sudah melengkapi, tim Car Glass sudah menerima pesan dan akan membalas pesan anda.

Open chat
WhatsApp Kami