+62 81246326133 info@car-glass.co.id

Cara merawat karet pintu mobil tidak sulit. Komponen tersebut merupakan salah satu bagian pada kendaraan yang berfungsi sebagai pelindung. Bagian tersebut punya banyak fungsi salah satunya bisa meredam suara bising di luar kabin mobil.

Namun sayang, sebagian orang mungkin tidak terlalu memperhatikan atau merawat pelindung pintu mobil. Padahal, komponen ini juga bisa habis atau getas dan menyebabkan kenyamanan berkendara menjadi berkurang.

Lantas, bagaimana cara merawat karet peredam pintu mobil agar bisa berfungsi maksimal? Simak penjelasan berikut ini.

Ilustrasi komponen penting pada mobil, seperti karet balon pintu mobil.

Jenis karet pelindung pintu mobil

Sebelum mengetahui cara rawat karet balon pintu mobil, anda perlu mengetahui jenis karet yang ada pada pintu. Salah satu yang mungkin anda ketahui adalah list kaca pintu.

Sebagai peredam kabin mobil, simak beberapa penjelasan seputar jenis karet pintu berikut ini.

1. Karet pintu mobil

Jenis pintu mobil karet yang pertama adalah karet balon. Umumnya, jenis karet ini ada di pinggiran rangka mobil.

Hampir produk brand mobil menggunakan karet peredam pintu mobil untuk menghindari adanya goresan karena gesekkan pintu mobil dengan body kendaraan lainnya.

Ukurannya sendiri berbeda-beda tiap jenis mobil, misalnya saja mobil minivan biasa menggunakan karet list pintu mobil dengan ukuran besar dengan panjang minimal 2,5 meter.

Selain itu, jenis mobil sedan biasa menggunakan diameter karet peredam suara bising mobil lebih kecil dengan panjang minimal 2 meter.

2. Karet kaca mobil

Kalau kaca depan mobil anda mengalami keretakan atau pecahan sehingga harus melakukan ganti kaca mobil. Teknisi profesional yang kami miliki pasti akan melakukan tahap instalasi yang benar dan tepat.

Seperti pelepasan, pembersihan, dan pemasangan. Selama proses pemasangan, teknisi kami akan melakukan penggunaan karet kaca untuk mobil bagian depan.

Biasanya, saat proses mengganti karet tidak perlu biaya tambahan karena teknisi akan membawanya dengan ukuran sesuai dengan mobil yang anda miliki.

Fungsi dari karet kaca mobil ini bisa mencegah air atau debu masuk ke dalam kabin. Selain itu, untuk menjaga kotoran tidak masuk ke dalam sela-sela kaca sehingga tidak akan membuat kaca mobil berjamur.

Anda bisa memilih Carglass Indonesia dengan ulasan terpercaya dan harga bersaing. Pemesanan dan pembayaran dilakukan secara online dengan proses yang mudah dan cepat.

3. Pelipit kaca mobil

Selain karet kaca depan mobil, selanjutnya ada list karet pintu yang berfungsi untuk mencegah kaca yang bergerak naik turun menjadi mudah.

Kalau anda tidak melakukan perawatan pada list karet pintu yang satu ini, maka bisa membuat power window kaca mobil anda menjadi rusak dan tidak bisa digunakan.

Daftar harga karet kaca samping mobil ini bervariasi. Mulai dari list karet pintu Avanza dari tahun 2010 yang bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 90.000.

4. Karet balon pintu mobil

Walau namanya karet balon, tetapi bentuk dari jenis karet pintu mobil yang satu ini tidak menyerupai balon. Tetapi mirip dengan separuh selang.

Nantinya, bagian yang berlubang tersebut akan disematkan dan ditempelkan untuk mengelilingi body mobil.

Karet pintu yang satu ini punya tekstur yang lentur sehingga mudah sekali dipasang untuk melingkari pinggiran pintu mobil.

Ilustrasi karet balon pintu mobil.

Fungsi karet balon pintu mobil

Setelah mengetahui seputar jenis karet pada mobil, saatnya mengetahui secara spesifik seputar fungsi karet list pintu mobil sehingga anda bisa menjaga dan merawat pilihan jenis karet.

Hal tersebut perlu dilakukan agar tahan lama. Simak informasi terkait fungsi karet pelindung pintu mobil berikut ini.

1. Mengurangi benturan

Pada saat akan menutup pintu mobil, terkadang beberapa orang akan melemparkan mobil dengan kencang. Hal tersebut tentu saja bisa menghasilkan suara nyaring dan goresan pada bodi mobil jika tidak dilindungi dengan list pintu mobil.

Oleh karena itu, perlunya memasang karet pelindung pintu kendaraan untuk mengurangi benturan pada saat akan ditutup.

2. Mencegah air masuk ke dalam kabin

Musim hujan tiba, sebagian daerah akan diguyur hujan yang deras dan beberapa lainnya akan menyebabkan banjir. Jika anda dalam keadaan mendesak, anda pasti akan menerjang hujan dengan mengendarai mobil.

Jika mobil anda tidak dilengkapi atau dipasang karet pelindung kaca mobil, maka air bisa masuk ke dalam kabin.

Salah satu fungsi penting dari karet pintu adalah untuk mencegah air masuk.

3. Mengurangi suara bising di luar kabin

Untuk menghindari adanya celah yang memungkinkan suara bising jalanan masuk ke dalam kabin, oleh karena perlu memasang karet peredam pintu mobil.

Bisingnya suara jalanan bisa membuat rasa nyaman saat berkendara menjadi tidak maksimal. Oleh karena itu, pentingnya memilih list pintu mobil dengan ulasan yang jujur dan pemasangan yang benar.

Ciri karet list pintu mobil harus diganti

Kalau sudah mengetahui fungsi list pada pintu kendaraan, saatnya mengetahui ciri-ciri list pintu mobil yang harus diganti. Hal ini agar anda tahu kapan waktu yang tepat untuk menemukan produk baru.

1. Bentuk karet list pintu mobil berubah

Ciri utama kalau pintu mobil harus diganti bagian karetnya adalah saat bentuknya berubah. Sering kali karet pada bodi mobil menjadi getas dan berubah seperti butiran.

Kalau sudah seperti itu, ganti sebelum menjadi rusak sepenuhnya.

2. Munculnya suara logam yang bergesekan

Jika anda duduk di bagian kursi penumpang, saat mobil dijalankan cobalah untuk fokus mendengarkan bunyi yang keluar.

Kalau bunyi yang muncul seperti suara logam yang bergesekkan, sebaiknya ganti list pintu mobil agar kabin menjadi senyap.

3. Terdapat suara siulan

Jika karet getas atau mulai aus, biasanya akan muncul suara siulan di dalam kabin mobil.

Hal ini karena karet habis dan suara masuk. Suara ini akan terdengar jelas, jika mobil berkendara dalam kecepatan tinggi.

4. Kabin menjadi lembab

Karet balon pintu mobil yang mulai habis bisa menyebabkan kabin mobil menjadi lembab. Karena air hujan atau udara dingin bisa masuk ke dalamnya.

Air hujan yang masuk ke dalam mobil bisa menyebabkan interior kendaraan menjadi rusak, jika dibiarkan lama.

Cara merawat karet pintu mobil agar tahan lama

Setelah mengetahui banyak hal seputar jenis dan fungsi karet pelindung pintu mobil, saatnya mengetahui cara merawat pintu mobil karet agar tetap berfungsi.

Ilustrasi mobil yang parkir di tempat teduh.

1. Parkir di tempat yang teduh

Hindari menempatkan kendaraan di bawah sinar matahari yang terik. Mobil yang diparkir di tempat teduh bisa menjaganya tetap awet pada beberapa komponen penting lainnya.

Karet pintu yang terkena sinar matahari bisa membuatnya cepat rapuh dan mudah pecah.

Seperti kaca mobil hingga karet pintu.

2. Membersihkan kotoran dari karet mobil

Proses membersihkan kotoran bukan hanya pada interior kendaraan saja, melainkan juga pada eksteriornya.

Kotoran yang banyak menempel pada list kaca mobil bisa membuatnya cepat rusak. Anda bisa membersihkannya dengan cara mengoleskan cairan silikon.

Cairan silikon bisa membantu untuk menjaga kelembaban pada karet pintu agar awet lebih lama.

3. Hindari gesekkan karet dengan benda tajam

Saat akan memasukkan kardus dengan ujung yang tajam, pastikan untuk tidak sampai menggesek karet. Untuk menghindari karet pintu mobil menjadi robek. 

5/5 - (7 votes)

Cari Penggantian Kaca Mobil?

Mohon bantu untuk lengkapi informasi dibawah ini dan kami akan membantu pengecheckan kaca yang sesuai dengan kendaraan anda juga memberikan penawaran harga yang tepat.

Terimakasih sudah melengkapi, tim Car Glass sudah menerima pesan dan akan membalas pesan anda.

Open chat
WhatsApp Kami