+62 81246326133 info@car-glass.co.id
Bagaimana Cara Memperbaiki Kaca Mobil yang Tidak Bisa Naik?

Ditulis Car Glass Indonesia

Jul 19, 2022

 

 

mencuci kaca samping mobil

Sedang asik mengendarai kendaraan tiba-tiba kaca sulit dinaikan secara otomatis? Lalu, bagaimana cara memperbaiki kaca mobil yang tidak bisa naik?

Sebetulnya caranya mudah, anda hanya perlu ketelatenan dan kesabaran saat memperbaikinya. Namun, jika dengan beberapa cara ini kaca mobil tidak bisa turun atau menutup sempurna. 

Ada baiknya anda membawa kendaraan kesayangan anda pergi ke toko kaca mobil terdekat atau anda bisa menghubungi kami untuk melakukan ganti kaca mobil oleh teknisi ahli dan harga bersaing. 

Penyebab kaca mobil tidak bisa naik

Sebelum mengetahui cara membetulkan kaca mobil tidak bisa naik otomatis, anda bisa membaca informasi terkait penyebab kaca mobil tidak bisa naik yang bisa anda baca berikut ini.

1. Kaca samping tidak bisa turun naik 

Alasan mengapa kaca mobil tidak bisa naik turun dengan mudah bisa jadi karena kondisi power window yang terpasang mengalami kerusakan.

Hal tersebut juga bisa diakibatkan oleh masalah sekring. Power window adalah fitur yang dipasang di kaca samping mobil untuk membuka dan menutup kaca jendela.

Pada kendaraan yang memiliki masa pakai lebih dari puluhan tahun, biasanya punya masalah pada perangkat yang satu ini. Salah satunya, pada tombol power window yang tidak berfungsi sehingga membuat kaca mobil yang macet.

Dari segi teknis, kami bisa menjelaskan penyebab kaca mobil macet.

2. Kaca mobil macet karena sekring bermasalah 

Anda bisa mengecek secara rutin mengenai sekring pada power window. Karena perangkat tersebut bisa jadi masalah seperti konsleting yang merupakan arus pendek pada kelistrikan.

Tentu saja, jika sekring tidak berjalan dengan baik khususnya pada sistem kelistrikan maka bisa menyebabkan kaca mobil tidak bisa naik otomatis.

3. Saklar pada power window

Selanjutnya, penyebab kaca mobil tidak bisa naik adalah saklar atau tombol power window yang tidak bekerja dengan baik. Biasanya, hal ini terjadi karena tegangannya yang tidak berjalan normal sehingga pergerakan kaca bisa naik turun.

Anda bisa melakukan penggantian saklar power window dengan cara mengecek ketegangannya dulu. Kalau ternyata tegangannya turun cepat diganti.

4. Cek motor power window 

Kalau anda sudak mengecek dari segi sekring dan saklar power window bisa bekerja baik-baik saja, mungkin anda bisa mengecek dari segi regulatornya.

Motor power window bisa mengalami aus yang membuatnya tidak bisa bekerja dengan maksimal oleh karena itu anda harus lakukan penggantian pada motor power window yang lemak.

5. Cek regulator power window

Penyebab kaca mobil macet yang selanjutnya adalah regulator. Regulator power window berfungsi untuk menggerakkan kaca mobil samping dengan menghubungkan motor power window dengan kaca.

Kalau regulator tersebut tidak berfungsi dengan baik maka kaca mobil macet atau dalam artian kaca jendela mobil tidak bisa naik turun dengan otomatis.

Kondisi ini bisa terjadi karena regulator mengalami aus pada gerigi sehingga menyebabkan penggerak kaca mobil macet.

membersihkan kaca mobil samping

6. Terdapat kotoran pada karet kaca 

Salah satu penyebab kaca mobil macet adalah benda asing berukuran kecil yang ada pada karet kaca atau rel kaca dan membuat sistem pergerakannya sulit.

Seperti debu, pasir, kotoran dari sisa makanan, atau cairan minyak bisa menyebabkan karet jendela kotor dan kaca mobil tidak bisa naik turun.

Pastikan untuk melakukan perawatan secara rutin pada karet jendela agar debu tidak menumpuk untuk memaksimalkan fungsi jendela pada kendaraan.

Bersihkan karet jendela mobil dengan sapu kecil atau vacum cleaner untuk membuang debu yang menghambat.

Kalau pemilik kendaraan tidak memiliki banyak waktu untuk menghilangkan debu di karet jendela mobil yang macet, cari bantuan teknisi dari bengkel kaca mobil terbaik untuk mengatasinya.

Kualitas karet kaca mobil juga perlu diperhatikan, pilih bahan terbaik dengan kualitas layanan pemasangan karet jendela mobil terpercaya. Anda bisa mencari informasi seputar pemasangan kaca mobil pada Carglass Indonesia untuk mengatasinya.

7. Kurang mengaplikasikan pelumas kaca mobil

Kaca jendela mobil yang macet bisa terjadi karena pemilik kendaraan kurang mengaplikasikan silicon spray atau pelumas kaca di pintu mobil.

Hal ini yang bisa mengakibatkan kerusakan pada rel kaca karena komponen jadi tidak bisa naik turun atau seret secara otomatis.

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab kaca mobil macet. Saatnya mengetahui cara mengatasi kaca mobil macet dengan perawatan secara individual di rumah.

Cara memperbaiki kaca mobil yang tidak bisa naik

Ada cara mudah mengatasi kaca mobil tidak bisa naik otomatis sehingga harus memperbaikinya agar tidak rusak karena terlalu dipaksa untuk diangkat turun atau naik.

Tentu saja cara memperbaiki kaca mobil yang tidak bisa naik ini bisa kamu jadikan salah satu langkah utama untuk mengatasi kaca mobil. Namun, kamu tetapi perlu memiliki sifat waspada dan berhati-hati agar kaca mobil macet tidak jadi rusak.

Pastikan kamu menjadikan sederet cara menaikkan kaca mobil yang macet ini sebagai pertolongan saat akan membawa kendaraan menuju ke bengkel kaca mobil terdekat.

Atau, anda juga bisa menghubungi Carglass Indonesia yang memberikan layanan konsultasi permasalahan kaca mobil bermasalah secara gratis. Kami juga menawarkan home service penggantian merek mobil seperti Honda Brio, Mitsubishi Xpander, dan pemasangan harga kaca mobil avanza yang bersaing.

1. Bersihkan karet jendela

Tidak ada salahnya rutin membersihkan komponen yang menempel pada kaca mobil. Anda bisa mencuci dengan sabun dan air agar debu hilang.

2. Mengatasi kaca mobil pakai shampoo

Beberapa artikel memberikan informasi seputar penggunaan shampoo untuk membersihkan komponen pada jendela mobil. Sebagian orang mungkin tidak menduganya.

Namun, akan lebih baik untuk menggunakan sabun khusus untuk menghilangkan minyak, debu, sisa daun kering, atau benda asing yang menempel pada rel jendela dengan sabun khusus agar tidak memengaruhi kerangka bodi mobil.

3. Penggunaan minyak goreng

Minyak goreng bisa menjadi bahan alternatif sementara untuk mengatasi kaca mobil macet. Kalau anda tidak memiliki banyak bahan untuk menaikkan kaca mobil tidak bisa naik turun, oleskan minyak goreng.

Penggunaan minyak goreng bisa dilakukan untuk menggantikan silicon spray, tetapi hanya sementara karena tekstur minyak goreng atau bau bisa membuat penumpang menjadi tidak nyaman.

4. Gunakan silicon spray

Kalau anda tidak memiliki asuransi dalam melakukan perawatan kendaraan di toko kaca mobil terdekat, beli silicon spray sebagai cara memperbaiki kaca mobil yang tidak bisa naik.

Silicon spray mampu membersihkan benda asing yang ada di karet jendela. Selain itu, silicon spray juga memiliki sifat baik untuk membuat kaca jendela mobil menjadi bening dan kinclong.

Selain itu, produk tersebut mampu membuat karet bertahan lama dan penggunaannya bisa sebagai cara menaikkan kaca mobil yang macet.

Lihat dan baca di laman marketplace, anda bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp 40.000 per tabungnya. Namun, pastikan anda baca review seputar produk sebelum membeli merek mana yang terbaik.

Semprotkan produk pada lis jendela mobil hanya sampai bubuk kotor hilang.

5. Cairan semir ban

Mungkin anda sudah baca beberapa informasi mengenai cara memperbaiki kaca mobil yang tidak bisa naik dengan menggunakan cairan semir ban.

Cara tersebut mungkin bisa dilakukan hanya untuk membuat pergerakkan kaca tidak seret. Cairan semir ban diklaim bisa membuat licin kaca mobil.

5. Kaca film mobil Llumar

Rekomendasi kaca film mobil terbaik yang selanjutnya adalah Llumar. Salah satu produk keunggulannya yaitu Stratos Series.

Produk tersebut merupakan kaca film unggulan dengan tiga tingkat kegelapan mulai dari 30 persen hingga 60 persen.

Merk kaca film mobil terbaik ini punya fungsi untuk melindungi secara optimal dari sinar UV dan sinar matahari yang bisa mengganggu sinyal gadget di dalam mobil.

Kaca film Llumar ini punya jenis safety & security window film dan solar control window film yang bisa anda memilih kaca film mobil sesuai dengan kebutuhan.

Harga pasang kaca film mobil Llumar dibanderol dengan harga mulai dari Rp 2.000.000 untuk semua tipe mobil.

6. Kaca film mobil Solar Gard

Solar Gard merupakan salah satu merek kaca film mobil terbaik dari perusahaan Saint-Gobain S.A. Perusahaan multinasional asal Perancis ini sudah ada sejak tahun 1665.

Material application technology yang disematkan pada Solar Gard adalah Multi Sputtering Technology yang disematkan juga dengan sembilan lapis metal yang bisa menolak panas secara maksimal tanpa harus mengganggu penglihatan sang pengendara.

Solar Gard premium ditawarkan dalam berbagai jenis. Ada Black Phantom 05, Black Phantom 15, hingga Black Phantom 50 yang punya karakteristik sendiri-sendiri.

Kaca film mobil terbaik ini menyematkan teknologi Advance Nano Ceramic yang punya warna kaca hitam.

biaya pemasangan kaca film mobil dengan ukuran kaca film mobil kategori kecil dari Solar Gard dibanderol dengan harga Rp 2.800.000.

Related Articles

Apa itu Windscreen Pillar?

Apa itu Windscreen Pillar?

 Pernahkah Anda mendengar istilah "rumah kaca" dalam konteks desain otomotif? Rumah kaca mengacu pada semua elemen kaca pada desain mobil, yang meliputi kaca depan, kaca belakang, kaca samping, dan terkadang sunroof, jika ada. Istilah ini menekankan pada bagian...

Window Visor Pada Mobil, Apa Fungsinya?

Window Visor Pada Mobil, Apa Fungsinya?

Diterbitkan pada 17 september 2022Window visor merupakan bagian dari komponen atau bingkai pada kaca samping mobil yang biasa diaplikasikan pada bagian eksterior kendaraan.   Di Indonesia, window visor pada mobil merupakan komponen yang penting. Ada banyak sekali...

Highlight Review Pelanggan (12)

Highlight Review Pelanggan (12)

Di minggu terakhir bulan Maret ini, kami mendapatkan beberapa highlight review pelanggan yang sangat positif mengenai layanan kaca mobil untuk Honda Stream, Mitsubishi Outlander, dan VW Tiguan. Para pelanggan di Car Glass Indonesia merasa sangat puas dengan kualitas...

0 Comments
5/5 - (17 votes)

Cari Penggantian Kaca Mobil?

Mohon bantu untuk lengkapi informasi dibawah ini dan kami akan membantu pengecheckan kaca yang sesuai dengan kendaraan anda juga memberikan penawaran harga yang tepat.

Terimakasih sudah melengkapi, tim Car Glass sudah menerima pesan dan akan membalas pesan anda.

Open chat
WhatsApp Kami