+62 81246326133 info@car-glass.co.id

Ada banyak komponen pada mobil yang perlu diperhatikan karena punya fungsi ampuh, salah satunya defogger. Ada beberapa kendaraan yang memasangnya di kaca depan mobil atau yang menempel pada kaca.

Fitur untuk menghilangkan embun ini punya banyak manfaat lain yang menarik untuk diketahui. Bagi pemilik mobil, merawat serta mencegah defogger rusak sangat perlu dilakukan.

Simak penjelasan seputar fungsi defogger kaca belakang dan depan agar bisa digunakan maksimal.

Ilustrasi air yang menempel di kaca samping mobil.

Apa itu defogger pada mobil?

Apakah kamu pernah melihat kaca mobil garis-garis yang menempel pada kaca belakang? Bisa jadi itu adalah defogger.

Defogger adalah perangkat untuk menghilangkan embun, tetesan air, atau es yang menempel pada kaca. Umumnya, fitur ini memiliki banyak berfungsi di musim hujan tiba.

Hal tersebut terkait dengan salah satu fungsi utama defogger yang menjaga embun tidak mengganggu visibilitas pengemudi.

Nama lain dari defogger adalah defoster atau demister.

Mengapa perlu menggunakan defogger?

Pada saat musim hujan tiba, sebagian pengemudi atau pengendara roda empat pernah mengalami masalah pengembunan air di kaca depan mobil atau kaca samping.

Bahkan di beberapa negara, kaca mobil sering menjadi tempat bertumpuknya es. Saat mobil akan digunakan, embun pada kaca belakang bisa membuat visibilitas pengemudi menjadi berkurang.

Oleh karena itu, perlunya memasang fitur defogger pada mobil untuk mengembalikan pandangan yang jernih di dalam kabin sehingga risiko kecelakaan bisa berkurang.

Bagaimana cara kerja defogger?

Fitur defogger biasa terpasang di bagian depan dan belakang mobil. Pada beberapa produsen mobil, ada yang sudah menyematkannya sehingga pemilik kendaraan tidak perlu memasangnya kembali di bengkel mobil.

Salah satu fungsi utama defogger yang mencegah penurunan visibilitas pengemudi saat berkendara, menyalakannya saat cuaca hujan adalah hal yang tepat.

Di Indonesia, defogger biasa dipasang di bagian kaca depan mobil dan kaca belakang mobil. Keduanya punya sistem kerja defogger yang berbeda.

1. Defogger kaca depan

Salah satu cara menghilangkan embun di kaca mobil adalah dengan menggunakan defogger. Jenis defogger yang pertama ini memang biasa dilengkapi pada kaca depan dan kaca samping. Cara kerjanya adalah dengan menarik sistem pendingin udara di dalam kabin.

Defogger kaca depan menyalurkan udara dari AC kemudian mengeluarkan udara hangat yang menghilangkan kabut, embun dan suhu dingin yang ada di kabin mobil.

Ilustrasi kontrol defogger kaca depan dan belakang.

2. Defogger kaca belakang

Selanjutnya, ada defogger kaca mobil bagian belakang yang berbeda dengan kaca depan karena terdapat garis-garis dengan warna jingga.

Garis tersebut merupakan kawat tipis dari tembaga yang bisa di aktifkan sehingga bagian dalam mobil memiliki suhu panas dan embun atau kabut bisa menguap.

Ada pun cara untuk mengaktifkannya biasanya cukup dengan menekan tombol dan memutar AC dengan tanda warna merah dan biru dengan tulisan Front atau Rear yang berarti depan atau belakang.

Setelah tombol ditekan, maka arus listrik menyebar melalui garis oranye dan menghasilkan energi panas.

Namun, ada cara lain untuk mengusir pengembunan dalam mobil yaitu dengan menggunakan car dehumidifier.

Fitur tambahan tersebut bisa mengurangi perbedaan suhu dari udara dingin karena cuaca hujan ke udara hangat di dalam mobil.

Ilustrasi salah satu cara menghilangkan embun di kaca mobil adalah menggunakan defogger.

Apakah fungsi defogger untuk menghilangkan embun saja?

Defogger kaca belakang memang berupa kawat tipis yang berfungsi untuk mengurangi kesempatan munculnya embun karena perbedaan suhu.

Fungsi defogger yang pertama adalah sebagai penghangat kaca tetapi tidak dengan membersihkan debu di kaca. Sehingga wiper kaca mobil tetap dibutuhkan pada kendaraan.

Mengapa tidak boleh menyalakan defogger kaca mobil terus menerus?

Sebagian orang mungkin tidak mengetahui kalau menyalakan defogger di kendaraan pada kondisi hujan terus menerus bisa berakibat fatal.

Arus listrik yang menyebar melalui garis di belakang kaca mobil bisa membuat panas secara terus menerus. Jika dibiarkan bisa membuat kaca mobil retak hingga pecah.

Jadi, pastikan kondisi embun sudah hilang dan bersih setelah itu, matikan dengan segera. Jangan dibiarkan menyala saat berkendara terlalu lama.

Selain itu, defogger merupakan fitur yang membutuhkan arus listrik cukup besar oleh karena itu pastikan untuk membuatnya kerja dalam kontrol yang wajar.

Perubahan suhu saat berkendra juga bisa membuat aki mobil menjadi mudah habis. Hanya gunakan defogger saat pandangan mata sudah tidak terhalangi dengan kabut.

Ilustrasi defogger kaca belakang.

Bagaimana cara merawat defogger kaca mobil?

Setelah mengetahui banyaknya fungsi defogger saat berkendara dan jenis yang ada, anda perlu mengetahui cara merawat agar fungsinya bisa bekerja maksimal.

Pastikan kamu selalu mengelap secara rutin kaca depan. Gunakan kanebo atau kain bersih yang lembut untuk mengusap kotoran yang ada.

Selain itu, kamu juga perlu melakukan pengecekan pada kawat tipis yang ada di fitur penghilang embun pada kaca ini. Pastikan timah konektornya dalam keaddaan baik.

Penggunaan kain bersih penting untuk menghilangkan debu yang mengendap.

5/5 - (8 votes)

Cari Penggantian Kaca Mobil?

Mohon bantu untuk lengkapi informasi dibawah ini dan kami akan membantu pengecheckan kaca yang sesuai dengan kendaraan anda juga memberikan penawaran harga yang tepat.

Terimakasih sudah melengkapi, tim Car Glass sudah menerima pesan dan akan membalas pesan anda.

Open chat
WhatsApp Kami