+62 81246326133 info@car-glass.co.id

Wiper kaca mobil memiliki fungsi penting untuk membersihkan kaca mobil sehingga penglihatan sang pengemudi tidak terganggu.

Wiper mobil bisa menghapus air hujan, salju, atau debu berupa pasir halus yang menempel pada kaca depan mobil. Selain dipasang di bagian depan kendaraan, wiper kaca juga biasa ditempatkan di kaca belakang mobil.

Ketahui seputar wiper kaca mobil, mulai dari tipe, ukuran, cara pilih, dan cara membersihkannya yang benar bisa ditemukan berikut ini.

Kapan saya harus mengganti wiper?

Seperti mesin, perawatan kaca mobil penting untuk dilakukan. Anda bisa membersihkan atau merawatnya dengan cara yang paling mudah.

Misalnya, dengan mencuci atau mengelap kaca depan mobil secara rutin tiap satu inggu sekali. Atau, anda juga bisa menggunakan cairan pembersih kaca mobil terbaik agar hasilnya kinclong.

Selain itu, periksa juga dari sisi wiper kaca mobil. Sebagai pemilik kendaraan, pastikan anda cari tahu seputar kapan harus menemukan karet kaca mobil yang baru.

Wiper kaca mobil yang bagus biasa hanya digunakan selama 12-18 bulan saja. Namun, jika anda sering memarkirkan kendaraan secara tidak aman seperti di bawah terik matahari langsung. Pastikan anda menggantinya lebih cepat.

Lantaran, karet yang terpapar sinar matahari langsung bisa membuat karet strip menjadi keras dan retak.

kaca mobil buram saat di wiper

Kalau karet kaca mobil belakang sudah keras dan retak dan anda hanya membiarkan saja. Maka, Carglass yang baret karena wiper.

Panas sinar matahari bisa menghilangkan elastisitas pada wiper mobil sehingga membuatnya kurang lentur saat digunakan.

Lalu, ketahui waktu yang tepat untuk menggantinya:

  1. Saat anda mendengar ada sesuai yang berdecit di bagian kaca depan.
  2. Kaca mobil bergetar saat wiper mobil dinyalakan.
  3. Wiper tidak efektif dalam menyapu air hujan dan kotoran.
  4. Terdapat goresan atau baret di kaca mobil.
  5. Kaca mobil buram saat di wiper.

Baca juga: Penyebab Munculnya Jamur Kaca Mobil

Berapa ukuran wiper mobil yang saya butuhkan?

Mungkin anda sudah mencari daftar harga produk wiper mobil di beberapa marketplace secara online. Namun, anda bingung dengan pilihan ukuran yang akan digunakan.

Berdasarkan rekomendasi oleh beberapa teknisi, ukuran wiper kaca depan berkisar sekitar 25 cm hingga 75 cm. Namun, anda perlu cek dulu sebelum membeli produknya.

Karena beberapa mobil dan model kendaraan memiliki kebutuhan ukuran dan bentuk yang berbeda-beda. Kalau tidak cocok, sangat disayangkan karena sudah terlanjur bayar.

Contohnya saja, ukuran wiper Ford Focus yang rilis dari tahun 2000-2011 memiliki mobil dan ukuran yang sama yaitu 55 cm dan 48 cm.

Tapi ukuran wiper Ford Focus berbeda dengan yang rilis pada tahun 2012 hingga 2015 yaitu sekitar 72 cm.

Jadi, untuk menemukan wiper kaca mobil terbaik, melihat kebutuhan belanja wiper mana yang dibutuhkan. Apakah yang sisi depan pengemudi atau depan penumpang.

Periksa dengan cara baca manual book yang ada saat membeli mobil. Hal ini untuk menemukan wiper mobil yang tepat dengan harga yang bersahabat.

Berapa harga produk wiper mobil?

Melihat daftar harga produk wiper sebelum membeli sangat penting dilakukan. Semakin banyak pilihan dan tipe yang anda dapatkan semakin baik.

Di Indonesia sendiri, anda bisa mencarinya secara online. Untuk wiper mobil bosch anda bisa membelinya mulai dari Rp 30.000.

Konsultasikan sebelum belanja wiper agar pas dengan desain, ukuran, dan harga yang sesuai dengan budget dompetmu.

cara pasang wiper kaca mobil
ilustrasi seseorang sedang memasang wiper kaca depan mobil

Variasi wiper kaca mobil

Sedikitnya ada empat tipe wiper kaca depan mobil yang tersebar di pasaran. Di toko kaca mobil terlengkap seputar peralatan mobil juga bisa anda temukan.

Namun, biasanya ada di kota-kota besar. Jenis wiper ini dibagi berdasarkan desain dan komposisi material.

Berikut penjelasan seputar variasi wiper kaca mobil yang bisa anda pilih untuk memaksimalkan kinerja dan memberikan pengalaman berkendara yang baik.

  1. Conventional Wiper

Tipe wiper yang satu ini sudah banyak beredar di pasaran. Terbuat dari material rangka baja yang kokoh untuk menahan cuaca buruk termasuk air hujan yang deras.

Desain bingkainya dibuat sekuat mungkin agar bisa bekerja dengan baik saat terjadi penumpukan es dan salju kaca depan mobil.

Rangkanya memiliki 6-8 titik tekanan sehingga kuat dan tidak membuat kaca mobil tergores.

Dari segi pembersihan, varian wiper kaca mobil ini termasuk unggul untuk menyapu kaca yang berlumpur atau kaca yang dipenuhi tumpukan es.

  1. Beam Wiper

Beam wiper merupakan wiper blade yang tidak menggunakan bingkai dan desainnya lebih sederhana.

Hal ini agar tidak memberi ruang atau frameless untuk penumpukan es dan debu sehingga kinerjanya maksimal tanpa memberi kebisingan.

Rekomendasi wiper ini tidak cocok untuk mobil yang sering digunakan di cuaca dingin. Karena produk karet yang lentur sehingga tidak bisa menyapu salju pada kaca mobil.

Beberapa brand wiper yang menjualnya, menambahkan formulasi khusus untuk memastikan kinerjanya maksimal dan konsisten di segala cuaca.

  1. Hybrid wiper

Wiper mobil yang satu ini memiliki beberapa kekurangan dari segi harga. Hybrid wiper mobil memiliki harga yang cukup mahal dibandingkan jenis lainnya.

Rekomendasi wiper ini memiliki ketahanan maksimal pada salju dan kaca depan yang berlumpur.

  1. Silicon wiper

Daftar wiper mobil selanjutnya adalah silicon wiper yang mana terbuat dari karet standar sehingga cukup fleksibel dan bisa sesuai dengan rangka kaca depan.

Performanya yang lembut, membuat silicon wiper tidka akan menggores kaca. Namun, materialnya yang terbuat dari karet membuatnya sering tidak tahan di cuaca ekstrem.

Silikon menjadi lebih cepat lapuk dan memperpendek masa pakai blade sehingga tidak bisa menyapu air hujan dengan mudah.

Penggunaan wiper mobil tidak selamanya cukup. Ada perlu memasang lapisan anti air di kaca depan agar berkendara jauh lebih mudah dan aman saat hujan.

Baca juga: Bagaimana Cara Membersihkan Kaca Mobil yang Buram? Simak 5 Tipsnya

Ilustrasi wiper kaca mobil yang bagus untuk membersihkan kotoran.

Apa wiper kaca mobil yang bagus untuk saya?

Jika anda bingung tentang jenis wiper blade mana yang saya butuhkan. Pilih saja dari cuaca tempat anda tinggal. Jika anda tinggal di zona musim dingin, anda mungkin harus mencari bilah penghapus kaca depan untuk salju seperti Michelin Stealth Ultra.

Sebaliknya jika anda tinggal di daerah dengan cuaca yang sering berubah-ubah, pilih brand seperti Bosch ICON yang bisa menghilangkan ketidaknyamanan saat mengganti blade dengan perubahan musim.

Mungkin sekarang, anda masih menggunakan wiper mobil belakang tipe bingkai tradisional begitu lama. Dalam hal ini, tidak perlu meningkatkan ke wiper dengan rangka balok modern atau wiper hybird atau wiper silikon dengan harga mahal.

Namun, jika anda ingin meningkatkan produk karet wiper yang ingin anda miliki. Pilih produk yang cocok dari segi estetika eksterior, tidak meninggalkan suara bising, dan bebas gangguan.

Bagaimana cara merawatnya?

Penyebab wiper mobil tidak berfungsi adalah produk terus menerus terpapar sinar matahari.

Parkir mobil di bawah penutup yang rindang. Selain itu, penting untuk membersihkan wiper blade khususnya di bagian karet secara teratur sedikitnya selama empat bulan sekali.

Bagaimana cara memasang wiper yang tepat?

Ada beberapa harga wiper yang mahal tetapi kualitas produknya terbaik. Kalau anda malas membawa kendaraan pergi ke toko kaca mobil terlengkap, anda bisa cek di bagian balik kemasan.

Biasanya, ada penjelasan seputar instruksi mengenai pemasangan wiper mobil.

Penting untuk diingat bahwa setiap wiper model mobil memiliki tipe, ukuran, dan nomor tertentu. Cek dan baca ketentuan sebelum belanja.

Bagaimana cara menghentikan wiper mobil yang berdecit?

Penyebab paling umum dari variasi wiper kaca mobil yang berderit adalah adanya kotoran yang menempel pada kaca depan mobil.

Partikel kotoran kecil yang menyebabkan gesekkan saat produk wiper menyapu kaca, menyebabkan suara bising yang mengganggu. Cuci dan bilas kaca depan agar kotoran hilang.

Cara menghilangkan baret kaca mobil akibat wiper

Mungkin anda sekarang sedang mencari bagaimana cara menghilangkan baret kaca mobil akibat wiper yang kering portal berita online.

Salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan baret adalah dengan menggunakan kompon.

Krim dari bahan kimia ini bisa membersihkan goresan pada kaca mobil dengan cara mengikisnya. Namun, pastikan baret pada kaca ini termasuk ringan.

Kalau baretnya cukup dalam dan lebar yang memungkinkan air dan kotoran masuk ke dalamnya, ada baiknya untuk langsung membawanya ke bengkel kaca mobil terdekat.

Carglass Indonesia menawarkan layanan ganti kaca mobil secara mobile di seluruh kota besar di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, dan Denpasar.

Kami memiliki stok suku cadang kaca mobil lengkap yang anda cara. Anda tak perlu membawa mobil ke toko kaca terdekat.

Karena teknisi profesional kami akan membawa peralatan lengkap untuk memasang kaca mobil dengan cepat agar mobil bisa kembali berkendara. 

5/5 - (9 votes)

Cari Penggantian Kaca Mobil?

Mohon bantu untuk lengkapi informasi dibawah ini dan kami akan membantu pengecheckan kaca yang sesuai dengan kendaraan anda juga memberikan penawaran harga yang tepat.

Terimakasih sudah melengkapi, tim Car Glass sudah menerima pesan dan akan membalas pesan anda.

Open chat
WhatsApp Kami