Bagaimana Cara Membersihkan Kaca Mobil yang Buram? Simak 5 Tipsnya

kaca mobil buram

Sedang mencari informasi seputar mengenai cara membersihkan kaca mobil yang buram? Anda bisa menyimpan penjelasan berikut seputar penyebab kaca mobil buram hingga cara merawatnya agar terus kinclong.

Faktor yang menjadi penyebab kaca mobil buram ada banyak, salah satunya adalah jamur pada kaca mobil yang sering kali tidak disadari oleh pemilik kendaraan sudah tumbuh subur.

Untuk mengatasinya, simak penjelasan berikut ini. Hindari sedini mungkin dengan rutin merawat kaca mobil kesayangan anda.

Penyebab kaca mobil yang buram

Ada banyak penyebab kaca mobil menjadi buram yang mana salah satunya diakibatkan oleh tubuhnya jamur pada kaca mobil tanpa disadari oleh pemilik. 

Jelas kalau ada jamur kaca mobil yang tumbuh hingga membuatnya buram tidak bisa hanya dibersihkan dengan menggunakan lap bersih, air bersih, atau pembersih kaca tanda kandungan khusus.

Perlu adanya treatment khusus yang dilakukan oleh teknisi ahli di toko kaca mobil untuk menghilangkan jamur yang menempel di kaca. 

Dengan begitu, simak beberapa penyebab agar bisa menghindarinya sedari awal.

1. Penggunaan lapisan kaca film dari plastik

Beberapa orang mungkin pernah menempelkan atau melapisi kaca mobil dengan lapisan kaca film dari plastik atau pembersih vinyl. Hal ini justru bisa membuat kaca menjadi buram. 

Itu karena lapisan kaca dengan material tersebut bisa menguap dan mengendapkan kabut atau lapisan asap dari dalam di permukaan kaca depan. 

Pada awal berkendara mungkin tidak akan terganggu, tapi kaca mobil buram ini akan terasa menjengkelkan saat sudah berkendara selama beberapa jam. 

2. Penggunaan pembersih berbahan vinyl

Umumnya, pembersih berbahan vinyl ini hanya digunakan sebagai pembersih lantai.

Tapi sebagian orang yang ingin membuat cairan pembersih kaca mobil do-it-yourself sering keliru dengan menggunakan bahan vinyl untuk membersihkan kaca mobil. 

3. Sering merokok di dalam mobil 

Merokok juga bisa menjadi salah satu pemicu kaca mobil buram. Sebaiknya, hindari atau tidak sama sekali merokok di dalam kendaraan.

Pasalnya, asap rokok bisa membuat tipis kandungan karsinogen pada kaca mobil dan bisa membuatnya perlahan menghilang.

4. Pendingin atau pemanas

Tidak jarang kebocoran mesin pada pendingin atau pemanas yang ada di mobil mengeluarkan kabut yang bisa muncul pada kaca mobil. Biasanya, warna hijau dengan bau yang kuat. 

Tentu saja, kebocoran mesin yang satu ini perlu diperbaiki dengan segara agar tidak membuat bahaya sang pengemudi atau penumpang karena menghirup bahan kimia dan membuat kaca mobil yang buram.

kaca mobil buram terkena hujan
Ilustrasi kaca mobil buram terkena hujan (DOK.PEXELS/ Arun Thomas)
5. Air hujan yang mengendap 

Pada saat musim hujan, ada baiknya anda memarkirkan kendaraan di tempat yang teduh. Endapan air hujan di kaca mobil yang terlalu lama dibiarkan tanpa dibersihkan langsung bisa membuat kaca menjadi buram. 

Bekas air hujan yang meninggalkan noda biasanya mengakibatkan kaca mobil menjadi buram.

Anda bisa menggunakan lap bersih, alat pembersih, kain bersih, atau siram dengan air bersih untuk membersihkan kaca mobil dari endapan air hujan. 

Bersihkan secara langsung, saat hujan reda. Selalu sediakan lap kering dan gosokkan lap pada kaca mobil.

6. Debu di kaca mobil 

Pemicu kaca mobil buram yang selanjutnya adalah adanya debu dan kotoran yang menempel di kaca mobil. Usap kaca mobil kesayanganmu dengan telapak tangan. 

Jika, ada debu tipis yang menempel pada tangan sebaiknya bersihkan kaca mobil dengan lap bersih. Kalau anda membiarkan debu menempel hingga menumpuk maka akan menghalangi jarak pandang si sopir. 

Selain itu, debu dan kotoran juga bisa saja masuk ke dalam celah kaca mobil depan yang bisa membuat kerusakan atau jamur kaca mobil keesokan harinya. Tentu saja hal tersebut tidak ingin anda miliki. 

Anda bisa membawa mobil ke tempat khusus cuci mobil atau membersihkannya di akhir pekan saat memiliki waktu senggang. 

jamur kaca mobil
Ilustrasi jamur kaca mobil yang muncul di celah kaca.
7. Jamur kaca mobil 

Adanya kebocoran pada celah kaca mobil bisa membuat jamur kaca mobil tumbuh subur di sana. Jika disepelekan terus menerus, jamur kaca mobil bisa menyebabkan kaca mobil yang buram. 

Selain itu, jamur pada kaca mobil juga bisa membuat kerusakan yang mana kamu perlu lakukan perbaikan atau ganti kaca depan mobil

Anda bisa membawa mobil ke bengkel kaca mobil untuk dilakukan penanganan khusus pembersihan kaca dari jamur atau anda bisa melakukannya sendiri dengan menggunakan cairan pembersih khusus jamur kaca mobil.

8. Kaca mobil terkena sinar matahari langsung 

Sebetulnya, cara membersihkan kaca mobil yang buram itu mudah. Namun, ada baiknya untuk menjaga kaca mobil agar tidak buram atau rusak. 

Caranya adalah dengan memarkirkan kaca mobil di tempat yang teduh sehingga tidak mengenai sinar matahari langsung. 

Kaca mobil yang terkena sinar secara langsung dalam waktu yang cukup lama bisa menyebaban karet pada jendela mobil rusak dan jamur yang menempel pada kaca bisa tumbuh subur.

membersihkan kaca mobil samping
llustrasi membersihkan kaca mobil samping (DOK.PEXELS/Karolina Grabowska)

Cara membersihkan kaca mobil yang buram dari dalam

Setidaknya ada empat cara membersihkan kaca mobil yang buram secara ampuh. Kamu hanya perlu menyiapkan air bersih, lap bersih, kain kering yang bersih, serta cairan pembersih kaca mobil khusus. 

Selanjutnya, simak cara membersihkan kaca mobil berikut ini. Anda bisa membersihkan kaca mobil tanpa perlu pergi ke tempat cuci mobil.

1. Basahi kaca mobil hingga bersih

Cara bersihkan kaca mobil dari kotoran yang sulit dibersihkan adalah dengan menggunakan air bersih. Basahi kaca mobil secara merata. 

Anda bisa melakukannya untuk kaca mobil samping dan belakang agar kinclong. 

2. Gunakan cairan pembersih khusus 

Dalam beberapa artikel, ada cara membersihkan kaca mobil dengan menggunakan pasta gigi. Hal ini bisa saja membuat kotoran yang menempel bisa hilang tetapi bisa saja tidak. 

Namun, jika kamu ragu untuk oleskan pasta gigi pada kaca mobil kesayanganmu lebih baik gunakan cairan pembersih untuk membersihkan kotoran yang sulit dibersihkan. 

3. Gosok kaca mobil secara perlahan dengan lap kering

Gunakan lap kering untuk membersihkan kaca mobil sesusai dilumuri dengan glass cleaner. Sebelumnya, anda perlu menyiram kaca mobil dengan air. 

Usap kaca mobil seperti anda secara mencuci mobil pada umumnya. Gosok-gosok secara perlahan dalam durasi yang sering khususnya pada kaca mobil. 

4. Pastikan kaca mobil bersih 

Periksa kembali apakah kaca mobil sudah bersih atau tidak, kalau masih ada glass cleaner atau pasta gigi yang menempel sebaiknya siram dengan air biasa selama 20 atau 15 menit atau menggunakan air hangat agar mudah menghilang.

Anda juga bisa celupkan lap kering untuk mencuci kaca mobil yang buram.

Cara membersihkan kaca mobil ini tergolong mudah karena menggunakan bahan sederhana yang ada di rumah. Anda juga tidak perlu mengeluarkan uang banyak.

Namun, perlu diingat kalau cara membersihkan kaca mobil yang buram dengan air bersih biasa selama 20 atau 15 menit. air soda, pasta gigi, atau air daun tembakau dengan air bersih cocok digunakan untuk mengilangkan baret pada kaca mobil.

Bagaimana cara bersihkan jamur kaca mobil?

Kaca mobil yang buram juga bisa disebabkan oleh tumbuhnya jamur kaca mobil dipermukaan atau celah yang kemudian tumbuh menyebar hingga menutupi jarak pandang.

Tentu saja, hal ini bisa anda hilangkan dengan melakukan beberapa cara menghilangkan kabut atau keburaman pada kaca mobil.

Di beberapa artikel, penggunaan bahan seperti air soda, air tembakau, cuka dapur, dan pasta gigi bisa digunakan untuk membersihkan kaca mobil. Bahan bahan tersebut mungkin bisa digunakan untuk menghilangkan kabut pada kaca mobil.

Namun, perlu diingat untuk sebelumnya memastikan terlebih dahulu kepada teknisi ahli sebelum menggunakan bahan tersebut sebagai pembersih kaca mobil.

Ada baiknya, untuk selalu menggunakan glass cleaner sebagai bahan pembersih kaca dan menggosokkannya dengan kain microfiber atau lap bersih.

Walau dengan berjalannya waktu, kaca akan menjadi kurang halus dan retan terhadap goresan atau baret. Anda bisa membersihkan kaca mobil atau memperbaikinya dengan cara:

1. Melindungi dan membersihkan kaca mobil secara berkala.
2. Hindari menggunakan produk pembersih yang keras atau bahan abrasif saat membersihkan kaca mobil.

Langkah-langkah sederhana ini dapat membantu menjaga kaca mobil anda tampak seperti baru di tahun-tahun yang akan datang.

Cara merawat kaca mobil agar kinclong

Setelah mengetahui cara membersihkan kaca mobil yang buram, ada baiknya anda mengetahui cara mudah merawat kaca mobil agar tidak muncul kabut atau keburaman.

1. Tidak mencuci kaca mobil dengan bahan abrasif

Hindari mencuci mobil dengan material berbahan abrasif atau kandungan lainnya seperti bubuk cuci baju.

Kandungan yang terdapat di dalamnya bisa merusak kaca mobil sehingga bukannya kinclong yang anda dapatkan tapi malah sesuatu yang membuatnya rusak. 

2. Membersihkan kaca mobil secara rutin

Jangan enggan atau malas untuk membersihkan kaca mobil secara rutin di akhir pekan. Anda juga bisa membawanya di tempat cuci mobil dengan membayar mulai dari Rp 40.000. 

Waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan kaca mobil mungkin sekitar 20 menit atau 15 menit. Anda bisa membawa kendaraan dalam kondisi kaca mobil kinclong. 

3. Hindari menggunakan zat pelarut berbahaya untuk cairan pembersih

Beberapa orang mungkin akan termakan rayuan saat akan membeli cairan pembersih.

Sama halnya dengan penggunaan material berbahan abrasif, penggunaan zat pelarut dengan kandungan berbahaya bisa membuat kaca mobil cepat rusak. 

4. Tidak menyentuh kaca mobil saat tangan berminyak 

Setelah asik makan gorengan, jangan langsung menempelkan tangan yang berminyak pada kaca mobil. Hal tersebut membuatnya susah dibersihkan. 

Bersihkan tangan yang berminyak dengan air bersih yang mengalir kemudian keringkan dengan lap kering. 

5. Mobil jangan terkena hujan terlalu lama

Musim hujan dengan intensitas yang rutin bisa menyebabkan beberapa komponan pada mobil menjadi rusak, seperti berjamur atau berkarat. Oleh karena itu, parkir mobil jangan sampai terkena hujan dalam waktu yang cukup lama.

Hal ini juga bisa membuat kaca mobil memiliki endapan karena air hujan yang susah dibersihkan.

5/5 - (4 votes)
Bagaimana Cara Membersihkan Kaca Mobil yang Buram? Simak 5 Tipsnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top