+62 81246326133 info@car-glass.co.id
Kaca Mobil Pecah? Cari Tahu Penyebab dan Solusinya!

Ditulis Anton Prabowo

 

Retakan dan pecahan pada kaca depan mobil

Kaca mobil pecah mungkin bisa kamu temui di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta. Kejadian tersebut bisa saja terjadi karena adanya kasus kejahatan pecah kaca mobil atau gelombang panas dari sinat matahari yang menjadi penyebab kaca mobil retak.

Dalam banyaknya kasus, pecah kaca mobil perlu dilakukan secepatnya di bengkel spesialis yang menawarkan penggantian dengan harga yang bervariasi tergantu dengan merek, model, dan tahun mobil.

Pasalnya, kalau retakan pada kaca kendaraan yang retak tidak kunjung diperbaiki akan membuat goresan melebar ke bagian car-glass lainnya.

Simak artikel terkait penyebab kaca mobil retak dan solusi perbaikan yang direkomendasikan berikut ini.

Jenis retakan pada pecah kaca mobil

Ada beberapa jenis retakan pada kaca mobil yang memiliki kondisi berbeda-beda. Kamu perlu menyimak penjelasan terkait informasi tersebut, baca berikut ini:

  1. Retakan pada kaca mobil dengan dominasi garis memanjang bisa jadi karena suhu ekstrem yang tiba-tiba terjadi di suatu tempat atau daerah.

    Kaca depan mobil bisa mengembang di cuaca dengan temperatur suhu yang berbeda. Kalau sudah begitu, kamu dianjurkan untuk mengganti kaca secepatnya.

  2. Retakan berbentuk bintang. Pecah kaca mobil dengan kondisi seperti ini mungkin terjadi karena kualitas car-glass yang tidak terlalu bagus.

    Jenis pecahan ini bisa diperbaiki tapi akan meninggalkan bekas.Oleh karena itu, ganti kaca mobil belakang yang pecah sangat disarankan agar tidak melebar dan menembus hingga ke bagian dalam.

  3. Kaca mobil pecah dengan retakan gompal. Penyebab kaca mobil yang retak ini karena terjadinya bagian tempered glass yang hilang disebabkan oleh hantaman suatu benda.

    Perhatikan lebar retakan. Kalau kurang dari satu inci, kamu bisa memperbaikinnya.Namun, kalau lebih dari 14 inci lebih baik perbaiki dan mengganti kaca dengan segera.

  4. Kaca mobil pecah dari tepi. Kalau kamu bertanya-tanya seputar penyebab kaca mobil retak ini bisa jadi disebabkan karena perbedaan temperatur suhu yang cukup ekstrem.  Retakan ini biasa disebut dengan floater.

Penyebab kaca mobil retak

Setelah mengetahui jenis kaca mobil pecah, saatnya mengetahui terkait penyebab kaca mobil mengalami keretakan.

Ada banyak bengkel kaca mobil yang bisa kamu hubungi untuk melakukan pemasangan kaca dan perbaikan seputarnya. Namun simak informasi yang berkaitan tentang hal tersebut agar tidak salah penanganan.

Kecelakaan

Kecelakaan atau tabrakan adalah faktor yang paling umum terjadinya masalah kaca mobil retak. Kamu perlu membawanya ke toko kaca mobil pecah untuk mengetahui apakah perlu melalukan penggantian atau hanya perlu diperbaiki. Kamu perlu baca banyak sumber terkait proses ini atau mengkonsultasikannya kepada yang berpengalaman.

Kalau pecah kaca mobil bisa diperbaiki, pastikan kamu tidak sembarang memperbaiki termasuk dengan memasukkan cairan resin secara sembarangan karena bisa memperparah kerusakan.

Jalanan yang rusak

Di beberapa titik lokasi, ada jalanan yang kondisinya rusak berlubang dan bisa membuat kaca mobil terkena benturan benda tajam atau kerikil. Hal ini bisa jadi penyebab kaca mobil menjadi retak.

Selain kondisi jalan yang rusak, jalanan yang masih dalam proses aspal juga bisa berpotensi membahayakan kaca depan, samping, dan belakang. Windshiled kendaraan bisa memiliki goresan terkena benda tajam di jalan.

Dampak dari kepingan kerikil ini bisa membuat pecahan kecil dan akhirnya retak di kaca depan. Sudut dan kecepatan di mana batu menyentuh kaca juga bisa menjadi penyebab.

Faktor cuaca

Cuaca yang terlalu ekstrem bisa membuat kaca depan mobil memuai. Di beberapa kota seperti Jakarta mengalami lonjakan suhu yang drastis. Seperti kadang dingin atau panas karena teriknya sinar matahari.

Lantas, hal ini bisa menyebabkan kaca depan dan komponennya memuai. Meskipun ini kecil kemungkinan, tapi kamu perlu memerhatikannya. Pasalnya, biaya penggantian di bengkel kaca mobil yang tidak murah.

Oleh karena itu, pastikan kamu memarkirkan mobil di bawah rindangnya pepohonan atau gedung agar kaca tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Bahan, perbaikan dan biaya pemasangan di bawah standar

Pilihan toko kaca mobil yang beragam mungkin bisa membuatmu bingung. Sebagian orang pasti akan tertarik untuk menggantinya karena penawaran harga atau komentar baik di media sosial.

Namun kamu perlu baca dan menelusuri lebih detail layanan tersebut karena kebanyakan adalah pemsangan oleh amatir.

Teknisi kaca mobil yang tidak terlatih dengan baik, alat di bawah standar, dan bahan yang tidak sesuai dengan OEM atau Original Equipment Manufacture pasti akan mengakibatkan masalah kualitas di masa mendatang.

Bagian kaca mobil dan sisi jendela yang tidak serasi akan menimbulkan gesekan dan menyebabkan kaca depan pecah secara tiba-tiba.

Keretakan karena pemasangan kaca yang asal bisa menyebabkan debu pasir tanah masuk dan membuat interior dalam mobil menjadi tidak nyaman saat digunakan untu berkendara.

Kami menyediakan penggantian kaca depan mobil dengan kualitas produk terbaik dan harga yang terjangkau. Misalnya saja, untuk penggantian kaca mobil Brio harga sekitar Rp 2.274.090 untuk merek Mulia atau jenis OEM atau Rp 2.750.000 untuk harga kaca Original resmi dengan logo pabrik mobil.

toko kaca mobil terdekat

Solusi yang tepat untuk kaca mobil retak

Car Glass Indonesia akan memberikan pilihan solusi yang harus dilakukan dan saran agar masalah ini tidak terulang.

Solusi utama dalam masalah ini tentu dengan melakukan penggantian kaca mobil. Jangan menunda pemasangan, karena hanya bisa membuat kerusakan semakin parah.

Menunda pemasangan bisa membahayakan diri sendiri, tetapi semua orang yang berkendara bersama anda dan mobil lain di jalan.

Tetapi tidak semua kaca retak harus diganti, tetapi kalau kamu ingin memperbaikinya dengan cairan resin pada kaca kendaraanmu kamu juga perlu memerhatikan beberapa hal agar makin rusak.

 

Ukuran pecahan pada kaca

Ukuran kerusakan sangat berharga untuk mengetahui apakah Anandada perlu memperbaiki atau mengganti kaca depan mobil anda.

Anda dapat membandingkan ukuran kerusakan dengan ukuran uang koin di Indonesia.

Jika kerusakan lebih besar dari uang koin, kaca depan mungkin perlu diganti bukan diperbaiki dengan cairan resin. Namun, jika kerusakan lebih kecil dari ini, kemungkinan besar bisa diperbaiki.

 

Posisi atau letak pecahan pada kaca

Cara lain untuk mengetahui apakah kaca depan perlu diperbaiki atau diganti adalah dengan memeriksa letak kerusakannya.

Kerusakan apa pun di sudut kaca depan dapat menyebabkan kaca retak atau pecah. Itu berarti kaca depan anda perlu diganti untuk memastikan keselamatan pengemudi dan penumpang

 

Jumlah retakan atau pecahan kaca

Untuk setiap retakan atau pecahan yang muncul di kaca depan anda, bisa menyebabkan pengemudi atau penumpang dapatkan kerusakan yang lebih besar.

Itu berarti jika anda memiliki lebih dari dua, anda berada dalam bahaya besar, terlebih kalau kamu mengemudi dengan kendaraan tersebut. Anda menghadapi risiko tinggi kecelakaan dan mungkin didenda untuk tindakan tersebut.

Tindakan yang perlu dilakukan agar kaca mobil retak tidak terulang

Beberapa tindakan yang dilakukan agar kejadian ini tidak terulang adalah

Memilih layanan pengggantian kaca mobil yang tepat

Salah satu faktor yang penting anda pertimbangkan yaitu layanan penggantian kaca mobil, pastikan layanan tersebut memiliki teknisi yang berpengalaman dan profesional serta memiliki alat penggantian yang sesuai standar.

Oleh karena itu selalu sangat penting untuk memastikan anda pergi ke tempat dengan ulasan bagus untuk penggantian kaca mobil.

 

Berkendara dengan hati-hati di jalan

Penyebab keretakan yang biasa adalah batu kecil yang mengenai mobil anda, bergejolak dari kendaraan di depan anda.

Saat anda bergerak di jalan berbatu cobalah untuk pelan pelan dan jaga jarak aman dari mobil lain.

 

Selalu sediakan tempat berteduh yang baik

Jika memungkinkan, selalu parkirkan mobil anda agar terhindar dari sinar matahari.

Panas memaksa kaca untuk mengembang, memulai proses retakan atau serpihan menjadi lebih serius.

Jadi, sinar matahari langsung yang konstan tidak pernah cocok untuk mobil apa pun.

 

Bersihkan kaca mobil anda secara rutin

Perawatan adalah salah satu tindakan paling nyata dilakukan. Lakukan bersih kaca dengan cara mengusap kaca mobil agar terhindar dari kotoran yang menempel.

Kamu bisa menggunakan lap kanebo untuk menghilangkan kotoran di car-glass kendaraanmu.

Selalu cek kondisi kaca mobil anda secara berkala, sehingga anda dapat meminimalkan kerusakan yang terjadi.

Di beberapa media sosial, ada cara menggunakan cairan resin untuk memperbaiki kaca mobil pecah. Namun ini perlu penjelasan khusus terkait hal tersebut.

Car glass Indonesia adalah bengkel kaca mobil yang menawarkan layanan penggantian kaca mobil secara mudah untuk semua merek, model, dan tahun yang dapat dipesan secara Online.

Tidak ada syarat khusus untuk melakukan pemesanan, kamu hanya perlu mengunjungi website yang mudah diakses. Kemudian isi formulir yang tersedia.

Kemudahan lainnya yang ditawarkan adalah penggantian yang bisa dilakukan dimana saja dan jam yang bisa kamu tentukan kapan saja. Kami juga memiliki teknisi profesional yang cukup handal dengan peralatan pemasangan kaca lengkap.

Pelepasan dan pemasangan kaca yang bersih, efektif, dan cepat menjadi solusi untuk kamu yang mengalami kerusakan windshield. Biaya yang terjangkau dan sudah termasuk produk, biaya jasa, dan ongkos pulang pergi teknisi membuatmu tidak perlu mempersiapkan uang lebih banyak lagi.

Pembayaran yang mudah melalui bank transfer menggunakan kartu debit atau kredit juga menjadi keunggulan memesan pemasangan kaca di kami. Jadi, pesan dan pasang sekarang juga.

Related Articles

Kaca Mobil Retak, Perlu Perbaiki atau Ganti?

Kaca Mobil Retak, Perlu Perbaiki atau Ganti?

 Kaca mobil retak begitu saja? Lantas, anda sekarang bingung harus memperbaiki kaca mobil yang retak atau menggantinya dengan yang baru. Benda keras yang terbentur ke kaca depan mobil adalah salah satu hal yang ditakuti pemilik mobil. Jika dibiarkan tanpa...

Highlight Review Pelanggan (12)

Highlight Review Pelanggan (12)

Di minggu terakhir bulan Maret ini, kami mendapatkan beberapa highlight review pelanggan yang sangat positif mengenai layanan kaca mobil untuk Honda Stream, Mitsubishi Outlander, dan VW Tiguan. Para pelanggan di Car Glass Indonesia merasa sangat puas dengan kualitas...

7 Tips Pilih Bengkel Kaca Mobil Terdekat dan Terpercaya

7 Tips Pilih Bengkel Kaca Mobil Terdekat dan Terpercaya

Dalam pilih bengkel kaca mobil terdekat tidak boleh sembarangan. Anda harus banyak melakukan pemeriksaan untuk dapat memilih mana yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan demi  keamanan dan kenyamanan saat berkendara.  Namun, memilih toko kaca terdekat sering kali...

0 Comments
5/5 - (25 votes)

Cari Penggantian Kaca Mobil?

Mohon bantu untuk lengkapi informasi dibawah ini dan kami akan membantu pengecheckan kaca yang sesuai dengan kendaraan anda juga memberikan penawaran harga yang tepat.

Terimakasih sudah melengkapi, tim Car Glass sudah menerima pesan dan akan membalas pesan anda.

Open chat
WhatsApp Kami