Perbedaan perbaikan dengan penggantian kaca depan

Perbedaan dengan penggantian kaca depan CGID

Kami akan menjelaskan, Perbedaan perbaikan dengan penggantian kaca depan

Benda keras yang terbentur ke kaca depan mobil adalah salah satu hal yang ditakuti pemilik mobil. Jika dibiarkan tanpa pengawasan, akhirnya dapat meluas menjadi retakan yang menyebar lebih besar dan lebih jauh di kaca depan.

Pertanyaannya adalah, Apa perbedaan perbaikan dengan penggantian kaca depan?

Bagaimana Anda tahu kapan kerusakan itu bisa diperbaiki, atau kapan seluruh kaca depan perlu diganti?

Mari kita mulai dengan melihat bagaimana kaca depan dibuat.

Tiga lapisan di kaca mobil

Kaca depan terdiri dari tiga lapisan: dua lembar kaca biasa dengan lapisan plastik bagian dalam (PolyVinyl Butyral – PVB) di antaranya. Lapisan laminasi ini menahan kaca luar yang pecah bersama-sama jika terjadi kecelakaan, melindungi penumpang mobil dari pecahan kaca yang berbahaya.

Biasanya, ketika batu atau puing-puing menggores kaca depan, kerusakannya tidak melalui ketiga lapisan tersebut. Itu membuat perbaikan kecil jauh lebih mudah.

Menilai kerusakan sebelum melakukan perbaikan atau penggantian kaca depan

kaca depan mobil yang perlu perbaikan atau penggantian
Retakan atau pecahan pada kaca depan mobil

Untungnya, sebagian besar pecahan dan retakan kecil dapat diperbaiki tanpa perlu melakukan penggantian kaca mobil. Saat menilai kerusakan, penting untuk mempertimbangkan empat faktor:

  • Jenis
  • Ukuran
  • Kedalaman
  • Lokasi

Perbedaan perbaikan dengan penggantian kaca depan menurut Jenis retakan

Ada banyak jenis retakan, tergantung pada apa yang menyebabkan kerusakan dan kecepatan terjadinya.

Beberapa dapat diperbaiki, yang lain tidak.

Retakan melingkar

Retakan melingkar ini memiliki celah tengah yang bersih dan biasanya terjadi ketika benda bulat (misalnya batu) mengenai kaca depan. Jika diperbaiki tepat waktu, mudah untuk memperbaiki retakan melingkar ini, dan biasanya tidak memerlukan penggantian kaca depan yang lengkap.

Retakan bulan sabit

Pecahan ini setengah tepat sasaran seperti halnya bulan sabit, sering kali memiliki tepi yang tumpul, dan mudah diperbaiki.

Retakan Tepi Kaca

Retak tepi adalah yang paling umum. Mereka mulai dekat dengan tepi kaca depan dan cenderung bergerak ke dalam dari waktu ke waktu. Kaca depan perlu diganti jika kerusakannya rata dengan bingkai atau lebih panjang dari beberapa inci.

Retakan menyebar

Retakan menyebar cenderung terjadi di bagian tengah kaca depan dan sering kali menghalangi pandangan pengemudi. Garis retak menyebar dengan cepat dan biasanya membutuhkan penggantian kaca depan total.

Retakan bintang

Retakan ini dimulai dengan lubang tumbukan dengan satu atau dua retakan kecil mengarah ke luar. cenderung tumbuh dan menyebar. Itu mudah diperbaiki, sementara bintangnya kecil dan bebas puing.

Retakan kombinasi

Istilah kombinasi sebagian besar disebabkan oleh kerusakan serius, seperti kecelakaan atau benturan keras (misalnya, batu dan ranting jatuh). Karena banyaknya pecahan dan retakan, mengganti kaca depan adalah pilihan yang paling baik.

Perbedaan perbaikan dengan penggantian kaca depan dari Ukuran retakan

Umumnya semua teknisi akan menilainya dari ukuran kerusakan , kerusakan yang berdiameter kurang dari 1 inci (atau seukuran uang logam ), dan tidak lebih dari 3 inci.

Perbedaan perbaikan dengan penggantian kaca depan menurut Kedalaman retakan

Jika serpihan atau retakan telah melewati ketiga lapisan kaca, kemungkinan itu tidak dapat diperbaiki. Meski hanya lubang kecil, itu akan menjadi area kelemahan yang menggerogoti kekuatan seluruh kaca depan.

Perbedaan perbaikan dengan penggantian kaca depan tergantung Lokasi retakan

Pecahan dan retakan pada pandangan pengemudi memerlukan penggantian kaca depan yang lengkap. Tidak peduli seberapa bagus pekerjaan perbaikannya, mungkin masih ada kabut, perubahan warna, atau tidak rata yang dapat mengalihkan perhatian pengemudi. Ini juga akan mengakibatkan kegagalan MOT – sesuatu yang tentunya tidak Anda butuh kan.

Kerusakan di dekat tepi kaca depan (tempat bertemu dengan rangka logam) juga merupakan pertimbangan penting. Bahkan retakan kecil pada posisi ini akan melemahkan integritas kaca depan dan membahayakan keselamatan Anda. Ini karena bagian dari retakan atau serpihan mungkin tidak terlihat di bawah rangka dan tidak mungkin diperbaiki dengan aman. Apa pun yang lebih dekat dari 7 cm ke tepi akan membutuhkan penggantian kaca depan.

Kami telah menyertakan info grafis di bawah ini yang merangkum perbedaan perbaikan dengan penggantian kaca depan

Perbedaan perbaikan dan penggantian kaca depan mobil
Grafik jenis retakan kaca depan

Bagaimana cara teknisi melakukan perbaikan atau penggantian kaca depan mobil?

Spesialis kaca mobil akan membersihkan area yang bermasalah dengan udara bertekanan. Debu, kelembaban, atau benda apa pun akan membahayakan integritas kaca. Mereka kemudian akan menyuntiknya dengan resin (ini bisa bertahan selamanya ). Resin yang dipanaskan cocok dengan kekuatan kaca depan mobil Anda, warna dan pembiasan cahaya dan ikatan dengan kaca di sekitarnya. Akhirnya, teknisi akan memoles kaca, dan dalam kebanyakan kasus, Anda bahkan tidak akan melihat perbedaannya

Penting untuk diketahui bahwa teknologi mobil tertentu dapat mempengaruhi perbaikan. Jika Anda memiliki salah satu dari yang berikut ini, kaca depan mungkin perlu diganti seluruhnya

  • Kaca depan berpemanas

Bisakah Perbaikan atau penggantian kaca depan ditunda?

Ada banyak alasan mengapa Anda harus memperbaiki pecahan dan retakan kaca depan sesegera mungkin.

Retakan memanjang lebih cepat dari yang Anda kira. Suatu hari Anda memiliki retakan kecil, dan selanjutnya, ada retakan panjang di sepanjang kaca depan Anda. Ini bisa berarti perbedaan antara perbaikan retakan yang terjangkau dan penggantian kaca yang mahal.

Selain itu, debu dan kelembapan mengendap di sudut dan celah retakan dari waktu ke waktu dan menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

Terakhir, dan yang paling penting, kaca depan yang terkelupas atau retak adalah masalah keamanan. Bahkan ketidaksempurnaan kecil membahayakan integritas kaca.

Pertimbangan MOT perbaikan dan penggantian kaca depan

Kaca depan yang retak atau pecah dapat mengakibatkan kegagalan MOT instan. Hal ini tergantung terutama pada posisi dan tingkat kerusakan.

Untuk tujuan MOT, penting untuk membedakan antara zona yang berbeda dari kaca depan.

Zona A adalah bagian lebar 290mm tepat di depan pengemudi (sejajar dengan roda kemudi). Tidak ada kerusakan yang diperbolehkan di area ini. Beberapa mengatakan Anda dapat mencoba untuk lolos dengan pecahan kecil hingga 10mm besar, bahkan ini sering mengakibatkan kegagalan MOT.

Zona B adalah bagian yang tersisa di sisi pengemudi. Anda dapat melihat seberapa jauh ini meluas dengan memasang wiper kaca depan – area yang disapu wiper adalah zona B. Kerusakan hingga lebar 15mm (seukuran koin ) diperbolehkan di zona ini.

Zona C terdiri dari area sapuan wiper di sisi penumpang. Kerusakan di sini bisa meluas hingga 25mm.

Zona D mencakup sisa kaca depan. Pecahan hingga 40mm diperbolehkan, tetapi yang lebih besar, dan Anda harus mengganti kaca depan untuk memastikan lintasan yang layak jalan.

Perbedaan perbaikan dengan penggantian kaca depan:

Fakta penting

  • Penggantian kaca depan lebih mahal dan membutuhkan waktu lebih lama daripada perbaikan kaca depan.
  • Sebagian besar pecahan dan retakan kecil membutuhkan waktu kurang dari satu jam untuk diperbaiki. Penggantian kaca depan membutuhkan waktu beberapa jam.
  • Ingat, kuncinya adalah memilah celah itu sesegera mungkin. Semakin lama Anda membiarkannya, semakin tinggi kemungkinan kerusakan menyebar dan membutuhkan penggantian kaca depan penuh.
  • Kaca depan bertanggung jawab atas sekitar 30% integritas struktural mobil. Jika tidak dipasang dengan benar, atau yang memiliki terlalu banyak pekerjaan perbaikan yang buruk, dapat berakibat berbahaya jika terjadi kecelakaan.
  • Ini adalah komponen penting dari teknologi airbag. Kaca mobil yang lemah, rusak, atau tidak terpasang dengan benar dapat terlepas saat airbag mengembang. Kemudian akan mengembang di atas dasbor alih-alih melindungi penumpang.
  • Jika Anda telah memperbaiki pecahan di kaca depan Anda lebih dari delapan kali, Anda memerlukan penggantian kaca depan total.

5/5 - (6 votes)
Perbedaan perbaikan dengan penggantian kaca depan

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top