+62 81246326133 info@car-glass.co.id
Kaca Mobil Retak, Perlu Perbaiki atau Ganti?

Ditulis Anton Prabowo

 

Kaca film Blog cover

Kaca mobil retak begitu saja? Lantas, anda sekarang bingung harus memperbaiki kaca mobil yang retak atau menggantinya dengan yang baru.

Benda keras yang terbentur ke kaca depan mobil adalah salah satu hal yang ditakuti pemilik mobil.

Jika dibiarkan tanpa pengawasan, akhirnya dapat meluas menjadi retakan yang menyebar lebih besar dan lebih jauh di kaca depan.an

Pertanyaannya adalah, apa perbedaan antara memperbaiki kaca mobil retak dan menganti kaca mobil?

Bagaimana anda tahu kapan kerusakan itu bisa diperbaiki, atau kapan seluruh kaca depan perlu diganti?

Mari kita mulai dengan melihat bagaimana kaca mobil dibuat.

Jenis lapisan kaca mobil

 

Kaca depan terdiri dari tiga lapisan: dua lembar kaca biasa dengan lapisan plastik bagian dalam (PolyVinyl Butyral – PVB) di antaranya.

Ada laminated glass dan tempered glass. Lapisan laminasi ini menahan kaca interior bagian luar yang pecah bersama-sama jika terjadi kecelakaan, melindungi penumpang mobil dari pecahan kaca yang berbahaya.

Batu atau puing-puing dapat menggores kaca mobil atau menembus kaca interior yang mana kerusakannya tidak melalui ketiga lapisan tersebut.

Itu perlu memperbaiki kaca mobil retak akan dirasa lebih mudah. Namun tetap perlu perawatan kaca retak pada teknisi ahli.

Ada juga tempered glass. Tempered glass adalah kaca yang tahan pecah. Lebih tahan ketimbang laminated glass. Hal ini yang membuatjenis kaca ini tidak mudah tembus.

Jenis kerusakan pada kaca retak

 

Ilustrasi di atas adalah gambar kaca tetak hingga pecah, jika dibiarkan tangan kena kaca pecah yang membahayakan.

Untungnya, sebagian besar pecahan dan retakan kecil bisa ditangani dengan repair kaca mobil retak tanpa perlu melakukan penggantian kaca mobil.

Saat menilai kerusakan, penting untuk mempertimbangkan empat faktor:

 

  • Jenis
  • Ukuran
  • Kedalaman
  • Lokasi

Perbedaan perbaikan kaca mobil dengan penggantian menurut jenis retakan kaca

Ada banyak jenis retakan, tergantung pada apa yang menyebabkan kerusakan dan kecepatan terjadinya.

Beberapa dapat diperbaiki, tetapi yang lainnya perlu penggantian karena ada keretakan yang bisa menembus kaca interior.

Umumnya, keretakan kaca kurang dari 14 inci bisa diperbaiki sendiri misalnya dengan menggunakan selotip atau cairan resin agar debu pasir tanah dan kotoran tidak masuk ke dalamnya.

Namun, hal ini hanya boleh dilakukan oleh yang berpengalaman atau hanya untuk menunggu teknisi datang. 

Jangan asal mengaplikasikan cairan resin pada keretakan kaca kurang atau lebih dari 14 inci terutama pada lapisan film karena bisa mengganggu proses repair kaca mobil retak sang teknisi.

Perlu diperhatikan, carian resin mengeras pada lapisan film bisa membuatnya sulit diperbaiki. Biasanya kalau resin mengeras pada lapisan film yang sudah dibiarkan selama tiga sampai empat jam. Maka hasilnya keretakan akan mengecil. 

Namun tetap perlu menghubungi bengkel kaca mobil untuk lakukan pengeboran atau reparasi kaca mobil agar pasir tanah dan kotoran tidak banyak masuk dalam kaca.

Retakan kaca melingkar

Retakan melingkar ini memiliki celah tengah yang bersih dan biasanya terjadi ketika benda bulat (misalnya batu) mengenai kaca depan.

Jika diperbaiki tepat waktu, mudah untuk memperbaiki retakan melingkar ini, dan biasanya tidak memerlukan ganti kaca mobil yang retak secara lengkap.

Anda bisa dengan melakukan bersihkan kaca retak pada kaca interior bagian luar, namun anda tetap perlu mengonsultasikannya pada teknisi ahli.

Retakan kaca bulan sabit

Pecahan ini setengah tepat sasaran seperti halnya bulan sabit, sering kali memiliki tepi yang tumpul, dan mudah diperbaiki.

Namun kamu perlu melakukan reparasi kaca mobil retak dengan segera agar pasir tanah dan kotoran tidak masuk ke dalam retakan.

Retakan kaca tepi kaca

Kaca mobil retak tepi merupakan yang paling umum terjadi. Kalau sudah begini, kadang mengaplikasikan lem kaca mobil saja sudah tidak membantu. Perlu bantuan teknisi untuk memperbaikinya agar keretakkan tidak semakin meluas.

Mereka mulai dekat dengan tepi kaca depan dan cenderung bergerak ke dalam dari waktu ke waktu.

Kaca mobil bagian depan perlu diganti jika kerusakannya rata dengan bingkai atau lebih panjang dari beberapa inci.

Retakan kaca menyebar

Keretakan kaca bisa menyebar cenderung terjadi di bagian tengah kaca depan dan sering kali menghalangi pandangan pengemudi.

Garis retak menyebar dengan cepat dan biasanya membutuhkan penggantian kaca mobil retak secara total.

Retakan bintang

Retakan ini dimulai dengan lubang tumbukan dengan satu atau dua retakan kecil mengarah ke luar. cenderung tumbuh dan menyebar.

Itu mudah diperbaiki, sementara bintangnya kecil dan bebas puing.

Retakan kombinasi

Istilah kombinasi sebagian besar disebabkan oleh kerusakan serius, seperti kecelakaan atau benturan keras (misalnya, batu dan ranting jatuh).

Karena banyaknya pecahan dan keretakan kaca, ganti kaca mobil retak adalah pilihan yang paling baik.

Perbedaan perbaikan dan penggantian kaca depan mobil

Perbedaan perbaikan dengan penggantian kaca mobil retak dari ukurannya

Umumnya semua teknisi akan menilainya dari ukuran kerusakana pada kaca mobil yang retak. Jika kerusakan yang berdiameter kurang dari 1 inci (atau seukuran uang logam), dan tidak lebih dari 3 inci.

Beda memperbaiki dengan ganti kaca mobil menurut Kedalaman retakan

Jika serpihan atau retakan telah melewati ketiga lapisan kaca mobil, kemungkinan itu tidak dapat diperbaiki.

Meski hanya lubang kecil, itu akan menjadi area kelemahan yang menggerogoti kekuatan hingga seluruh kaca mobil retak.

Perbedaan perbaikan dengan penggantian kaca depan tergantung Lokasi retakan

Pecahan dan retakan pada pandangan pengemudi memerlukan layanan ganti kaca mobil depan yang lengkap.

Tidak peduli seberapa bagus pekerjaan untuk memperbaiki kaca mobil retak, mungkin masih ada kabut, perubahan warna, atau tidak rata yang dapat mengalihkan perhatian pengemudi. 

Syarat kaca mobil retak di dekat tepi kaca depan (menggores bagian rangka kendaraan yang terbuat dari logam) juga merupakan pertimbangan penting.

Bahkan retakan kecil pada posisi ini akan melemahkan integritas kaca mobil dan membahayakan keselamatan anda.

Ini karena bagian dari retakan atau serpihan mungkin tidak terlihat di bawah rangka dan tidak mungkin diperbaiki dengan aman.

Apa pun yang lebih dekat dari 7 cm ke tepi akan butuh untuk ganti kaca mobil.

Bagaimana cara teknisi melakukan penggantian atau perbaikan kaca?

Bengkel kaca mobil akan melakukan bersihkan kaca area yang bermasalah dengan udara bertekanan. Debu pasir tanah, kelembaban, atau benda apa pun akan membahayakan integritas kaca.

Mereka kemudian akan menyuntiknya dengan resin (ini bisa bertahan selamanya ). Resin yang dipanaskan cocok dengan kekuatan kaca depan anda, warna dan pembiasan cahaya dan ikatan dengan kaca di sekitarnya. Akhirnya, teknisi akan memoles kaca, dan dalam kebanyakan kasus, anda bahkan tidak akan melihat perbedaannya

Penting untuk diketahui bahwa teknologi mobil tertentu dapat memengrahui saat memperbaiki kaca mobil retak.

Jika anda memiliki salah satu dari yang berikut ini, kaca depan mungkin perlu diganti seluruhnya.

  • Kaca mobil bagian depan dengan pemanas

Dalam beberapa artikel, menyebutkan ada proses pemerataan saat akan memperbaiki kaca mobil. Yaitu dengan cara memasukkan cairan resin ke dala retakan. 

Sebetulnya cara memperbaiki kaca mobil menggunakan resin ke dalam retakan bisa saja dilakukan hanya saja oleh teknisi berpengalaman. 

Umumnya, cara perbaiki retakan kurang dari 14 inci ini bisa dilakukan selama 30-40 menit. Hanya sampai cairan resin mengeras. 

Namun sebelum anda bergegas membeli cairan resin untuk digunakan ke dalam retakan kurang dari 14 inci. Anda tetap perlu mengonsultasikannya pada yang ahli. 

Pasalnya, jika tidak mengonsultasikan pada teknisi yang hali, cairan resin ke dalam retakan kurang dari 14 inci bisa menembus kaca interior.

Tentu saja, perlakuan tidak benar pada resin mengeras bisa mengganggu proses pemerataan atau perbaikan kaca mobil bisa membuat hasilnya tidak sesuai yang diharapkan.

Bisakah perbaikan atau penggantian kaca mobil retak ditunda?

 

Ada banyak alasan mengapa anda harus memperbaiki kaca mobil retak dan pecahan kaca depan sesegera mungkin.

Retakan memanjang lebih cepat dari yang anda kira. Suatu hari anda memiliki retakan kecil, dan selanjutnya, ada retakan panjang di sepanjang kaca depan anda. Ini bisa berarti perbedaan antara memperbaiki kaca mobil retak yang terjangkau dan ganti kaca yang mahal.

Selain itu, debu pasir tanah dan kelembapan mengendap di sudut dan celah pada bagian kaca mobil retak dari waktu ke waktu dan menyebabkan kerusakan lebih lanjut.

Terakhir, dan yang paling penting, syarat kaca mobil retak harus cepat ditangani adalah karena masalah keamanan. Bahkan ketidaksempurnaan kecil membahayakan integritas kaca.

Pertimbangan MOT memperbaiki kaca mobil retak dan ganti kaca depan.

Kaca depan yang retak atau pecah dapat mengakibatkan kegagalan MOT instan. Hal ini tergantung terutama pada posisi dan tingkat kerusakan.

Untuk tujuan MOT, penting untuk membedakan antara zona yang berbeda dari kaca mobil.

Zona A adalah bagian lebar 290mm tepat di depan pengemudi (sejajar dengan roda kemudi).

Tidak ada kerusakan yang diperbolehkan di area ini. Beberapa mengatakan anda dapat mencoba untuk lolos dengan pecahan kecil hingga 10mm besar, bahkan ini sering mengakibatkan kegagalan MOT.

Zona B adalah bagian yang tersisa di sisi pengemudi. anda dapat melihat seberapa jauh ini meluas dengan memasang wiper kaca depan – area yang disapu wiper adalah zona B.

Kerusakan hingga lebar 15mm (seukuran koin ) diperbolehkan di zona ini.

Zona C terdiri dari area sapuan wiper di sisi penumpang. Kerusakan di sini bisa meluas hingga 25mm.

Zona D mencakup sisa kaca depan.

Pecahan hingga 40mm diperbolehkan, tetapi yang lebih besar, dan Anda harus ganti kaca depan untuk memastikan lintasan yang layak jalan.

Untuk penggantian, sebaiknya kamu melakukannya para teknisi profesional dengan layanan harga kaca mobil depan yang terjangkau.

Percayakan pada kami dalam hal pemasangan karena biaya bersaing, suku cadang produk lengkap dan terbaru, serta garansi pemasangan selama satu tahu.

Ringkasan seputar perbaikan dengan ganti kaca mobil

  • Penggantian kaca depan lebih mahal dan membutuhkan waktu lebih lama daripada memperbaiki kaca mobil retak.
  • Sebagian besar pecahan dan retakan kecil membutuhkan waktu kurang dari satu jam untuk diperbaiki. Mengganti kaca depan membutuhkan waktu beberapa jam.
  • Ingat, kuncinya adalah memilah celah itu sesegera mungkin. Semakin lama anda membiarkannya, semakin tinggi kemungkinan kerusakan menyebar dan membutuhkan penggantian kaca depan penuh.
  • Kaca mobil memiliki fungsi seperti bertanggung jawab atas sekitar 30% integritas struktural mobil. Jika tidak dipasang dengan benar, atau yang memiliki terlalu banyak pekerjaan untuk memperbaiki kaca mobil retak, dapat berakibat berbahaya jika terjadi kecelakaan.
  • Ini adalah komponen penting dari teknologi airbag. Kaca mobil retak yang lemah, rusak, atau tidak terpasang dengan benar dapat terlepas saat airbag mengembang. Kemudian akan mengembang di atas dasbor alih-alih melindungi penumpang.

  • Jika Anda telah memperbaiki pecahan di kaca mobil retak anda lebih dari delapan kali, memerlukan penggantian kaca mobil secara total.
February 23, 2024
Anton Prabowo

Anton Prabowo

Anton merupakan seorang teknisi di bidang instalasi kaca mobil. Ia juga memiliki ketertarikan dalam dunia kepenulisan pada topik otomotif. Saat ini, dia sudah menulis hampir 30 artikel dan terus berkomitmen untuk menulis terkait pengalaman dan pengetahuannya terkait kaca mobil.

Related Articles

Apa itu Windscreen Pillar?

Apa itu Windscreen Pillar?

 Pernahkah Anda mendengar istilah "rumah kaca" dalam konteks desain otomotif? Rumah kaca mengacu pada semua elemen kaca pada desain mobil, yang meliputi kaca depan, kaca belakang, kaca samping, dan terkadang sunroof, jika ada. Istilah ini menekankan pada bagian...

Highlight Review Pelanggan (12)

Highlight Review Pelanggan (12)

Di minggu terakhir bulan Maret ini, kami mendapatkan beberapa highlight review pelanggan yang sangat positif mengenai layanan kaca mobil untuk Honda Stream, Mitsubishi Outlander, dan VW Tiguan. Para pelanggan di Car Glass Indonesia merasa sangat puas dengan kualitas...

7 Tips Pilih Bengkel Kaca Mobil Terdekat dan Terpercaya

7 Tips Pilih Bengkel Kaca Mobil Terdekat dan Terpercaya

Dalam pilih bengkel kaca mobil terdekat tidak boleh sembarangan. Anda harus banyak melakukan pemeriksaan untuk dapat memilih mana yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan demi  keamanan dan kenyamanan saat berkendara.  Namun, memilih toko kaca terdekat sering kali...

0 Comments
5/5 - (11 votes)

Cari Penggantian Kaca Mobil?

Mohon bantu untuk lengkapi informasi dibawah ini dan kami akan membantu pengecheckan kaca yang sesuai dengan kendaraan anda juga memberikan penawaran harga yang tepat.

Terimakasih sudah melengkapi, tim Car Glass sudah menerima pesan dan akan membalas pesan anda.

Open chat
WhatsApp Kami