Ketahui Seputar Lem Kaca Mobil

Lem kaca mobil merupakan salah satu produk penting yang wajib diketahui pengendara saat akan melakukan perawatan pada kaca depan mobil.

Sebelum berangkat ke toko kaca terdekat untuk melakukan penggantian, ada baiknya anda mengetahui seputar lem kaca mobil termasuk perbedaanya dengan sealant atau pelipit.

Simak penjelasan seputar lem kaca mobil sebelum mendapatkan daftar rekomendasi lem kaca dari teknisi pemasangan kaca kendaraan anda.

Apa itu lem kaca mobil?

Lem kaca mobil atau dalam bahasa inggris disebut dengan adhesive. Mungkin sebagian pengguna kendaraan roda empat pernah salah menyebutkan lem kaca dengan sealant. 

Lem kaca mobil adalah perekat kaca yang menempelkan dua benda seperti kaca depan mobil dan logam atau bodi mobil. 

Sementara sealant adalah bahan dengan material karet yang berbentuk lapisan atau pelipit yang berguna untuk menahan air masuk ke dalam mobil. 

Tujuan dari penggunaan produk lem kaca mobil adalah untuk menahan atau menempekan kaca depan mobil agar bisa memberikan keselamatan saat di jalan. 

Seperti yang anda tahu, kaca depan mobil memiliki fungsi penting untuk melindungi pengendara dan pengemudi dari kecelakaan. 

Anda perlu melihat banyak pilihan terkait pencarian lem kaca mobil terbaik karena untuk merekatkan laminated glass dan bodi mobil. 

Jadi, jangan mudah tergiur dengan harga lem kaca mobil yang murah karena anda harus melihat dari sisi tahan, kuat, dan kualitas yang diberikan.

Tentu saja, ada harga ada kualitas yang sesuai dengan uang yang dibayarkan.

Ganti kaca depan mobil
Ilustrasi pemasangan kaca depan mobil

Jenis lem kaca mobil

Ada banyak daftar merk lem kaca mobil bagus yang bisa anda pilih. Anda bisa memilihnya berdasarkan pencarian seputar material atau harga yang dibutuhkan. 

Namun, anda perlu mengetahui seputar jenis lem sebelum membelinya.

  1. Silicon

Jenis lem kaca yang satu ini punya material non-organik dan bersifat korosi dengan ketahanan sinar UV yang tinggi. Namun punya ketahanan suhu dan kelembaban yang rendah. 

Namun jenis lem ini jarang digunakan karena bisa menyebabkan bodi mobil mudah karat. 

  1. Polyurethane

Jenis lem kaca mobil yang satu ini digunakan di semua pabrikan kendaraan lokasl maupun internasional. Terbuat dari material organik yang tidak bersifat korosi. 

Selain itu daya tahan suhu terhadap kelembabannya juga cukup tinggi. Dibanding silicon, Polyurethane hanya memecahkan kaca tanpa melepaskan kaca mobil dari bodi sehingga aman untuk pengendara. 

Carglass Indonesia menggunakan jenis lem kaca mobil yang bagus Polyurethane merek XYG glue original yang terkenal berkualitas baik.

Kami lebih mengedepankan keselamatan para pelanggang dengan memberikan produk dan kualitas terbaik saat pemasangan sehingga sebanding dengan harga yang dikeluarkan.

Mengapa harus memilih lem kaca mobil berkualitas?

Seperti yang disebutkan sebelumnya, harga lem kaca mobil yang bagus pasti sebanding dengan kualitas yang diberikan. Itulah pentingnya memilih lem kaca berkualitas. 

Pasalnya, hal tersebut terkait dengan kenyamanan maksimal yang diberikan dari penggunaan produk tersebut. Jika lem kaca yang dipilih berkualitas baik maka antara kaca depan dan kerangka mobil akan merekat kuat. 

Sebaliknya, jika lem kaca mobil tidak bagus maka bagian depan bisa tiba-tiba lepas dan bisa membuat airbag di dalamnya menjadi menggebung ke depan saat terjadi kecelakaan.

Selain itu, kaca depan mobil yang merekat dengan bodi kendaraan bisa mencegah anda terpental keluar mobil, membantu penyebaran airbag yang tepat pada penumpang, serta meminimalisir atap mobil yang runtuh. 

Memilih harga lyang murah justru bisa membuat lem kaca pecah dengan mudah dan menjadi tidak aman untuk dikendarai.

Tidak ada salahnya untuk mengeluarkan uang lebih banyak untuk membeli produk kaca lem mobil untuk menghindarinya retak atau tidak tahan dan melekat.

Pilih layanan pemasangan kaca mobil profesional 

Pertama, cari dan baca rekomendasi seputar layanan ganti kaca depan mobil. Pastikan kamu memilih Car Glass Indonesia karena jelas memiliki teknisi profesional yang tersebar di beberapa kota besar Indonesia. Seperti Jakarta, Denpasar, dan Bandung. 

Kami juga memiliki suku cadang kaca mobil terbaru dengan teknisi yang memiliki kaca lem mobil terbaik. Teknisi kami biasa menggunakan lem kaca mobil merk XYG original yang terkenal punya kualitas terbaik.

Proses melekatkan lem kaca mobil hanya boleh dilakukan oleh teknisi profesional karena perlu pengetahui khusus dan pengalaman terkait penggantian kaca depan mobil agar hasilnya presisi.

Biasanya, sebelum teknisi kami mengaplikasikan lem kaca mobil, mereka memastikan terleih dahulu air dan kotoran sudah hilang sebelum kaca lem dioleskan. 

Hal tersebut, tentu saja membuat lem kaca merekat dengan baik. Jika proses membersihkan kaca depan mobil tidak maksima maka lem kaca pecah dan membuat kaca mobil terlepas. 

Toko kaca mobil lem yang baik biasanya akan menyarankan untuk tidak melakukan pemasangan atau pencopotan sealant kaca mobil sebelum waktu yang disarankan. Ini agar perekat bisa mengering dan mengeras sesuai dengan kebutuhan. 

Anda bisa mencari toko kaca mobil lem terdekat yang menggunakan polyurethane terbaik. Beberapa, bengkel kaca mobil ada yang menawarkan kaca mobil lem berkualitas rendah atau sealant murah hanya untuk menghemat beberapa rupiah.

Namun, hasilnya bisa membuat material kaca mobil retak lebih cepat dari yang anda duga.

Apa yang terjadi jika tidak memperbaiki lem kaca mobil retak?

Lem kaca mobil retak atau tidak melekat dengan baik antara kaca depan mobil dengan bodi kendaraan bisa menyebabkan tiga hal. 

  1. Menyebabkan kaca mobil copot 

Kaca depan mobil yang tidak direkatkan dengan baik bisa membuatnya copot atau melorot. Hal ini karena lem kaca pecah pada kendaraan yang tidak diaplikasikan dengan baik. 

Tentu saja, ini merugikan pemilik mobil karena bisa membuat kebocoran air atau suara bising di dalam kendaraan. 

kebocoran air di dalam mobil
Ilustrasi kebocoran air di dalam mobil.
  1. Kebocoran kaca depan mobi

Akibat menggunakan lem kaca pecah dan tidak menggantinya dengan segera adalah kebocoran. 

Tentu saja, kalau sudah begitu anda harus mengeluarkan uang lebih untuk melakukan penggantian. Kalau kebocoran air dibiarkan begitu saja, bisa merusak elektronik di dalam mobil. 

Bukan hanya bisa merusak elektronik, kebocoran juga bisa menyebabkan tumbuhnya jamur kaca mobil yang bisa menyebabkan bodi kendaraan menjadi berkarat.

  1. Serabut lem yang mengganggu 

Lem kaca mobil retak atau tidak melekat dengan baik akan terkelupas sehingga menyebabkan serabut berantakan dan menyebar ke bodi kendaraan. Tentu saja, ini bisa mengganggu penglihatan atau merusak tampilan kendaraanmu.

Dari penjelasan seputar jenis lem kaca mobil yang bagus dan alasan mengapa harus menggunakan lem berkualitas. Sekarang, anda bisa menentukan sendiri toko kaca terdekat untuk melakukan penggantian kaca depan mobil. 

Percayakan pada kami untuk memberikan layanan instalasi ganti dan pasang kaca dengan pemesanan secara online. Kami berikan garansi pemasangan selama satu tahun untuk memastikan semuanya aman dan baik-baik saja. 

5/5 - (11 votes)
Ketahui Seputar Lem Kaca Mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Scroll to top