+62 81246326133 info@car-glass.co.id
Apa itu Windscreen Pillar?

Ditulis Anton Prabowo

 

Pernahkah Anda mendengar istilah “rumah kaca” dalam konteks desain otomotif? Rumah kaca mengacu pada semua elemen kaca pada desain mobil, yang meliputi kaca depan, kaca belakang, kaca samping, dan terkadang sunroof, jika ada.

Istilah ini menekankan pada bagian kendaraan yang terbuat dari kaca dan merupakan aspek penting dari desain mobil karena beberapa alasan, termasuk visibilitas, estetika, dan integritas struktural.

Beralih dari rumah kaca, aspek yang sama pentingnya dari desain otomotif yang patut mendapat perhatian adalah struktur yang dikenal sebagai pilar mobil.

Pilar Windscreen Mobil

Pengenalan Pilar Mobil dan Windscreen Pillar

 

Pilar mobil, komponen struktur kendaraan yang sering diabaikan, memainkan peran penting dalam keselamatan dan estetika mobil Anda.

Pilar A, B, C, dan bahkan D adalah penyangga vertikal rumah kaca mobil, yang membingkai kaca depan, pintu, jendela samping, dan jendela belakang.

Pilar-pilar ini memainkan peran penting dalam keseluruhan struktur dan keselamatan mobil, terutama jika terjadi kecelakaan terguling, di mana pilar-pilar ini membantu menjaga integritas ruang kabin.

Mengintegrasikan pilar-pilar ini dengan komponen rumah kaca merupakan keseimbangan yang rumit antara bentuk dan fungsi. Para perancang bertujuan untuk memaksimalkan visibilitas dan cahaya di dalam kabin, meningkatkan pengalaman berkendara dan keselamatan sekaligus memastikan integritas struktural, aerodinamika, dan efisiensi kendaraan.

    Tipe-tipe Pilar Mobil

     

    Pilar-A

    Rangka kaca depan dan membentang dari kap mobil hingga ke atap. Pilar A sangat penting untuk menopang atap dan berperan penting dalam visibilitas ke depan. Para perancang berupaya membuat pilar-A seramping mungkin untuk meminimalkan blind-spot namun cukup kuat untuk menopang struktur kendaraan.

    Pilar-B

    Dalam desain di mana rumah kaca menekankan keterbukaan dan visibilitas, pilar-B dapat diminimalkan atau disembunyikan, yang menghadirkan tantangan dalam menjaga integritas dan keamanan struktural. Pilar-pilar ini memberikan penopang struktural dan merupakan bagian integral dari kerangka keselamatan, terutama perlindungan dari benturan samping.

    Pilar-C

    Terletak di bagian belakang kendaraan, membingkai sisi jendela belakang. Desain pilar-C mempengaruhi visibilitas belakang dan aerodinamika kendaraan. Pada beberapa desain, terutama pada hatchback dan SUV, pilar-C bisa sangat luas, yang dapat mempengaruhi visibilitas ke belakang, tetapi memberikan dukungan struktural dengan menopang bagian belakang atap dan mempengaruhi desain dan aerodinamika kendaraan.

    Pilar-D

    Ditemukan pada kendaraan yang lebih besar seperti SUV atau model Estate, pilar-D adalah penyangga vertikal terakhir di bagian belakang, yang membingkai jendela belakang atau jendela belakang. Pilar D berperan dalam keseluruhan stabilitas dan keamanan kendaraan yang lebih besar ini, berkontribusi pada kekokohan bagian belakang kendaraan.

    Bahan dan Desain

    Produsen menggunakan kombinasi bahan baja dan aluminium berkualitas tinggi untuk membuat pilar kaca depan, dengan menyeimbangkan kekuatan, berat, dan biaya. Desain dan ketebalan pilar ini telah berevolusi, dengan kendaraan modern yang sering menampilkan pilar yang lebih tipis untuk meningkatkan visibilitas tanpa mengorbankan keselamatan.

    Tipe-tipe Pilar Mobil

    Pilar Kaca Depan dan Keamanan Kendaraan

    Pilar-pilar kendaraan Anda sangat penting dalam menjaga integritas struktural dan meningkatkan fitur keselamatan mobil modern. Komponen-komponen ini melakukan lebih dari sekadar menopang atap.

    Dampak Jarak Pandang

    Meskipun penting untuk keselamatan, pilar yang tebal dapat menimbulkan blind-spot bagi pengemudi, yang berdampak pada visibilitas. Produsen mobil terus mencari cara untuk mendesain pilar yang memberikan dukungan struktural sekaligus meminimalkan blind-spot ini.

    Peran dalam Perlindungan Tabrakan

    Dalam tabrakan, pilar kaca depan menyerap dan mendistribusikan kekuatan benturan, melindungi kabin dari kerusakan dan membantu mencegah atap hancur saat terguling.

    Integrasi Teknologi dalam Pilar

    Pilar kaca depan saat ini bukan hanya elemen struktural pasif, tetapi semakin terintegrasi dengan teknologi canggih. Pilar-pilar tersebut dapat menjadi tempat sensor untuk Advanced Driver Assistance Systems (ADAS), seperti deteksi blind-spot, dan air-bag yang dirancang untuk mengembang dari pilar pada tabrakan.

    Pemeliharaan dan Pemeriksaan

    Pemeriksaan berkala pada pilar kaca depan sangat penting untuk mengidentifikasi tanda-tanda karat atau kerusakan sejak dini.

    Serpihan aspal pada kaca depan; pilar Anda juga memiliki risiko yang sama. Setiap risiko terhadap integritasnya dapat berdampak signifikan terhadap performa keselamatan kendaraan.

    Masalah Umum dan Solusi

    Masalah umum pada pilar kaca depan termasuk korosi, terutama pada kendaraan yang lebih tua atau yang sering terpapar pada kondisi cuaca ekstrim.

    Solusinya adalah melakukan perawatan karat yang cepat, atau dalam kasus yang parah, diperlukan pemeriksaan menyeluruh untuk menilai kerusakan struktural.

    Jika dibiarkan, korosi akan menyebar ke area yang tertutup kaca depan, sehingga sulit terlihat dari luar. Karena alasan ini, garansi 1 tahun kami akan dibatalkan jika terdapat sejumlah besar karat pada rangka kaca depan.

    Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan penggantian dalam dua tahap. 

    Pertama, lepaskan kaca depan, kemudian panggil spesialis bodi mobil untuk menghilangkan karatnya, diikuti oleh teknisi kaca mobil yang ahli untuk memasang kaca yang baru.

    Pendekatan ini akan membuat penggantian menjadi lebih mahal, tetapi dengan cara ini, Anda memperpanjang umur mobil Anda dan menghindari kebocoran di kemudian hari.

    kaca depan termasuk korosi

    Memilih Kaca Pengganti yang Tepat

    Saat mengganti kaca depan mobil Anda, kaca yang baru harus sesuai dengan spesifikasi pabrikan, memastikannya pas dengan pilar dan mempertahankan integritas struktural dan fitur keselamatan kendaraan.

    Inilah sebabnya mengapa kami di Car Glass Indonesia selalu melakukan pemeriksaan suku cadang pada nomor VIN kendaraan Anda untuk memastikan kaca mobil yang tepat dipasang pada mobil Anda.

    April 15, 2024
    Anton Prabowo

    Anton Prabowo

    Anton merupakan seorang teknisi di bidang instalasi kaca mobil. Ia juga memiliki ketertarikan dalam dunia kepenulisan pada topik otomotif. Saat ini, dia sudah menulis hampir 30 artikel dan terus berkomitmen untuk menulis terkait pengalaman dan pengetahuannya terkait kaca mobil.

    Related Articles

    Kaca Mobil Retak, Perlu Perbaiki atau Ganti?

    Kaca Mobil Retak, Perlu Perbaiki atau Ganti?

     Kaca mobil retak begitu saja? Lantas, anda sekarang bingung harus memperbaiki kaca mobil yang retak atau menggantinya dengan yang baru. Benda keras yang terbentur ke kaca depan mobil adalah salah satu hal yang ditakuti pemilik mobil. Jika dibiarkan tanpa...

    Highlight Review Pelanggan (12)

    Highlight Review Pelanggan (12)

    Di minggu terakhir bulan Maret ini, kami mendapatkan beberapa highlight review pelanggan yang sangat positif mengenai layanan kaca mobil untuk Honda Stream, Mitsubishi Outlander, dan VW Tiguan. Para pelanggan di Car Glass Indonesia merasa sangat puas dengan kualitas...

    7 Tips Pilih Bengkel Kaca Mobil Terdekat dan Terpercaya

    7 Tips Pilih Bengkel Kaca Mobil Terdekat dan Terpercaya

    Dalam pilih bengkel kaca mobil terdekat tidak boleh sembarangan. Anda harus banyak melakukan pemeriksaan untuk dapat memilih mana yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan demi  keamanan dan kenyamanan saat berkendara.  Namun, memilih toko kaca terdekat sering kali...

    0 Comments
    Rate this post

    Cari Penggantian Kaca Mobil?

    Mohon bantu untuk lengkapi informasi dibawah ini dan kami akan membantu pengecheckan kaca yang sesuai dengan kendaraan anda juga memberikan penawaran harga yang tepat.

    Terimakasih sudah melengkapi, tim Car Glass sudah menerima pesan dan akan membalas pesan anda.

    Open chat
    WhatsApp Kami