+62 81246326133 info@car-glass.co.id
Mengetahui Nomor VIN Anda Untuk Identifikasi Kaca Mobil yang Akurat

Ditulis Anton Prabowo

Presisi sangat penting dalam pekerjaan kami sehari-hari terkait semua penggantian kaca mobil. Apakah anda memerlukan penggantian kaca depan, kaca belakang, atau layanan kaca mobil lainnya, memastikan kesesuaian yang tepat untuk kendaraan anda sangatlah penting.

Untuk mendapatkan penawaran harga penggantian, Anda mungkin perlu memberikan STNK atau Vehicle Identification Number (VIN). Anda mungkin bertanya-tanya mengapa hal ini perlu dilakukan dan mengapa mereka tidak bisa memberikan penawaran harga. 

Permintaan yang tampaknya mudah ini sangat penting untuk memastikan mobil Anda menerima penggantian kaca yang tepat dan akurat berdasarkan informasi yang diambil dari registrasi kendaraan atau nomor VIN. 

Di Car Glass Indonesia, kami telah mengembangkan solusi teknologi untuk menawarkan Anda penawaran online instan yang akurat dalam lebih dari 90% kasus. Untuk mendapatkannya, Anda harus menjawab beberapa pertanyaan secara akurat tentang fitur-fitur mobil Anda untuk model mobil yang lebih baru. 

Pertanyaan-pertanyaan ini mungkin termasuk apakah kaca mobil Anda dipanaskan, apakah memiliki sensor hujan, atau apakah kendaraan Anda memiliki fitur ADAS seperti Lane Departure Warning, dan sebagainya.

Vin nomor kaca depan

Memahami VIN Anda – Apa itu Nomor VIN?

 

Nomor Identifikasi Kendaraan (NIK) atau yang lebih dikenal sebagai “Nomor Rangka” merupakan 17 karakter alfanumerik yang tercetak di sisi tengah rangka kepala kemudi yang tertutup cover dengan tulisan VIN (Vehicle Identification Number)

Anggaplah VIN Anda sebagai kode unik mobil Anda; ini adalah kode alfanumerik 17 karakter yang berbeda yang mengungkapkan identitas kendaraan Anda, termasuk merek, model, tahun, dan tempat pembuatannya.

VIN Anda dibagi menjadi tiga bagian: World Manufacturer Identifier (WMI), Vehicle Descriptor Section (VDS), dan Vehicle Identifier Section (VIS).  

  • WMI, terdiri dari tiga karakter pertama, mewakili negara dan produsen. 
  • VDS, yang terdiri dari karakter 4 hingga 9, merinci merek, model, bodi, dan tipe mesin. 
  • Delapan karakter terakhir, VIS, merupakan keunikan dari kendaraan Anda dan berisi informasi tentang tahun, pabrik perakitan, dan nomor seri. 

Salah satu tujuan utama dari nomor VIN adalah untuk memastikan kesesuaian saat mengganti kaca mobil.   

Memeriksa VIN Anda sangat penting, terutama sebelum mengirim teknisi ke lokasi Anda untuk menyelesaikan pekerjaan, untuk menghindari kesalahan yang merugikan. 

Kami memeriksa ulang setiap pemesanan baru untuk memeriksa nomor VIN, seperti contohnya untuk di DKI Jakarta yang berplat B menggunakan aplikasi “Cek Ranmor”. Menggunakan kaca yang benar bukan hanya masalah estetika, tetapi juga untuk meningkatkan keselamatan berkendara. 

    Fungsi VIN dalam Identifikasi Kaca

     

    Produsen mobil memproduksi kendaraan dengan model dan tahun yang sama dengan fitur kaca yang sedikit berbeda, yang juga dikenal sebagai trim. Sebagai contoh, beberapa mungkin memiliki sensor hujan, sementara yang lain tidak. 

    Ketika kami melakukan pemeriksaan suku cadang dengan VIN Anda, kami dapat dengan cepat menentukan fitur-fitur yang tepat dari kaca asli mobil Anda.

     

    Memastikan Penggantian Kaca Mobil yang Tepat

    17 digit nomor unik ini berisi semua informasi spesifik tentang kendaraan Anda, termasuk jenis kaca yang tepat yang diperlukan.  

    Ini bukan hanya tentang ukuran dan bentuk. Faktor-faktor seperti warna, sensor hujan, dan elemen pemanas dapat bervariasi, tergantung pada merek, model, dan tahun mobil Anda. 

    Cara menemukan – Dimana menemukan Nomor VIN pada Mobil? 

    Menemukan nomor induk kependudukan (NIK) Anda relatif mudah. Berikut ini beberapa tempat biasa di mana Anda dapat menemukannya: 

    • Dasbor: Lokasi yang paling umum adalah di dasbor, dekat kaca depan. Biasanya terlihat dari luar mobil dan dapat dilihat melalui kaca depan.
    • Pintu Samping Pengemudi: Buka pintu samping pengemudi dan cari stiker di kusen atau tepi pintu. NIK sering kali tercetak di sana.
    • Di Bawah Kap Mobil: Beberapa kendaraan memiliki NIK yang dicap di berbagai bagian di bawah kap, seperti blok mesin atau penyangga radiator.
    • Dokumen Registrasi dan Asuransi Kendaraan: Nomor NIK Anda juga tercantum pada dokumen registrasi dan asuransi kendaraan Anda.
    • Buku Panduan Pemilik: Anda dapat menemukan nomor VIN Anda di buku panduan pemilik yang disertakan dengan mobil Anda.

     

    Ilustrasi lokasi vin
    April 29, 2024
    Anton Prabowo

    Anton Prabowo

    Anton merupakan seorang teknisi di bidang instalasi kaca mobil. Ia juga memiliki ketertarikan dalam dunia kepenulisan pada topik otomotif. Saat ini, dia sudah menulis hampir 30 artikel dan terus berkomitmen untuk menulis terkait pengalaman dan pengetahuannya terkait kaca mobil.

    Related Articles

    Apa itu Windscreen Pillar?

    Apa itu Windscreen Pillar?

     Pernahkah Anda mendengar istilah "rumah kaca" dalam konteks desain otomotif? Rumah kaca mengacu pada semua elemen kaca pada desain mobil, yang meliputi kaca depan, kaca belakang, kaca samping, dan terkadang sunroof, jika ada. Istilah ini menekankan pada bagian...

    Window Visor Pada Mobil, Apa Fungsinya?

    Window Visor Pada Mobil, Apa Fungsinya?

    Diterbitkan pada 17 september 2022Window visor merupakan bagian dari komponen atau bingkai pada kaca samping mobil yang biasa diaplikasikan pada bagian eksterior kendaraan.   Di Indonesia, window visor pada mobil merupakan komponen yang penting. Ada banyak sekali...

    Highlight Review Pelanggan (12)

    Highlight Review Pelanggan (12)

    Di minggu terakhir bulan Maret ini, kami mendapatkan beberapa highlight review pelanggan yang sangat positif mengenai layanan kaca mobil untuk Honda Stream, Mitsubishi Outlander, dan VW Tiguan. Para pelanggan di Car Glass Indonesia merasa sangat puas dengan kualitas...

    0 Comments
    Rate this post

    Cari Penggantian Kaca Mobil?

    Mohon bantu untuk lengkapi informasi dibawah ini dan kami akan membantu pengecheckan kaca yang sesuai dengan kendaraan anda juga memberikan penawaran harga yang tepat.

    Terimakasih sudah melengkapi, tim Car Glass sudah menerima pesan dan akan membalas pesan anda.

    Open chat
    WhatsApp Kami