+62 81246326133 info@car-glass.co.id

Sedang ingin mengganti kaca mobil baru? Pada saat penggantian, kamu pasti akan melihat ada sebuah kode kaca mobil di pojok. 

Kode tersebut ditulis bukan hanya sebagai hiasan tetapi juga memuat informasi seputar kaca mobil yang sedang digunakan. Ada banyak komponen yang dituliskan dalam angka, huruf, atau perpaduan keduanya. 

Namun, jika kamu ingin membaca tiap kode yang tertulis pada kaca bisa menyimak seputar penjelasan berikut.

Umumnya, setiap kaca mobil yang diimpor menuju ke Indonesia atau dibuat secara lokal harus melewati aturan Standar Nasional Indonesia atau biasa yang disebut dengan SNI. 

Oleh karena itu, salah satu cara pilih kaca mobil dengan kualitas material terbaik dari kode yang disematkan pada pojok. 

Kami akan menjelaskan kode apa saja yang biasa ada pada kaca mobil dan informasi apa yang dimuat dalam istilah tersebut, dalam sebuah kaca mobil OEM merek Mulia Glass.  

Ilustrasi kode pada kaca mobi Mulia Glass.

1. Merk kaca mobil 

Kode yang diberi tanda nomor satu, Mulai Glass, itu berarti merek dari kaca mobil dibuat. Kaca Mulia merupakan merek dagang kaca mobil lokal yang banyak memproduksi kaca kendaraan di Indonesia. 

2. Jenis kaca mobil 

Terdapat tulisan Laminated yang berarti kaca dengan kode tersebut adalah kaca laminasi. Kaca laminasi terbuat dari tiga lapisan kaca. 

Laminated glass adalah kaca yang seperti roti lapis yang mengapit kaca film PVB dengan kaca biasa. Karena pilihan material inilah yang membuat safety dan mendapat julukan sebagai kaca triplek.

Sifat dari kaca laminasi tidak mengganggu stabilitas pengendara, sehingga pandangan bisa clear di area kaca depan.

Selain kaca laminasi terdapat juga kaca tempered glass yang bisa digunakan pada kaca samping atau belakang mobil. 

3. Kode untuk standar keamanan 

Pada kode yang ketiga, anda bisa melihat DOT 681 yang berarti kaca tersebut sudah memenuhi aturan pada otoritas kendaraan di Amerika Serikat. Kata DOT sendiri berarti Department of Transportation. 

4. Tahun kaca mobil diproduksi 

Terdapat angka 2005 yang berarti tahun dimana kaca mobil tersebut diproduksi. Dengan begitu, anda bisa mengetahui seberapa lama stok kaca mobil disimpan dalam suatu bengkel. 

5. Kode untuk warna dan ketebalan kaca mobil 

Selanjutnya, terdapat kode M943 yang mengindikasikan nomor mobil pada setiap kaca mobil yang diproduksi. Nomor dari perpaduan huruf dan angka untuk menampilkan informasi berupa warna dan ketebalan dari kaca kendaraan yang akan digunakan. 

6. Kode untuk negara 

Istilah pada kaca mobil yang keenam adalah E4. Istilah tersebut menampilkan informasi seputar kode negara tempat material atau kaca disertifikasi. 

E4 merupakan kode negara Belanda. Ada sekitar 43 kode untuk berbagai negara. Seperti E11 untuk Inggris, E42 untuk Rusia, E1 untuk Jerman, dan E5 untuk Swedia. 

7. Kode untuk lapisan kaca 

Bukan sembarang garis, kode // berarti kaca tersebut terbuat dengan menggabungkan dua lapis atau laminated glass. Umumnya kode ini digunakan untuk kaca depan. 

Selain itu, ada kode V yang berarti kaca privasi atau kaca riben. Jenis kaca ini memiliki material yang bisa mengurangi masuknya cahaya matahari kurang dari 70 persen. 

Ada juga kaca depan mobil yang menggunakan kode IV yang berarti kaca tersebut terbuat dari plastik. 

8. Kode untuk standar nasional Indonesia 

Seperti yang kita tahu, penggunaan barang yang ada di Indonesia harus sudah teruji dan memiliki sertifikasi SNI. Oleh karena itu, Car Glass Indonesia hanya mau menjual dan menggunakan kaca berSNI jelas dan bisa dipertanggung jawabkan. 

9. Kode untuk kualitas optik pada kaca mobil 

Terakhir, ada istilah AS1 pada kaca tersebut yang berarti AS untuk American Standard dan angka untuk mengindikasi kualitas optik pada kaca mobil. 

Umumnya, terdapat AS1, AS2, dan AS3 pada kaca mobil yang biasa dijual atau beredar di Indonesia. AS1 yang berarti kaca jernih tidak adanya lapisan untuk menggelapkan kaca. 

Ada AS2 yang berarti kaca dilapisi dengan lapisan untuk transmisi cahaya lebih dari 70 persen. 

Sementara itu, ada AS3 yang berarti cahaya yang masuk ke dalam kaca kurang dari 70 persen. Karena terlalu gelap untuk digunakan sehingga bisa menghalangi pandangan pengemudi, maka kaca ini sangat jarang ditemui di Indonesia. 

Itulah beberapa istilah pada kaca mobil yang biasa disematkan di pojok car glass. Namun, berbeda merek kaca mobil pastinya akan berbeda juga jenis kode yang digunakan. 

Hanya saja, beberapa kode di atas yang lumrah atau sering digunakan di Indonesia. Ada pun kode yang biasa disematkan pada kaca mobil mewah ada kode berupa tetesan atau panah. 

Kode tersebut biasanya menandakan kalau kaca memiliki lapisan air dan antena kaca mobil. Setelah mengetahui istilah yang disematkan pada kaca kendaraan, saatnya untuk menemukan layanan ganti kaca mobil terdekat. 

Car Glass Indonesia menawarkan service kaca mobil dengan kualitas terbaik dari merek kaca seperti Mulia, Fuyao, dan XYG Glass yang dipercaya banyak pengendara mobil di Indonesia. 

5/5 - (9 votes)

Cari Penggantian Kaca Mobil?

Mohon bantu untuk lengkapi informasi dibawah ini dan kami akan membantu pengecheckan kaca yang sesuai dengan kendaraan anda juga memberikan penawaran harga yang tepat.

Terimakasih sudah melengkapi, tim Car Glass sudah menerima pesan dan akan membalas pesan anda.

Open chat
WhatsApp Kami