Aki mobil merupakan salah satu komponen penting kendaraan yang harus diperhatikan. Oleh karena itu, anda harus mengetahui cara rawatnya terutama saat musim hujan tiba. 

Hal ini untuk menjaga aki agar tetap bekerja dengan baik dan awet. Terutama saat musim hujan tiba, karena termasuk dalam komponen penting maka harus dilakukan perawatan secara rutin. 

Car Glass Indonesia mengumpulkan tips merawat aki mobil Avanza dan jenis kendaraan lainnya yang mudah diikuti bahkan oleh pemula. 

Baca juga: Apa Saja Fungsi Defogger Pada Mobil? Ampuh Usir Lembab Saat Hujan

Ilustrasi cas aki mobil (DOK.PEXELS/Towfiqu barbhuiya)

1. Air aki mobil tidak boleh berkurang 

Pastikan untuk selalu mengecek air di dalam aki. Pastikan air tidak dalam kondisi kurang dan masih normal atau di atas garis batas.

Hal tersebut karena jika air berkurang maka starter mobil menjadi susah. 

2. Kebersihan baterai 

Cara rawat yang selanjutnya adalah menjaga kebersihan terminal baterai. Bersihkan secara rutin dan gunakan cas aki mobil yang bagus. 

Bagian terminal baterai perlu dilakukan pembersihan karena jika terdapat karat bisa membuat baterai aki sulit diiisi ulang. 

3. Periksa kepala aki

Anda juga bisa memeriksa kepala baterai dan pastikan agar tertutup rapat. Jika kepala aki tertutup rapat maka jamur tidak akan tumbuh di sekitarnya. 

Baca juga: 13 Cara Mengendarai Mobil saat Hujan dengan Aman

Ilustrasi kororsi pada aki mobil yang disebabkan karena penguapan kandungan asam sulfat.

4. Lakukan penambahan air selama sebulan sekali 

Jika, mobil yang anda miliki menggunakan aki basah maka perlu dilakukan pengisian air selama satu bulan sekali. Tidak perlu sampai melakukan pembersihan pada aki. 

Pasalnya, aki basah punya proses menguap yang cukup cepat sehingga perlu dilakukan air selama satu bulan sekali. 

5. Bersihkan kerak putih pada aki mobil basah 

Sebagian kendaraan yang menggunakan jenis aki basah pasti pernah mengalami bagian tutupnya berkerak. Kerak tersebut berasal dari kandungan asam sulfat yang menguap. 

Kandungan tersebut bisa menyebabkan korosi pada kepala aki yang membuatnya sulit dibuka. 

6. Bijak dalam menggunakan piranti elektronik

Harga aki mobil yang tidak murah membuat anda perlu merawatnya. Cara perawatannya bisa dengan bijak dalam menggunakan piranti elektronik. 

Seperti penggunaan fitur audio, AC, hingga komponen lainnya. Pastikan untuk selalu memastikan perangkat elektronik dalam keadaan baik dan tidak lupa untuk mematikan fitur tersebut sebelum meninggalkan mobil.  

Melihat pentingnya aki pada kendaraan roda dua, empat, atau lebih, anda harus menjaga dan merawatnya agar tetap dalam kondisi baik sehingga bisa bekerja maksimal di musim hujan.

Pastikan juga anda selalu memerhatikan komponen mobil lainnya seperti mesin, kaca mobil depan, hingga defogger agar saat hujan, mobil bisa digunakan dengan baik.

5/5 - (1 vote)

Anton Prabowo

Anton merupakan seorang teknisi di bidang instalasi kaca mobil. Ia juga memiliki ketertarikan dalam dunia kepenulisan pada topik otomotif. Saat ini, dia sudah menulis hampir 30 artikel dan terus berkomitmen untuk menulis terkait pengalaman dan pengetahuannya terkait kaca mobil.

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *