Saat musim hujan tiba, anda perlu melakukan cara merawat mobil kesayangan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan. 

Air hujan yang mengguyur deras bisa membuat komponen penting pada kendaraan menjadi rusak. Terutama, jika mobil anda terkena guyuran hujan secara terus menerus.

Oleh karena itu, simak perawatan mobil saat musim hujan agar bisa berjalan dengan baik dan maksimal berikut ini.

Ilustrasi sebuah mobil yang menerjang jalanan banjir.

1. Parkir kendaraan di tempat yang teduh 

Jika anda sering bepergian dengan menggunakan kendaraan roda empat, sebaiknya selalu parkir mobil di tempat yang teduh. 

Hal ini untuk menghindari komponen mobil kemasukan air hujan. Seperti yang kita tahu, air hujan mengandung asam yang tidak cukup baik jika terkena dengan bodi atau bagian dalam mobil. 

2. Usap dan keringkan mobil dengan segera

Kalau mobil terlanjur terguyur hujan yang deras saat berada di jalan. Cara merawat mobil yang selanjutnya ini adalah usap dan keringkan mobil sesaat setelah sampai di rumah. 

Air hujan bisa merusak lapisan cat pada rangka mobil yang bisa membuatnya terkelupas lebih cepat, perawatan mobil matic ini juga bisa dilakukan pada manual. 

3. Bersihkan kaca depan mobil secara rutin 

Dilansir dari artikel pada laman Car Glass Indonesia lainnya, melakukan perawatan berkala mobil sangatlah penting. Terutama di bagian depan seperti kaca mobil. 

Masuk ke dalam kabin mobil dalam keadaan basah dengan suhu udara luar yang dingin bisa membuat kaca mobil berembun

Itu karena terjadinya perubahan suhu. Oleh karena itu, selalu bersihkan kaca depan mobil dengan kanebo agar kaca selalu bersih dan jernih. 

Selain itu, selalu gunakan suhu pendingin kabin mobil dari derajat paling kecil untuk menghilangkan embun yang menempel. 

Perawatan AC mobil juga perlu dilakukan secara berkala untuk membantu pengemudi menghilangkan embun di dalam mobil.

Ilustrasi kondisi banjir yang menggenang sebagian jalan.

4. Cara merawat mobil pada wiper kaca

Cara merawat mobil saat musim hujan adalah pastikan wiper berjalan dengan baik. Untuk jenis mobil SUV atau MPV, beberapa brand menyematkan wiper kaca belakang. 

Hal tersebut agar pengemudi masih bisa melihat dengan jernih dan jelas melalui kaca belakang mobil

Anda perlu mengecek wiper dan air pembersih kaca di dalamnya, agar tidak terlalu merepotkan pengemudi atau penumpang saat hujan turun. 

Anda juga bisa memastikan rain sensor berjalan dengan baik agar wiper kaca mobil bisa berfungsi denagn baik dan otomatis.

5. Cuci mobil dengan segera 

Kalau anda memiliki banyak waktu saat sesampainya di rumah dalam keadaan mobil basah karena hujan. Jangan menunda untuk mencuci mobil. 

Sebagian ahli mengatakan kalau air hujan bisa menimbulkan jamur kaca mobil atau jamur pada bodi kendaraan roda empat. 

Maka dari itu, segera cuci mobil jika terkena hujan dan pastikan anda menyikat atau membersihkan hingga ke bagian sela yang bisa menjadi wadah air hujan. 

6. Perhatikan kondisi ban 

Perawatan mobil saat hujan juga perlu dilakukan terutama pada ban mobil. Pastikan anda tidak lupa untuk melakukan spooring, balancing, atau rotasi ban secara berkala di bengkel mobil terdekat. 

Hal tersebut perlu dilakukan untuk memaksimalkan fungsi ban dan mengurangi ban selip atau tergelincir pada jalanan licin. 

Pastikan juga tapak ban. Jangan sampai tapak ban gundul.

Ilustrasi mobil yang menerjang hujan deras.

7. Cara merawat mobil pada rem 

Kalau sudah bicara seputar ban, tidak lengkap kalau tidak menyarankan juga untuk melakukan perawatan pada rem. Rem menjadi komponen penting yang digunakan untuk menghentikan laju kendaraan saat hujan. 

Anda perlu mengecek dan melakukan perawatan mobil matic dan manual terutama pada rem. Rem harus berfungsi dengan baik dan pastikan kampas rem belakang dan depan masih bisa berfungsi. 

Jangan sampai kampas rem mobil anda habis atau berkarat. 

8. Cek mesin kendaraan anda

Tips merawat mobil saat hujan yang selanjutnya adalah cek secara berkala mesin kendaraan anda. Terutama, jika anda memiliki kendaraan roda empat dengan tahun yang lama. 

Mobil tua perawatan mudah dan murah tentu saja harus dibarengi dengan perlakuan rutin dan tepat. 

Melihat dan mengecek kondisi mesin saat hujan turun untuk meminimalisir terjadinya mogok di tengah jalan. 

Anda bisa memastikan seperti aki mobil hingga kekencangan kabel pada mesin mobil. Pastikan juga, tidak ada kebocoran air pada bagian kap mesin. 

Ilustrasi karpet mobil yang basah karena kaki yang kehujanan.

9. Karpet kaki untuk mencegah jamur

Musim hujan bisa saja datang secara tiba-tiba. Jika pengemudi atau penumpang masuk dalam keadaan kaki yang basah, maka bisa membuat interior mobil menjadi basah, kotor, dan berjamur. 

Untuk menghindari adanya kebasahan pada interior yang bisa menimbulkan jamur atau bau tidak sedap, ada baiknya untuk melapisi bagian bawah mobil dengan karpet anti jamur. 

10. Perawatan mobil pada cat bodi 

Anda juga bisa melakukan coating untuk memberikan perlindungan maksimal pada air hujan yang mengandung asam. 

Coating adalah perawatan mobil dengan menambahkan lapisan khusus sehingga mobil tua bisa terlihat baru dengan lapisan kaca yang mengilap. 

Ada pun cara merawat mobil di kala hujan, anda perlu memerhatikan perawatan kaca mobil. Pastikan tidak ada kaca mobil yang retak sehingga air hujan tidak merembes ke bagian dalam mobil. 

Selain itu, anda juga bisa melakukan ganti kaca mobil dengan daftar harga kaca mobil terjangkau. Pelayanan dilakukan kapan dan dimana saja sesuai denagn yang anda inginkan. 

Bahkan kami bisa melakukan penggantian secepat mungkin, lengkap dengan garansi pemasangan 1 tahun untuk membuat anda nyaman. 

5/5 - (1 vote)

Anton Prabowo

Anton merupakan seorang teknisi di bidang instalasi kaca mobil. Ia juga memiliki ketertarikan dalam dunia kepenulisan pada topik otomotif. Saat ini, dia sudah menulis hampir 30 artikel dan terus berkomitmen untuk menulis terkait pengalaman dan pengetahuannya terkait kaca mobil.

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.