Buat anda penggemar otomotif, pasti pernah menginginkan melakukan modifikasi pada beberapa bagian mobil. 

Bagi sebagian orang memiliki kendaraan pribadi yang kemudian dimodifikasi sesuai dengan selera dan kesukaan memang hal yang menyenangkan. 

Namun hobi memodifikasi mobil tak jarang perlu uang yang cukup besar. Lantas, bagian mobil mana saja sih yang biasa dimodifikasi? Simak penjelasanya berikut ini.

1. Kaca depan mobil 

Di beberapa bengkel kaca mobil, ada yang menawarkan modifikasi kaca depan atau menambahkan aksesoris pada bagian tersebut. Umumnya, modifikasi dilakukan dengan cara menambahkan atau menggunakan kaca film pada depan mobil. 

Penggunaan kaca film mobil dilakukan untuk mengurangi cahaya sinar matahari yang masuk ke dalam kabin. Sebelum memasangnya pada mobil, anda perlu mengetahui aturan hukum yang berlaku seputar tingkat kegelapan yang diperbolehkan saat menggunakan kaca film. 

Tingkat kegelapan pada kaca film harus disesuaikan dengan aturan agar tidak terlalu mengganggu penglihatan mata saat mengendarai mobil. Semakin hitam kaca mobil film akan semakin gelap juga pandangan pengemudi saat di jalan. 

Kalau anda sedang ingin mencari toko kaca mobil dengan layanan penggantian terbaik dan maksimal. Carglass Indonesia bisa menjadi pilihanmu dalam melakukan ganti kaca mobil. Kami tawarkan penggantian kaca mobil kualitas OEM dengan pemasangan oleh teknisi profesional dan berpengalaman.

2. Pelek mobil 

Bagian mobil yang biasa dimodifikasi kedua adalah velg mobil. Sebagian orang akan merasa lebih percaya diri saat mengendarai kendaraan yang punya tampilan unik dan menarik perhatian. 

Oleh karena itu, modifikasi biasa dilakukan pada bagian mobil seperti pelek. Kalau anda berminat untuk memodifikasi mobil terutama di bagian pelek, perhatikan beberapa hal. 

Seperti memperhatikan jarak antara lubang baut pada velg dan ukuran diameter velg. Kemudian, anda juga perlu memperhatikan material pada velg. 

Gunakan material velg terbaik dengan kualitas terjamin agar awet dan tidak merusak ban yang menjadi komponen penting dari mobil. 

3. Audio 

Audio menjadi salah satu fitur hiburan yang hampir ada di semua tipe mobil masa kini. Audio punya fungsi untuk menampilkan teks, gambar, video, hingga animasi. 

Bukan hanya itu saja, audio juga bisa menghasilkan suara dari radio atau tape. Untuk meningkatkan kenyamanan berkendara, pemilik kendaraan biasa melakukan modifikasi pada audio. 

Modifikasi dilakukan pada sistem Sound Quality untuk menghasilkan suara musik yang jernih dengan suara dentuman bass elektrik lebih mantap. 

4. Mesin 

Selain melakukan perawatan yang rutin, beberapa pemilik kendaraan juga memodifikasi bagian mesin untuk menghasilkan tenaga yang mereka inginkan. 

Modifikasi mesin mobil biasa dilakukan pada bagian silinder hingga sistem transmisi. Beberapa orang bahkan mengganti busi hingga cleaning injector untuk memastikan mesin bisa menghasilkan performa terbaik. 

5. Peranti teknologi pada interior 

Terakhir, bagian yang biasa dimodifikasi oleh pemilik mobil adalah interiornya. Beberapa orang menggunakan peranti teknologi canggih untuk menambah kesan mewah dan juga elegan. 

Misalnya dengan mengganti kualitas jok mobil agar lebih empuk dan terlihat mahal. Selain itu, penambahan sensor hujan pada kaca mobil juga biasa dilakukan. 

Bukan hanya itu saja, tapi juga ada penambahan aksesoris seperti GPS untuk memberikan informasi seputar navigasi, jalan, hingga akses hiburan. 

Terbaru, ada sebuah perangkat GPS yang bisa memuat informasi seputar tempat makan disekitar atau jalanan yang akan dilalui mobil. 

6. Bodi mobil 

Modifikasi stiker mobil juga biasa dilakukan oleh orang yang mengubah kendaraan kesayangannya tampil beda. Pilih kualitas stiker yang tidak merusak cat atau membuat keropos rangka kendaraan. 

Stiker kaca mobil biasa berupa kata-kata lucu atau logo klub sepakbola yang disukai. 

Selain untuk hobi, modifikasi mobil menggunakan stiker juga digunakan perusahaan untuk mengajak pemilik kendaraan agar membantu promosi produknya. 

Misalnya, stiker yang ditempelkan pada bagian belakang atau pintu mobil mengenai produk atau logo dari perusahaan tersebut. 

Apa yang perlu diperhatikan saat akan memodifikasi mobil?

Kalau anda berminat untuk memodifikasi mobil kesayangan anda, ketahui beberapa hal berikut ini agar hasilnya sesuai ekspektasi dan tidak merusak kendaraan anda yang asli. 

1. Pilih tema yang tepat 

Pemilihan tema yang tepat saat akan memodifikasi mobil sangatlah penting. Pasalnya, salah pilih tema bisa membuat tampilan mobil menjadi tidak enak dilihat. 

Anda bisa memilih tema sesuai dengan selera, misalnya saja tema sporty, gothic, retro, atau modern. Untuk mendapatkan beberapa pilihan tema yang tepat, anda bisa mengunjungi pameran atau tema modifikasi mobil. 

2. Gunakan spare part yang berkualitas 

Memodifikasi mobil memang membutuhkan biaya yang besar, karena bukan hanya jasa pemasangan atau desain yang perlu dibayar tetapi juga penggantian komponen penting mobil. 

Kualitas spare parts yang dibutuhkan haruslah berkualitas baik. Beberapa teknisi menyarankan untuk menggunakan spareparts yang dimodifikasi dari luar negeri. 

Tentu saja perlu biaya pajak dan pengiriman yang harus dipikirkan saat ingin membeli spare parts. 

3. Modifikasi dari yang paling penting 

Salah satu komponen awal yang harus kamu modifikasi adalah mesin. Kalau anda sedang atau akan memodifikasi mobil bekas, perhatikan mesin yang digunakan. 

Mulailah dengan mengganti busi terlebih dahulu setelah itu, ganti oli. Selain mesin, perhatikan juga rem agar kampas atau tingkat cakram remnya masih berfungsi sempurna. 

Ilustrasi mobil dengan modifikasi unik
5/5 - (5 votes)

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.