Ada banyak komponen penting yang ditambahkan sebagai variasi pada kendaraan. Salah satunya, antena mobil.

Produk antenna mobil terbaik biasa dipasang untuk memberikan fungsi lain sehingga bisa memaksimalkan kenyamanan berkendara dengan kendaraan roda empat milik anda.

Ada banyak jenis, harga antena mobil, hingga fungsi mobil variasi antenna yang dipasangkan demi menunjang keselamatan dan kenyamanan.

Ilustrasi antena mobil belakang untuk menangkap sinyal radio.

Apa itu antena mobil?

Mungkin anda pernah melihat ada mobil variasi terbaru dengan bentuk antenna yang bermacam-macam.

Antenna mobil memang cukup bervariasi dengan berbagai model dari brand mobil antenna. Namun, kami tidak membahas antenna mobil variasi saat ini.

Kami lebih fokus mengenai pengertian antenna mobil. antenna merupakan perangkat yang disematkan di berbagai titik mobil, seperti kaca depan mobil, kaca belakang , hingga bagian atas kendaraan untuk menangkap sinyal dengan baik.

Dengan begitu, perangkat elektronik di dalam kendaraan seperti radio hingga televisi bisa berjalan dengan baik dan stabil.

Pada beberapa mobil lawas, antena variasi mobil yang digunakan cukup panjang dengan besi tipis yang menjuntai di depan kap mesin atau samping mobil.

Antenna mobil pertama kali digunakan pada tahun 1930 an untuk menangkap sinyal radio AM.

Kemudian pada pertengahan tahun 1940an, antenna variasi mobil diubah untuk mendapatkan sinyal radio FM. Antena ini terbuat dari kawat baja berbentuk vertikal yang dipasangkan di bagian luar kendaraan.

Seiring dengan berjalannya waktu, antena radio untuk mobil dibuat setipis dan sekecil mungkin untuk memberikan tampilan kendaraan yang estetik tetapi tidak menghilangkan fungsinya.

Antenna mobil variasi yang banyak digunakan di mobil Indonesia

Ada banyak bentuk antenna mobil yang banyak digunakan di Indonesia. Umumnya, tergantung pada kebutuhan yang diperlukan.

Lantas, apa saja variasi untuk antena radio mobil yang bisa digunakan dan dibeli dengan mudah? Simak penjelasan berikut ini.

Ilustrasi antena sirip hiu atau Shark Fin Antenna.

1. Antenna sirip hiu

Antena sirip hiu atau dalam bahasa Inggris adalah Shark Fin Antenna. Seperti namanya, antena radio ini jual dengan bentuk mirip dengan sirip ikan hiu.

Umumnya, aksesoris mobil ini punya ukuran mulai dari 16 mm. Dalam beberapa ulasan dari pengguna antena variasi mobil ini, bisa membuat tampilan mobil lebih sporty.

Dan tidak memiliki kabel untuk menghubungkan antena dengan perangkat elektronik di dalamnya. Sehingga, tidak perlu adanya antenna yang menjuntai panjang di bagian mobil.

Antenna bentuk sirip hiu pada mobil ini juga bisa menyalurkan sinyal gelombang untuk GPS atau Global Positioning System. Nantinya, frekuensi sinyal dikirimkan pada GPS untuk menampilkan data dan informasi seputar jalan di sekitar. 

Adanya GPS pada mobil juga bisa membantu pengemudi untuk menyimpan histori perjalanan hingga memperkirakan cuaca. 

Di beberapa kendaraan, GPS menyatu pada fitur hiburan lainnya. Namun, ada mobil yang perlu untuk memasangkan tambahan. 

Kalau anda berniat untuk menambah GPS di mobil, pastikan posisinya tidak menghalangi pandangan mata di kaca mobil. Selain itu, gunakan perekat agar GPS kendaraan anda tidak terlepas saat digunakan.

Antena untuk mengangkap sinyal dan ditampilan pada GPS bukan hanya pada antena sirip hiu tetapi juga jenis antena lainnya.

2. Antena motorized

Antena mobil panjang yang selanjutnya ini merupakan aksesoris yang canggih dan biasa disematkan pada mobil mewah seperti BMW dan Mercedes Benz.

Cara menggunakan antena radio mobil ini otomatis, jadi saat mesin kendaraan dinyalakan maka antena mobil panjang dengan otomatis akan menyala.

Namun, antena ini tetap perlu ditarik memanjang untuk mendapatkan sinyal yang stabil dan output suara atau gambar yang jernih.

3. Antenna mobil rig mobil

Jenis antena yang satu ini memiliki nama rig atau radio komunikasi yang banyak digunakan pada kendaraan untuk touring.

Untuk bisa menggunakannya, anda perlu menambahkan antenna mobil lainnya untuk menjaga komunikasi antara teman saat touring bisa berjalan lancar.

4. Antena printed glass

Berbeda dengan model bentuk antena radio mobil lainnya, antena printed glass ini berbentuk seperti kaca film mobil.

Material dari antena variasi mobil ini menggunakan bahan logam dan plastik sehingga bisa menangkap frekuensi perangkat lain dan radio di dalam mobil.

Biasanya, jenis antena yang satu ini ditempatkan di bagian dalam kendaraan dan bisa dipasang mengikuti garis defogger.

Salah satu merek mobil yang bisa menggunakan antena ini adalah Honda Jazz.

5. Fixed Antenna

Kalau anda pernah menemukan kaca belakang mobil yang tersemat antena, namanya adalah fixed antenna.

Jenis antena ini bisa digunakan pada mobil variasi apapun. Namun, salah satu kelebihan dari antena mobil yang satu ini adalah ukurannya yang cukup kecil.

Sehingga saat melewati jalanan dengan pepohonan yang rindang, hal tersebut bisa tidak membuat antena nyangkut pada batang pohon.

Dari segi tampilan kendaraan juga tidak menghalangi model kendaraan sehingga antena ini cocok untuk jenis apapun, termasuk kendaraan MPV atau SUV.

6. Antena mobil besi

Variasi produk antena yang banyak digunakan adalah antena kendaraan besi. Anda bisa mengatur panjang dan pendeknya untuk menangkap sinyal lebih baik.

Namun, anda wajib berhati-hati. Jika akan melewati jalanan penuh pohon lebat dengan ukuran yang tidak terlalu tinggi.

Pasalnya, antena mobil bisa menyangkut dan membuat perjalanan sedikit tidak menyenangkan.

Lantas, di antara variasi antena di atas mana yang akan anda pasang untuk kendaraan kesayangan?

Daftar harga antena mobil

Jenis antenna radio mobil di atas, bisa anda dapatkan di bengkel mobil terdekat atau anda bisa beli secara online melalui marketplace dengan pengiriman cepat dan aman.

Informasi di atas bisa anda jadikan acuan tentang pilihan variasi antena mana yang akan anda beli.

Ada pun harga antena mobil dibanderol dengan biasa yang berbagai macam. Misalnya, antena sirip hiu dijual dengan harga paling murah mulai dari Rp 25.000.

Daftar harga antena kendaraan yang selanjutnya adalah antena mobil universal yang bisa anda beli secara online produknya dengan harga mulai dari Rp 15.000.

Selain itu, harga antena kendaraan printed glass dijual mulai dari Rp 200.000. Pemasangan dari jenis antena yang satu ini mungkin perlu keterampilan khusus agar tidak merusak lapisan kaca depan yang sangat penting untuk kendaraan.

Ilustrasi radio di mobil.

Cara merawat antenna mobil

Melihat dari segi fungsi antenna mobil yang cukup banyak, anda perlu melakukan sejumlah perawatan pada antenna mobil agar manfaatnya terjaga.

Ketahui beberapa cara merawat antena mobil panjang yang tepat dan lakukan secara rutin agar tidak rusak di kemudian hari.

1. Jangan sampai antena tertekuk

Salah satu cara agar antena bisa berjalan dengan baik adalah jangan sampai antena tertekuk. Pastikan anda menggunakannya dengan benar.

Selalu tarik rendah antenna agar tidak tertekuk saat posisi mobil sedang diparkir.

Antena yang dibiarkan terus memanjang, bisa mengenai batang pohon atau plafon rumah sehingga membuatnya bisa patah.

2. Gunakan minyak

Pada saat membersihkan mobil, pastikan antenna juga dibersihkan. Gunakan minyak goreng atau pelumas untuk bodi mobil agar antenna mudah di panjang dan pendekkan.

Selain itu, mengoleskan antena dengan minyak juga bisa membuat fungsinya menjadi maksimal.

3. Jangan sampai area dekat antena basah

Kebanyakan antena terbuat dari material kawat baja. Oleh karena itu, bahannya tersebut mudah berkarat jika basah.

Anda perlu membersihkan dengan lap bersih hingga ke sela-sela antena agar tidak ada air di sekelilingnya.

Namun ada juga beberapa antena yang tidak terbuat dari bahan mudah berkarat. Material dari antenna mobil tersebut terbuat dari karet.

Kamu hanya perlu membersihkan dengan sabun agar tidak getas seperti membersihkan wiper kaca mobil.

Antena mobil memang memiliki banyak fungsi, hanya saja pada beberapa kendaraan mewah. Bentuk antena yang digunakan berbeda-beda untuk memaksimalkan tampilan kendaraan lebih baik.

Maka dari itu, anda perlu memilih antena sesuai dengan kebutuhan dan pemilihan bentuk antena yang terbaik.

5/5 - (5 votes)

Anton Prabowo

Anton merupakan seorang teknisi di bidang instalasi kaca mobil. Ia juga memiliki ketertarikan dalam dunia kepenulisan pada topik otomotif. Saat ini, dia sudah menulis hampir 30 artikel dan terus berkomitmen untuk menulis terkait pengalaman dan pengetahuannya terkait kaca mobil.

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *