+62 81246326133 info@car-glass.co.id

Bagi penggemar kendaraan roda empat atau lebih, pasti sudah mengerti seputar sistem penggerak mobil. Ada banyak istilah atau sebutan pada aturan untuk menggerakkan roda mobil. 

Sebagian brand mobil di Indonesia punya istilahnya masing-masing untuk menyebut sistem penggerak mobil. Namun, istilah yang paling umum ada dua yaitu FF atau Front Engine-Front Wheel Drive dan FR atau Front Engine-Rear Wheel Drive. 

Selain itu ada juga sistem penggerak seperti MR, RR, dan 4WD atau AWD yang juga digunakan untuk setiap menggerakkan mobil yang digunakan oleh suatu merek kendaraan. 

Dilansir dari berbagai sumber, Car Glass Indonesia rangkum istilah sistem penggerak mobil yang menarik untuk diketahui. 

1. Honda 

Honda punya sistem penggerak elektrik yang rilis pada tahun 2014 di Jepang. Sistem tersebut bernama Sport Hybrid SH-AWD. 

Sistem penggerak pada mobil itu menggabungkan tiga motor gerak seperti mesin bensin, twin rear motor, dan single front motor. Sistem ini dirilis dan disematkan pada All New Honda Legend di tahun yang sama. 

Penggerak ramah lingkungan ini menggabungkan juga AWD, RWD, dan fwd dengan pilihan sistem lainnya. Sistem penggerak mobil ini mampu menjalankan kendaraan dengan tenaga yang lebih besar dan teknologi yang ramah lingkungan. 

2. Nissan 

Brand mobil asal Jepang, Nissan juga punya sebutan untuk sistem penggerak mobilnya. Disematkan pada mobil Nissan GT-R, sistem penggerak empat roda oleh Nissan ini diberi sebutan Attesa. 

Attesa atau Advanced Total Traction Engineering System for All-Terrain sudah dikembangkan sejak tahun 1989. Sistem tersebut bisa menggunakan dua driveshaft untuk menyalurkan tenaga dari mesin ke penggerak roda belakang atau depan. 

Dengan begitu, Nissan GT-R bisa lebih bertenaga dan melaju lebih kencang dengan manuver dalam kecepatan tinggi tetapi pengendara tetap nyaman menjalankannya. 

3. Audi 

Sebagian penggemar Audi pasti sudah tidak asing dengan Quattro. Nama dari ikon Audi ini berasal dari bahasa Italia yang berarti empat. 

Quattro adalah sistem penggerak empat roda permanen yang ada di mobil Audi. Walau disematkan secara tetap tetapi kemampuan mobil untuk berkendara dengan baik tetap terasa. 

Bukan hanya itu saja, sistem penggerak mobil ini juga memungkinkan pengemudi untuk melakukan manuver atau berjalan di tikungan secara nyaman dan bertenaga. 

Sejak dikembangkan dan dijalankan pada tahun 1980, sudah ada mobil dengan sistem Quattro yang dibuat oleh Audi sebanyak 3 juta lebih. 

Ilustrasi Audi Quattro.

4. BMW 

Ada dua sebutan sistem penggerak kendaraan yang disematkan pada beberapa mobil keluaran BMW. Ada xDrive dan sDrive. xDrive berarti mobil BMW itu menggunakan sistem penggerak empat roda secara permanen atau biasa disebut dengan AWD. 

Sementara sDrive merupakan sistem penggerak dua roda yaitu roda belakang dan roda depan. Teknologi penggerak pada mobil yang satu ini ada pada BMW X4 yang menjadi mobil sport canggih dan mewah. 

Ilustrasi BMW xDrive di seri 650i. (DOK.WIKIMEDIA COMMONS/Thesupermat)

5. Mercedes Benz

Masih dengan brand mobil mewah, Mercedes Benz juga punya sebutan untuk teknologi penggerak empat roda yang dikembangkannya. 

Namanya, 4Matic. Sistem tersebut dikembangkan oleh Steyr-Daimler-Puch sejak tahun 1986 untuk membekali tipe mobil kelas E di tahun 1985 sampai 1995. 

Seiring dengan berjalannya waktu, teknologi penggerak semua roda pada BMW ini bukan hanya digunakan pada jenis mobil SUV tetapi juga crossover dengan kap mesin yang mewah. 

Sistem ini kemudian muncul dan digunakan pada generasi kelas C dan S di tahun 2002. 

Ilustrasi sistem penggerak kendaraan di Mercedes Benz.

6. Sistem penggerak mobil Mitsubishi 

Mitsubishi juga mengembangkan dan menggunakan teknologi penggerak mobil dengan nama S-AWC atau Super All Wheel Control. 

Sistem penggerak pada mobil itu menggunakan tenaga mesin dan pengereman dari keempat roda secara otomatis untuk mengendalikan kendaraan. 

Teknologi canggih tersebut juga dikalibrasikan dengan sensor keamanan seperti ABS atau Anti-lock Braking System dan AYC atau Active Yaw Control. 

Salah satu mobil SUV yang disematkan dengan S-AWC adalah Mitsubishi Outlander. 

Ilustrasi mobil Mitsubishi Outlander yang menggunakan S-AWC (DOK.WIKIMEDIA COMMONS/MercurySable99)

7. Volkswagen 

Volkswagen juga punya sebutan dagang untuk sistem penggerak empat roda. Namanya, adalah 4motion. 

Anda bisa menikmati keunggulan pada 4motion di VW Golf R yang disematkan juga dengan teknologi Torque Vectoring. Fitur canggih tersebut memudahkan pengendara untuk berkendara lebih stabil di segala medan jalan. 

8. Subaru 

Symmetrical AWD merupakan sistem penggerak empat roda yang bekerja secara maksimal dan menyeluruh. Disebut begitu karena sistem tersebut bisa menggerakkan sisi kanan kiri nyaris sama. 

Cara kerja tersebut yang bisa mengembangkan dan menyeimbangkan sistem kerja penggerak empat roda. Tingkat simetris pada empat roda yang bergerak inilah yang membuat nama sistem dari Subaru adalah Symmetrical. 

Salah satu, mobil Subaru yang menggunakan teknologi penggerak pada mobil ini adalah Subaru XV. 

Ilustrasi Subaru All Wheel Drive (DOK.WIKIMEDIA COMMONS/Joseph Brent)

9. Mazda 

Selain punya teknologi canggih yang disematkan pada Mazda CX-3 yaitu G-Vectoring Control yang membantu pengemudi saat mobil akan berbelok.

Dari segi sistem penggerak roda, Mazda punya i-Activ AW yang ada pada Mazda CX-9. Sistem tersebut mampu membaca gerakkan roda untuk menghindari adanya slip. 

Ilustrasi Mazda CX-9 generasi lawas (DOK.WIKIMEDIA COMMONS/CEFICEFI)

10. Sistem penggerak mobil Hyundai 

Brand mobil asal Korea Selatan juga mengembangkan dan memberi sebutan sendiri untuk teknologi penggerak roda. Hyundai memiliki HTRAC yang tersedia pada sedan Hyundai Genesis dan Hyundai Palisade.

HTRAC merupakan singkatan dari H yang berarti Hyundai. TRAC yang berarti Traction atau sistem penggerak semua roda. Teknologi penggerak pada mobil dari Hyundai tersebut meningkatkan kontrol secara lebih pada kendaraan di segala cuaca.

Selain itu, sistem tersebut juga bisa mengontrol pemisah torsi antara roda depan dan belakang sehingga membuat pengemudi stabil dalam berkendara. 

Ilustrasi hyundai HTRAC di salah satu mobilnya (DOK.WIKIMEDIA COMMONS/Damian B Oh)

11. Lexus 

Brand mobil mewah yang kini juga merambah pada mobil listrik ini memiliki sistem penggerak mobil listrik bernama Direct4. 

Teknologi itu secara eksklusif disematkan pada kendaraan ramah lingkungan Lexus pada generasi terbarunya.

Di sebuah kesempatan, Lexus pernah memperlihatkan sebuah prototipe tipe mobil EV yang menggunakan teknologi penggerak pada mobil dengan dua motor listrik. 

12. Scania 

Saat berkendara dengan bus atau truk, anda pasti pernah melihat tanpa 4×4 atau 6×4. Tanda tersebut ada artinya. 

Itu adalah sebutan untuk sistem penggerak roda yang bisa digunakan oleh truk atau bus. Scania biasa menggunakan sasis bus premium seperti penggerak 6×2. 

6×2 berarti dua sumbu roda belakang yang menggerakkan kendaraan tersebut. 

Itulah beberapa istilah pada merek mobil yang ada di Indonesia dengan nama sistem penggerak mobil yang berbeda-beda. Sebelum membeli dan memilih kendaraan mana yang akan kamu beli, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan berkendara anda. 

Terlebih, saat memilikinya anda perlu merawat mobil dengan baik. Utamanya, di bagian kaca mobil. 

Jika, terdapat kerusakan atau keretakan pada kaca depan anda, sebaiknya ganti dengan layanan service carglass terbaik di sekitar anda. Salah satunya, hubungi Car Glass Indonesia. 

5/5 - (4 votes)

Cari Penggantian Kaca Mobil?

Mohon bantu untuk lengkapi informasi dibawah ini dan kami akan membantu pengecheckan kaca yang sesuai dengan kendaraan anda juga memberikan penawaran harga yang tepat.

Terimakasih sudah melengkapi, tim Car Glass sudah menerima pesan dan akan membalas pesan anda.

Open chat
WhatsApp Kami