Seiring dengan berjalannya waktu, ada banyak sekali inovasi canggih yang disematkan pada kendaraan. Salah satunya, Scenic View Head Up Display. 

Inovasi HUD yang dirancang oleh sebuah perusahaan bernama Continental. Berkat merilis variasi penting pada kaca depan mobil ini, perusahaan tersebut memenangkan penghargaan di ajang CES 2023 pada kategori Innovation Award in the Vehicle Tech & Advanced Mobility. 

Menyimak lebih jauh, simak penjelasan lengkap seputar Scenic View Head Up Display yang punya tampilan dan kelebihan dibandingkan HUD yang sebelumnya. 

Baca juga: Apa Itu Head Up Display? Fitur Canggih di Mobil

Head up display yang sekarang ini juga disematkan di mobil
Ilustrasi Head Up Dips

Apa itu Scenic View Head Up Display? 

Scenic View HUD tidak seperti yang sebelumnya karena tidak memproyeksikan dan menampilkan informasi ke area transparan. 

Jadi, informasi akan dipantulkan melalui intensitas cahaya tinggi ke area kaca mobil OEM yang sudah dilapisi khusus. Area tersebut sudah lebih dulu dicetak warna hitam di sepanjang kaca depan. 

Hal ini menghasilkan gambar seputar informasi yang dipantulkan memiliki tone warna dan grafik yang sangat tajam di tepian bawah kaca mobil secara melebar.

Hasilnya dari penggunaan Scenic View Head Up Display adalah adanya penawaran visibilitas yang sangat baik, terutama pada saat mobil mendapatkan banyak sekali cahaya. 

Selain itu, inovasi HUD ini juga memiliki tampilan intuitif dan tajam sehingga bisa meningkatkan keselamatan dan kenyamanan berkendara dalam ukuran yang melebar tersebut. 

Mengetahui lebih jauh seputar jenis HUD ini, dengan informasi yang diproyeksikan pada kaca laminasi mobil lebih lebar, maka penumpang di dalam mobil akan bisa melihat informasi lebih jelas. 

Kelebihan lainnya adalah terdapat banyak fitur yang bisa ditampilkan secara bersamaan. Hal tersebut tentu saja berbeda dengan jenis head up display yang sebelumnya. 

Scenic View Head Up Display bisa jadi salah satu solusi layar kaca depan mobil pintar untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan dalam berkendara yang mana menjadi faktor penting saat membeli mobil. 

Bagaimana cara kerjanya?

Salah satu jenis teknologi pada kaca mobil ini memiliki cara kerja dengan cara memproyeksikan ke area hitam untuk menampilkan tampilan tajam dan berkualitas. 

Scenic View akan memberikan kesan tampilan pilar-ke-pilar yang inovatif dan terhubung menggunakan tiga layar. Oleh karena itu, anda sudah tidak perlu lagi memasang layar pada dashboard mobil. 

Cara ini memungkinkan para designer untuk menciptakan interior mobil yang jauh lebih leluasa daripada sebelumnya. Kemudian, produsen kendaraan dapat melengkapi varian mobil yang berbeda dengan jumlah yang berbeda dari satu layar yang sama. 

Terdapat lampu latar matriks yang sangat efisien memungkinkan area layar dinyalakan atau dimatikan dalam satu tombol, tergantung pada area yang diperlukan untuk tampilan yang diinginkan. 

Cara ini bisa membuat tampilan tajam pada Scenic View bisa mengoptimalkan kontras, kecerahan dan konsumsi daya. 

Layanan kaca depan mobil secara mobile di Indonesia

Rencananya, inovasi kaca mobil tersebut akan dirilis pertama kali pada tahun 2026. Sebelumnya, pastikan laminated glass kendaraan anda dalam keadaan baik-baik saja. 

Tidak adanya retakan dan pecahan pada sudut atau tengah kaca, karena jika ada bisa mengganggu proses kerja dari HUD. 

Pemasangan dari kaca kendaraan juga tidak boleh sembarangan, jangan tergiur pada harga kaca mobil dan jasa penggantian yang murah. 

Biaya untuk pemasangan HUD cukup mahal, jadi pastikan untuk melakukan penggantian yang terbaik. Demi mendapatkan kualitas dan pelayanan terbaik untuk menghemat uang lebih banyak di masa depan. 

Salah satu layanan yang bisa anda hubungi adalah Car Glass Indonesia, dengan Daftar Kaca Mobil yang bisa diakses di sini.

5/5 - (3 votes)

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *