+62 81246326133 info@car-glass.co.id

Head up display atau biasa disebut dengan HUD merupakan teknologi canggih yang banyak digunakan di kokpit pesawat jet. 

Beberapa brand otomotif sudah ada yang menggunakan head up untuk mobil sebagai aksesoris. 

Salah satu fungsi yang diunggulkan pada fitur ini adalah memberikan kemudahan pada pengendara dalam mendapatkan informasi tanpa perlu mengalihkan pandangan dari jalan. 

Mengetahui lebih banyak seputar head up display untuk mobil, simak penjelasannya berikut ini. 

Apa itu head up display?

Head up display adalah teknologi digital untuk menampilkan data seputar kecepatan, kapasitas BBM, dan fitur hiburan. Awalnya, fitur ini hanya tersedia pada pesawat jet tetapi kini sudah dikembangkan juga di mobil. 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, teknologi terbaru ini bisa memberikan informasi kepada pengemudi tanpa harus mengalihkan pandangan dari jalan raya. 

Tentu saja, fitur head up display HUD akan memberikan kenyamanan dan keamanan ekstra bagi pengendara dan penumpang di dalam mobil karena lebih fokus.

Awalnya, teknologi ini hanya digunakan pada dunia militer dan penerbangan. Namun semakin berjalannya waktu, fitur ini juga disematkan pada beberapa produk video game, aplikasi dan mobil untuk memenuhi kebutuhan konsumen. 

Heads Up display mobil parkir

Di mobil atau pesawat, HUD biasa disematkan di kaca depan mobil atau bisa juga di layar transparan yang dipasang di dashboard kendaraan. Dari situlah, informasi akan ditampilkan untuk pengemudi. 

Namun, head up display untuk mobil perlu dikalibrasikan dengan baik agar informasi yang ditampilkan cukup akurat sehingga tidak membuat pengemudi salah atau kebingungan.

Fungsi Head up display untuk mobil

Walau awalnya, teknologi proyeksi kaca depan yang canggih ini hanya disematkan pada mobil mewah, Karena dilihat banyaknya fungsi yang didapatkan, maka brand mobil menengah juga masih mengembangkan fitur ini. 

Hal itu terlihat dari beberapa fungsi pada HUD. Seperti, sistem head up display mobil bisa menampilkan atau memproyeksikan kecepatan dan arah navigasi. 

Di beberapa mobil, seperti Audi Q4 e-tron terbaru. Mobil tersebut menghadirkan teknologi AR HUD atau Augmented Reality Head Up Display yang mana menyematkan juga sistem infotainment. 

Selain itu, fitur canggih pada Audi mobil mewah ini menampilkan navigasi GPS yang mana memunculkannya dalam bentuk simbol dan garis berwarna-warni. 

Kehebatan lain yang ditawarkan adalah adanya peringatan berupa warna merah pada lajur, jika pengendara mobil Audi Q4 tidak mengaktifkan lampu sein saat akan berpindah jalan. 

Fungsi lain dari teknologi proyeksi kaca depan ini adalah bisa memberikan hiburan seperti mengganti channel radio yang sedang diputar, menyarankan untuk memindah gigi saat di kecepatan tertentu. 

HUD juga bisa menampilkan informasi seputar speedometer, trip meter, bahan bakar pada tangki hingga informasi seputar lalu lintas di waktu yang sama. 

Namun dari banyaknya fungsi yang disebutkan, setiap head up display untuk mobil berbeda-beda. Tergantung dari inovasi pabrik mobil tersebut. 

Mobil dengan head up display Audi Q4 e-tron
Ilustrasi Audi Q4 e-tron dengan fitur canggih head up display.

Kelebihan dan kekurangan

Selain mengetahui segudang fungsi yang ditawarkan pada head up display untuk mobil, kamu juga perlu mengetahui lebih banyak seputar keunggulan dan kekurangan dari teknologi yang satu ini. 

Kelebihan 
  • Tampilannya yang berada di depan dengan pandangan mata pengemudi yang selalu terjaga dan fokus. Hal ini bisa meningkatkan keamanan dalam berkendara. 
  • Dapat memberikan informasi penting seputar kecepatan mobil, sisa bahan bakar, dan lainnya. 
  • Bisa memberikan peringatan tentang kecelakaan atau potensi dini adanya bahaya di sekitar. 
Kekurangan 
  • Tampilan HUD bisa saja mengganggu, jika anda tidak biasa menggunakannya. 
  • Harganya yang mahal, membuat anda perlu memperhatikan anggaran dalam pemasangan teknologi ini. 
  • Tidak semua jenis mobil keluarga atau mewah bisa dipasangkan head up display. 

Berapa biaya beli atau pasang head up display?

Kalau anda berniat untuk mencari atau memasang teknologi digital berupa daftar keterangan pada kaca depan ini di mobil keluarga mewah. Anda harus siap untuk membayar atau merogoh kocek dalam. 

Di tempat jual head up display biasa dijual terpisah dengan pemasangannya. Hal ini karena HUD perlu dilakukan kalibrasi oleh teknisi profesional agar informasi yang ditampilkan akurat. 

Selain itu, jarak atau lebar informasi yang akan ditampilkan juga tidak muncul dalam ukuran yang terlalu besar sehingga menghalangi pandangan sang pengemudi. 

Selain soal harga, anda juga perlu memperhatikan seputar kaca depan mobil. Pastikan untuk tidak ada keretakan sehingga bisa menutupi tampilan informasi. 

Bukan hanya itu saja, anda juga perlu menggunakan kaca mobil bagian depan yang sesuai dengan standar. Pemilihan kaca depan bisa anda konsultasikan di Car Glass Indonesia. 

Kami terima jasa pasang dan ganti kaca mobil dengan harga bersahabat. Perihal kualitas yang diberikan, jelas sudah pasti aman dan sesuai aturan yang berlaku. 

Layanan ganti kaca depan mobil ini juga menawarkan garansi pemasangan selama satu tahun untuk memberikan rasa nyaman dan aman pada kendaraan kesayangan anda. 

Kesimpulannya, untuk harga pemasangan HUD tergantung pada tempat jual head up display terdekat. Harga biasa berbeda-beda. 

Namun ada hal yang perlu anda perhatikan seperti, mempersiapkan kaca depan, jenis mobil yang bisa digunakan, dan uang karena biasa pemasangan yang tidak sedikit. 

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat beli HUD untuk mobil 

Sebagai salah satu teknologi digital yang berfungsi untuk menjaga kepala dan mata pengemudi tetap mengarah fokus ke depan. Membeli head up display untuk mobil mungkin bisa jadi bahan pertimbangan. 

Namun sebelum membelinya, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan:

  • Pastikan semua keterangan yang ditampilkan sesuai. Anda merasa nyaman dengan apa yang dihadirkan pada proyeksi kaca depan mobil. 
  • Kaca depan atau panel listrik sudah sesuai tampilan informasi. Jangan sampai, tabel data melebihi batas ukuran yang disajikan. 
  • Tampilan HUD tidak terlalu kebawah sehingga anda perlu menunduk untuk melihatnya. 

Dimana saya bisa pasang head up display terbaik?

Saat mencari pemasangan car head up display hud yang bagus, penting untuk meminta rekomendasi sebanyak-banyaknya dari teman atau keluarga.

Anda juga dapat mencari tempat jual head up display di internet dengan membaca ulasan bisnis lokal secara online. 

Setelah anda menemukan beberapa pilihan, bandingkan harga, dan tanyakan tentang pengalaman mereka memasang kaca depan dengan fitur tambahan seperti head-up display. 

Pilih opsi yang menurut anda itu terbaik, pastikan juga layanan tersebut cocok untuk kendaraan. Tampilan head-up dapat menjadi tambahan yang bagus untuk mobil anda, jika dipasang dengan benar. 

Dengan sedikit riset, anda dapat menemukan teknisi pasang HUD  dengan baik dan memberikan tampilan heads up berkualitas yang akan anda sukai.

Di sisi lain sebelum memasang HUD, saat mencari bengkel kaca mobil dengan reputasi baik seputar pemasangan kaca, itu akan menjadi faktor penting. 

Dengan begitu banyak pilihan di luar sana, mungkin sulit untuk mengetahui siapa yang harus dipercaya. Itulah mengapa penting untuk melakukan riset dan membaca ulasan sebelum membuat keputusan.

Jadi luangkan waktu untuk membaca ulasan dan pilih tempat pasang kaca mobil dengan reputasi baik. Demi mendapatkan kualitas dan pelayanan terbaik untuk menghemat uang lebih banyak di masa depan. 

5/5 - (7 votes)

Cari Penggantian Kaca Mobil?

Mohon bantu untuk lengkapi informasi dibawah ini dan kami akan membantu pengecheckan kaca yang sesuai dengan kendaraan anda juga memberikan penawaran harga yang tepat.

Terimakasih sudah melengkapi, tim Car Glass sudah menerima pesan dan akan membalas pesan anda.

Open chat
WhatsApp Kami