Ada beberapa kendaraan roda empat yang selain memiliki kaca depan, samping dan belakang yaitu kaca segitiga pada mobil. 

Sebagian orang Indonesia ada yang menyebutnya dengan kaca kecil. Salah satu kendaraan yang memiliki kaca kecil di belakang spion ini adalah kaca segitiga Innova

Kaca ini disematkan bukan hanya untuk hiasan atau pelengkap biasa, melainkan untuk memberikan fungsi khusus terutama menambah kenyamanan para penumpang atau pengendara. 

Simak penjelasan seputar kaca segitiga mobil dan fungsi apa saja yang dimilikinya?

Apa itu kaca segitiga pada mobil?

Kaca segitiga dalam bahasa Inggris disebut juga dengan quarter glass. Berbeda dengan jenis kaca lainnya, kaca segitiga tidak dilengkapi dengan engsel untuk bisa dibuka tutup. 

Sebelum memasuki abad ke-21, banyak pencipta kendaraan roda empat yang menempatkan kaca segitiga dengan engsel sehingga penumpang atau pengemudi bisa dengan mudah membukanya. 

Jenis kaca segitiga yang bisa dibuka dalam bahasa Inggris disebut dengan vent glass. 

Dulu kaca segitiga yang bisa dibuka disematkan pada mobil agar pengemudi dan penumpang bisa menikmati suhu udara luar saat berkendara. Ada banyak mobil yang tidak memiliki central AC di zaman itu. 

Namun kini, kaca segitiga pada mobil sudah tidak lagi bisa dibuka. Biasanya, tempat kaca segitiga berada di kaca samping penumpang depan, pengemudi depan, dan dua kaca samping penumpang belakang. 

Apa fungsi kaca segitiga pada mobil?

Di masa lalu, kaca segitiga mobil atau quarter glass disematkan pada mobil untuk mengalirkan udara luar ke dalam kabin. 

Namun karena sekarang sudah banyak mobil dengan central AC yang mampu membuat setiap sudut mobil dingin, kaca ini sudah tidak dilengkapi dengan engsel pembuka. 

Tetapi bukan berarti kaca ini tidak memiliki fungsi. Umumnya, pemasangan quarter glass pada beberapa mobil seperti kaca segitiga Innova memiliki fungsi yang bisa meminimalisir blind spot. 

Sehingga, pandangan pengemudi terkait obyek di sekitar akan meningkat. Namun tidak semua mobil disematkan kaca segitiga dengan fungsi tersebut. 

Kaca segitiga mobil bukan hanya disematkan di bagian depan, tapi juga belakang. Fungsi tentu saja sama, kaca jendela mati di belakang berguna untuk meluaskan pandangan pengemudi terkait area yang ada di belakang mobil. 

Di sisi lain, kaca perempat belakang mobil punya ketahanan yang cukup kuat. Karena fungsinya yang bisa meminimalisir adanya getaran yang timbul saat mobil sedang melaju di jalan. 

Apakah mobil saya punya jendela kaca mati?

Model jendela kaca mati tidak semuanya disematkan pada mobil. Jenis mobil terbaik yang menggunakan kaca mati jendela sebagian besar ada pada minivan. 

Sebagian SUV juga menyematkan kaca mati di beberapa bagian untuk memaksimalkan tampilan agar terlihat lebih sporty dan mencolok. 

Mengapa kaca segitiga yang bisa dibuka sudah tidak disematkan?

Ada dua alasan utama mengapa banyak produsen mobil yang akhirnya memilih model jendela kaca mati pada kendaraan yang dibuatnya. 

Pertama, ada banyak pengemudi atau penumpang yang membuka engsel kaca segitiga dan lupa untuk menutupnya kembali. 

Semakin banyak udara yang masuk ke dalam mobil, akan semakin memaksa mesin bekerja maksimal. Kendaraan akan boros bahan bakar bensin. 

Baca juga: 7 Cara Menghemat Energi yang Berupa BBM, Mudah Diikuti

Kedua, mobil zaman sekarang dirancang dengan mengedepankan aerodinamis dan memaksimalkan aliran udara keluar dari kabin. Dengan begitu, mobil akan lebih maksimal untuk digunakan. 

Apakah saya perlu ganti jendela kaca mati?

Ya, anda perlu melakukan penggantian dengan kaca yang baru, jika terjadi keretakan yang bisa membuat udara masuk ke dalam kabin. 

Walau jenis kaca mobil ini terbilang kokoh, tetapi bukan berarti tidak bisa rusak. Oleh karena itu, segera ganti kaca jendela mati di tempat penggantian yang tepat dengan alasan keselamatan. 

Dimana saya bisa mendapatkan penggantian kaca segitiga?

Ada banyak bengkel kaca mobil yang menawarkan kaca segitiga Innova dan tipe mobil keluarga lainnya. Anda juga bisa melakukannya di Car Glass Indonesia. 

Kami punya stok jendela kaca mati untuk mobil seperti Fortuner, Innova, dan Vios dengan kualitas OEM dari merek terkenal dan menjadi produsen kaca mobil terbaik. 

Pemesanan bisa dilakukan secara manual dengan menghubungi Kontak WhatsApp yang ada di Website. 

5/5 - (2 votes)

Anton Prabowo

Anton merupakan seorang teknisi di bidang instalasi kaca mobil. Ia juga memiliki ketertarikan dalam dunia kepenulisan pada topik otomotif. Saat ini, dia sudah menulis hampir 30 artikel dan terus berkomitmen untuk menulis terkait pengalaman dan pengetahuannya terkait kaca mobil.

0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.