+62 81246326133 info@car-glass.co.id

Ketika membicarakan tentang kaca mobil, kebanyakan orang hanya tahu dua hal – cara menurunkan dan cara menaikkannya. Namun masih banyak lagi yang perlu anda ketahui tentang kaca samping mobil, mulai dari jenis yang tersedia, hingga cara menjaga kebersihannya dan proses ganti kaca mobil oleh teknisi profesional.

Kaca adalah bagian penting dari mobil, terutama mengenai keselamatan, dan mereka memainkan peran penting dalam menjaga penumpang pada saat berkendara.

Blog ini akan mencakup semua yang perlu kamu ketahui tentang kaca samping kendaraan. Kami akan menjelaskan berbagai jenis kaca mobil dan cara kerjanya, dan kami juga akan membahas beberapa tip untuk menggunakannya dengan aman. Jadi, jika Anda penasaran dengan kaca jendela mobil dan cara kami menggantinya, baca terus! Ada banyak info menarik yang bisa di pelajari, yuk!

Berbagai jenis kaca mobil yang digunakan untuk kaca samping mobil

Saat kamu mengemudi, penting untuk melihat dengan jelas ke segala arah. Namun, titik buta akibat pintu dan panel mobil dapat menyulitkan untuk melihat mobil lain, pejalan kaki, dan objek di sisi jalan. Kaca mobil dapat membantu mengurangi titik buta dan meningkatkan visibilitas mengemudi kamu. Kaca terletak di sisi mobil, dekat kaca spion mobil.

Kaca mobil dapat berupa kaca yang menempel pada mobil atau kaca yang bisa digerakkan naik turun, menempel terbuat dari kaca yang tidak dapat digerakkan (direkatkan ke bingkai), sedangkan yang dapat digerakkan dapat dibuka (digerakkan ke atas dan ke bawah) untuk memungkinkan udara segar masuk ke dalam mobil.

Tangan sedang buka pintu mobil samping penumpang
Pintu Kaca Samping Penumpang Depan

Selain meningkatkan visibilitas, kaca menyediakan cara untuk melarikan diri dari mobil dalam situasi darurat. Jika kamu pernah mengalami dalam tabrakan atau terdampar di sungai yang banjir, misalnya, kamu dapat memecahkan kaca mobil dan berenang ke tempat yang aman.

Fitur kaca mobil

Mobil memiliki berbagai jenis kaca, mulai dari kaca depan mobil hingga kaca samping. Setiap jenis kaca memiliki sifat unik yang membuatnya ideal untuk lokasi spesifiknya pada mobil. Kaca depan, misalnya, terbuat dari kaca berlapis, yang dapat retak tetapi dirancang agar tidak pecah dalam potongan-potongan kecil. Hal ini penting karena kaca depan merupakan salah satu area mobil yang paling rentan terjadi kecelakaan. Kaca pintu biasanya terbuat dari kaca tempered, yang kuat dan tahan lama tetapi akan pecah menjadi potongan-potongan kecil jika pecah.

Kaca tempered ini membantu melindungi penumpang jika terjadi kecelakaan. Selain itu, kaca samping dan belakang biasanya terbuat dari kaca berwarna (hijau, biru, atau gelap privasi), yang membantu mengurangi silau dan menjaga kendaraan tetap sejuk di bawah sinar matahari langsung.

Dengan memahami berbagai jenis kaca yang digunakan pada kaca mobil, kita dapat lebih menghargai fitur-fitur yang membantu kita tetap aman di jalan.

Bagaimana cara menghilangkan goresan pada kaca mobil?

Seiring waktu, kaca samping kendaraan bisa tergores dan rusak. Beberapa faktor dapat menyebabkan masalah ini, termasuk cuaca, kondisi jalan seperti puing-puing jalan, dan bahkan jenis kaca. Dalam beberapa kasus, kerusakan dapat disebabkan oleh cacat produksi. Namun, penyebab paling umum dari goresan hanyalah keausan.

Seiring waktu, kaca menjadi kurang halus dan lebih rentan terhadap goresan. Selain itu, lapisan bening yang melindungi kaca juga bisa rusak, sehingga kemungkinan besar akan terjadi goresan. Untuk membantu memperbaiki masalah ini, penting untuk:

  1. Untuk membersihkan dan melindungi jendela mobil Anda secara berkala.
  2. Hindari menggunakan produk pembersih yang keras atau bahan abrasif saat membersihkan kaca.

Langkah-langkah sederhana ini dapat membantu menjaga kaca mobil anda tampak seperti baru di tahun-tahun yang akan datang.

Berapa banyak warna tambahan yang diperbolehkan pada kaca samping mobil?

Ilustrasi kaca film
Kaca Film Samping Mobil

Kaca film mobil yang gelap, tidak peduli di negara bagian mana anda tinggal — ini karena mempersulit petugas penegak hukum untuk melihat ke dalam kendaraan, yang dapat menyebabkan potensi bahaya. Namun, beberapa negara bagian mengizinkan sejumlah penambahan warna pada kaca samping.

Umumnya, kaca samping dapat diwarnai selama pengemudi masih dapat melihat ke luar. Jumlah pewarnaan yang diizinkan bervariasi dari setiap negara, jadi penting untuk memeriksa undang-undang di negara bagian anda sebelum memberi tambahan warna pada kaca mobil Anda.

Bagaimana Teknologi Anti-Pinch pada kaca bekerja?

Teknologi anti-pinch adalah fitur yang ditemukan di beberapa kaca jendela mobil yang membantu mencegah cedera. Teknologi ini bekerja dengan cara mendeteksi objek yang menghalangi kaca dan menghentikan kaca agar tidak menutup. Ini dapat membantu mencegah cedera serius, terutama pada anak-anak, yang mungkin meletakkan tangan atau kepala mereka keluar jendela tanpa menyadari bahayanya. Teknologi anti-pinch merupakan fitur penting yang dapat membantu menjaga keamanan keluarga Anda selama di jalan.

Tips menggunakan kaca mobil dengan aman

Jendela mobil bisa menjadi cara yang bagus untuk menikmati pemandangan di jalan. Namun, penting untuk menggunakannya dengan aman untuk menghindari cedera. Berikut adalah beberapa tips yang perlu diingat:

  • Jangan sekali-kali meletakkan kepala atau tangan Anda keluar jendela saat kendaraan sedang berjalan.
  • Berhati-hatilah saat membuka dan menutup jendela, karena kaca mudah pecah jika tidak hati-hati.
  • Pastikan bahwa setiap penumpang mengetahui bahaya meletakkan kepala atau lengan mereka keluar dari jendela.

Dengan mengikuti tips sederhana ini, anda dapat membantu menjaga diri sendiri dan penumpang Anda.

Tirai kaca jendela mobil

Perlengkapan ekstra: tirai kaca jendela mobil adalah cara yang terjangkau untuk menambahkan sentuhan gaya pada mobil anda sekaligus melindungi anda dari sinar matahari. Gorden samping adalah cara yang bagus untuk menjaga bagian dalam tetap sejuk di bawah sinar matahari langsung. Fitur ini juga membantu melindungi kulit Anda dari sinar matahari yang berbahaya. Ada banyak.

Tentang penggantian kaca jendela mobil

Anda tidak perlu mencari lebih jauh untuk layanan yang luar biasa. Terkadang perbaikan kaca samping dapat memakan waktu 10 menit dan terkadang 1½ jam. Terlepas dari itu, kami, Car Glass Indonesia berusaha untuk menyelesaikan penggantian kaca yang pecah dengan cepat, membantu anda menjaga keselamatan dan berkendara dengan kaca samping yang baru dan utuh.

Perbaikan kaca samping mobil

Bagian dalam pintu mobil
Bagian Dalam Pintu Mobil Kaca Samping

Teknisi harus melepas panel pintu bagian dalam mobil untuk mengakses kaca pintu. Beberapa langkah perlu diikuti sebelum memperbaiki jendela mobil: pertama, temukan sekrup yang menahan panel di tempatnya. Ini biasanya terletak di bagian atas dan bawah.

Setelah sekrup dilepas, tarik perlahan dari pintu, berhati-hatilah agar tidak merusak kabel yang mungkin terpasang padanya. Setelah panel dilepas, Kamu dapat mengakses bagian dalam pintu, seperti pegangan, karet jendela mobil, tuas pemutar kaca, dan spion.

Saat berhadapan dengan pecahan kaca karena kaca mobil pecah, teknisi dapat menyedot debu komponen pintu untuk pecahan kaca kecil saat panel pintu dilepas.

Pada mobil yang lebih tua, regulator pada kaca mobil dilengkapi dengan kabel. Jika kaca pecah, kabel juga bisa putus sehingga menyebabkan regulator berjalan tanpa henti dan berpotensi merusak kaca. Meskipun ini bukan masalah umum, ini adalah masalah yang harus diperhatikan oleh pemilik kendaraan ketika ingin memperbaiki kaca.

Mengambil tindakan pencegahan seperti secara teratur memeriksa kondisi kaca dan kabel dapat membantu mencegah perbaikan yang berpotensi mahal.

Selain itu, kerusakan pada kaca jendela mobil juga bisa terjadi karena power window atau karet jendela mobil yang bermasalah. Sehingga kaca mobil tidak bisa naik.

Biaya penggantian kaca samping mobil

Kaca samping kanan sopir depan pecah
Kaca Samping Pecah

Kami senang mengganti kaca mobil! Untuk mengganti kaca samping, percayakan pada ahlinya di Car Glass Indonesia. Kami memiliki pengetahuan dan pengalaman untuk menyelesaikan pekerjaan dengan benar – bagi kami, kualitas penting dalam segala hal yang kami lakukan.

Kami memeriksa semua instalasi kaca mobil sebelum berangkat ke tempat kamu dengan mengutamakan keselamatan pelanggan kami. Apakah kendaraan kamu mengalami kecelakaan mobil (lebih dari penyok), atau mengalami kerusakan, maka tidak ada kerusakan parah yang terjadi pada pintu atau rangka, yang dapat membahayakan penggantian.

Biaya penggantian tergantung pada merek, model, tahun produksi, dan warna kaca. Harga kaca mobil samping sangat mirip dengan harga penggantian kaca depan. Biayanya memiliki kisaran harga lebih dari 1 juta jika Anda misalnya memiliki kendaraan seperti Toyota Avanza. Selain harga kaca depan toyota Avanza, ada juga harga kaca depan mobil Avanza yang punya perbedaan dengan harga samping kaca mobil.

Harga kaca mobil samping Mazda 2 Rp Rp1.265.460

Harga kaca mobil samping Honda Jazz Rp775.320

Harga kaca mobil samping Suzuki Ertiga Rp677.040

Harga kaca mobil samping Honda Civic Rp1.236.760

Harga kaca mobil samping Nissan March Rp693.420

Layanan pemasangan dan jual kaca mobil kami dibuat agar sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Oleh karena itu, penggantian kaca yang cepat merupakan layanan kaca mobil penting yang kami anggap serius di CGID.

*Perhatikan bahwa, rata-rata, penggantian kaca membutuhkan waktu sekitar satu jam. Penggantian kaca pintu yang melibatkan lem membutuhkan waktu setengah hingga satu jam untuk mengering.

Apakah Anda memiliki kebutuhan kaca mobil lainnya?

Carglass Indonesia memiliki banyak layanan perbaikan servis kaca mobil lainnya. Kami akan selalu memberikan layanan, fasilitas dan kualitas produk terbaik dengan harga yang terjangkau

Kaca kecil bagian belakang kaca kuartal
Kaca Kuartal Bagian Belakang Mobil

5/5 - (55 votes)

Cari Penggantian Kaca Mobil?

Mohon bantu untuk lengkapi informasi dibawah ini dan kami akan membantu pengecheckan kaca yang sesuai dengan kendaraan anda juga memberikan penawaran harga yang tepat.

Terimakasih sudah melengkapi, tim Car Glass sudah menerima pesan dan akan membalas pesan anda.

Open chat
WhatsApp Kami