+62 81246326133 info@car-glass.co.id

Ban menjadi salah satu komponen penting dalam sebuah kendaraan. Oleh karena itu, pentingnya merawat dan mengetahui arti kode ban mobil. 

Pasalnya, dalam tulisan yang disematkan pada tabel kode ban memuat kode produksi hingga kecepatan maksimal untuk kendaraan. 

Karena pentingnya informasi yang perlu diketahui, berikut Car Glass Indonesia jelaskan seputar cara baca kode ban mobil yang paling mudah dimengerti dan diingat. 

Salah satu contohnya, kami menggunakan foto ban mobil keluarga berikut ini. 

Ilustrasi ban kendaraan dengan simbol berupa angka dan huruf.

1. Kode lebar 

Cara baca kode ban mobil dari yang paling kiri menuju kanan. Terdapat tiga angka dalam foto yaitu 205. Kode tersebut menjelaskan ukuran. 

Jadi, cara baca ukuran ban mobil ini bisa dilihat dari tiga angka paling depan. Dari situ, anda bisa mengetahui lebak tapak ban tersebut yang sebesar 205 mm. 

2. Kode tinggi 

Selanjutnya, simbol pada ban kendaraan setelah satu garis miring ini mengartikan tinggi. 

Jika ban kendaraan di rumah anda memiliki angka seperti pada contoh yaitu 55. Itu berarti ban memiliki tinggi sekitar 55 persen dari lebar tapak pada tulisan sebelumnya.

Begitu pun dengan kode ban mobil dunlop atau merek lainnya yang memiliki angka setelah garis miring. Misalnya, tertulis 75 itu artinya tinggi ban sekitar 75 persen dari lebarnya. 

3. Cara baca kode ban untuk konstruksi 

Cara baca ukuran ban mobil yang selanjutnya ini, bukan lagi soal angka. Namun, huruf. 

Setelah angka 55 pada ban, anda bisa melihat terdapat huruf R. Kode ban tersebut menunjukkan konstruksi saat produksi ban. 

Terdapat dua jenis konstruksi ban yaitu radial dan bias. Jika, pada ban tertulis R maka ban memiliki konstruksi lapisan radial dan memang digunakan untuk ban kendaraan penumpang. 

Selain itu, ada juga kode ban mobil RFT atau Run Flat Tire yang berarti komponen tersebut memiliki konstruksi lapisan bias. 

Ilustrasi velg ban mobil (PEXELS/jae park)

4. Kode untuk diameter velg mobil 

Bagi anda yang suka modifikasi mobil terutama pada velg. Perlu memperhatikan soal cara baca ukuran ban. 

Pasalnya, jika ban dan velg memiliki ukuran yang berbeda, maka bisa mengganggu perjalanan bahkan merusak komponen penting pada kendaraan tersebut. 

Dilihat dari gambar, terdapat simbol pada ban kendaraan yang tertulis 16 setelah huruf R. Kode tersebut berarti ban harus menggunakan ukuran ring dengan tingkatan 16. 

Umumnya, kode ban R biasa menggunakan ukuran ring sekitar 14 hingga 15. 

5. Cara mengetahui beban maksimal ban 

Selanjutnya, ada kode ban mobil untuk mengetahui besaran beban maksimal yang bisa diangkat. Pada gambar ban mobil tersebut terdapat angka 94. 

Angka 94 mengacu pada tabel kode ban mobil yang berarti kendaraan dengan simbol tersebut bisa menahan beban hingga 670 kilogram. 

Pada tabel terdapat banyak sekali indeks ban dengan berbagai macam beban maksimal. 

Mulai dari angka 60 yang berarti beban maksimalnya mencapai 250 kilogram hingga yang maksimal pada angka 139 yang berarti ban bisa menahan beban hingga 2.435 kilogram. 

6. Cara baca kode kecepatan ban kendaraan 

Terakhir ada kode seputar kecepatan ban mobil. Pada gambar terdapat huruf V yang berarti ban bisa melaju dengan batas kecepatan pengguna hingga 240 kilometer per jam. 

Terdapat sekitar 9 tabel ban mobil yang menunjukkan kecepatan maksimal. 

Paling kecil pada huruf Q yang berarti kecepatan maksimal sekitar 160 kilometer per jam hingga yang paling besar pada huruf Z yang berarti kecepatan maksimal sekitar 340 kilometer per jam. 

7. Kode produksi ban mobil 

Selain arti kode ban mobil yang berupa kecepatan dan beban maksimal, pada beberapa kendaraan juga memuat kode produksi. 

Umumnya, terdapat kode seperti “DOT MA L9 036”. DOT adalah singkatan dari Department of Transportation yang berdasarkan aturan Amerika Serikat. 

Setelah itu, ada kode MA yang berarti nomor kode untuk pabrik manufaktur ban kendaraan. L9 mengacu pada cara baca ukuran ban pada kode dalam gambar. 

ABC merupakan simbol untuk produsen ban dalam mengidentifikasi merek atau karakteristik ban. Sementara itu, empat angka di belakang, 0301 merupakan kode tahun pembuatan ban mobil. 

03 berarti ban diproduksi selama minggu ketiga, 01 berarti tahun 2001. Jadi, 0301 mengacu pada ban diproduksi pada minggu ketiga di tahun 2001.  

5/5 - (6 votes)

Cari Penggantian Kaca Mobil?

Mohon bantu untuk lengkapi informasi dibawah ini dan kami akan membantu pengecheckan kaca yang sesuai dengan kendaraan anda juga memberikan penawaran harga yang tepat.

Terimakasih sudah melengkapi, tim Car Glass sudah menerima pesan dan akan membalas pesan anda.

Open chat
WhatsApp Kami