+62 81246326133 info@car-glass.co.id
Window Visor Pada Mobil, Apa Fungsinya?

Ditulis Anton Prabowo

Oct 2, 2023

Diterbitkan pada 17 september 2022

Window visor merupakan bagian dari komponen atau bingkai pada kaca samping mobil yang biasa diaplikasikan pada bagian eksterior kendaraan. 

 

Kaca film Blog cover

Di Indonesia, window visor pada mobil merupakan komponen yang penting. Ada banyak sekali tipe mobil yang menggunakannya. 

Bukan hanya untuk penghias pada kaca samping mobil saja, window visor punya banyak sekali fungsi yang bisa bisa memberikan banyak sekali manfaat. 

Sebagian orang mungkin tidak banyak yang mengetahui kalau window visor punya fungsi penting yang bisa melindungi pengemudi atau penumpang dari sinar UV yang mungkin bisa merusak tubuh. 

Simak penjelasan berikut ini, seputar window visor yang mungkin menarik untuk anda ketahui. 

Apa itu window visor?

 

Window visor merupakan bagian dari komponen atau bingkai pada kaca samping mobil yang biasa diaplikasikan pada bagian eksterior kendaraan. 

Window visor didesain khusus untuk mengurangi adanya kabut yang bisa menghalangi pandangan mata si penumpang atau pengemudi kendaraan roda empat. 

Selain itu, window visor juga dibuat untuk mengurangi suhu interior pada saat kendaraan terparkir di suatu tempat. 

Umumnya, window visor terbuat dari akrilik yang tahan lama dan tahan gores. 

Selain itu, window visor juga dibuat dari bahan yang tidak mudah memudar dan pecah walau terpapar sinar matahari dalam durasi yang lama. 

Pada beberapa merek window visor di Indonesia, ada yang menawarkan dari beberapa varian warna. Ada warna hitam dan warna abu-abu gelap. 

Anda perlu menyesuaikan dengan warna mobil yang dimiliki. 

Selain itu, beberapa brand juga menjual window visor khusus untuk kendaraan roda empat yang tidak akan merusak cat atau lapisan yang menempel bodi mobil. 

Beberapa pemilik kendaraan roda empat, ada yang bisa mengaplikasikan sendiri window visor pada mobil. 

Tidak perlu cara khusus atau alat spesial untuk memasangkannya. 

Anda bisa mengandalkan solatip perekat 3M untuk menempelkan window visor. Namun, jika anda ragu-ragu sebaiknya minta bantuan teknisi terampil untuk memasangkannya agar tidak salah tempel. 

Bagian mana yang biasanya dipasang window visor?

Beberapa orang mungkin merasa kalau semua kaca samping harus dipasangkan dengan window visor. Ya, itu tidaklah salah kaprah. 

Namun selain kaca samping mobil, anda juga bisa memasangkan window visor di sunroof kendaraan. 

Window visor pada mobil yang ada sunroof memiliki fungsi yaitu mengurangi kemungkinan air hujan bisa merembes ke dalam kendaraan. 

toko kaca mobil terdekat

Apa fungsi window visor pada mobil?

Komponen penting pada kaca mobil bagian samping ini memiliki banyak fungsi yang bisa melindungi penumpang atau pengemudi bahkan dari sinar UV sekali pun. 

Simak penjelasan berikut untuk mengetahui manfaat memasang window visor. 

1. Kenyamanan berkendara jadi semakin maksimal 

Salah satu, fungsi dari memasang talang air adalah memberikan proteksi lebih dari hujan atau angin yang menghembus kencang pada saat kaca mobil bagian samping yang dibuka. 

2. Meningkatkan tampilan mobil yang lebih baik 

Window visor pada mobil juga berfungsi untuk memberikan tampilan kendaraan roda empat yang lebih baik. Seperti memasangnya pada mobil Honda Brio atau Toyota Innova milik anda. 

3. Melindungi kabin mobil dari air hujan 

Window visor yang dipasangkan juga bisa melindunginya dari air hujan yang menetes dari atas. Anda akan tetap merasa nyaman dan tenang dari percikkan air yang mungkin bisa masuk ke dalam kabin. 

4. Membuat mobil bisa melaju dengan baik 

Talang air atau biasa disebut dengan window visor bisa membantu mesin pada kendaraan anda menghemat konsumsi bahan bakar dan meningkatkan jarak tempuh walau tidak menyalakan AC. 

Penggunaan komponen pada kaca mobil ini bisa membelokkan angin secara aerodinamis sehingga bisa meminimalisir terjadinya hambatan angin saat kendaraan sedang melaju. 

Berapa biaya untuk memasangnya pada mobil?

Harga window visor pada mobil adalah mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 450.000 untuk empat jenis kaca mobil. 

Anda bisa memesannya secara online atau datang ke bengkel toko kaca mobil terdekat untuk mendapatkan kualitas window visor terbaik dengan pemasangan yang tepat. 

Jadi, ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari memasang komponen pada kaca samping mobil kesayangan anda. 

Namun, pastikan anda membeli window visor dengan brand terpercaya dan memberikan garansi jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. 

Related Articles

Apa itu Windscreen Pillar?

Apa itu Windscreen Pillar?

 Pernahkah Anda mendengar istilah "rumah kaca" dalam konteks desain otomotif? Rumah kaca mengacu pada semua elemen kaca pada desain mobil, yang meliputi kaca depan, kaca belakang, kaca samping, dan terkadang sunroof, jika ada. Istilah ini menekankan pada bagian...

Highlight Review Pelanggan (12)

Highlight Review Pelanggan (12)

Di minggu terakhir bulan Maret ini, kami mendapatkan beberapa highlight review pelanggan yang sangat positif mengenai layanan kaca mobil untuk Honda Stream, Mitsubishi Outlander, dan VW Tiguan. Para pelanggan di Car Glass Indonesia merasa sangat puas dengan kualitas...

7 Tips Pilih Bengkel Kaca Mobil Terdekat dan Terpercaya

7 Tips Pilih Bengkel Kaca Mobil Terdekat dan Terpercaya

Dalam pilih bengkel kaca mobil terdekat tidak boleh sembarangan. Anda harus banyak melakukan pemeriksaan untuk dapat memilih mana yang dapat dipercaya dan dapat diandalkan demi  keamanan dan kenyamanan saat berkendara.  Namun, memilih toko kaca terdekat sering kali...

0 Comments
5/5 - (7 votes)

Cari Penggantian Kaca Mobil?

Mohon bantu untuk lengkapi informasi dibawah ini dan kami akan membantu pengecheckan kaca yang sesuai dengan kendaraan anda juga memberikan penawaran harga yang tepat.

Terimakasih sudah melengkapi, tim Car Glass sudah menerima pesan dan akan membalas pesan anda.

Open chat
WhatsApp Kami